Comscore Tracker

Jarang Diketahui, Ini 7 Dessert Terkenal dan Super Enak di Afrika

Gak kalah enak dari dessert mancanegara lainnya deh!

Dessert atau hidangan pencuci mulut yang biasa dimakan sebagai hidangan penutup sangat beragam macamnya di dunia. Dessert yang paling banyak disukai dan diketahui banyak orang kebanyakan berasal dari benua Eropa dan beberapa negara di benua lainnya, seperti gelato dari Italia, pie apel dari Amerika, macaroon dari Prancis, mochi dari Jepang, dan masih banyak lainnya. Benua kedua terbesar di dunia, yaitu Benua Afrika ternyata memiliki bebagai macam menu dessert yang gak kalah enak dan bisa banget nih bersaing dengan menu-menu dessert mancanegara lainnya. 

Siap-siap bikin kamu ngiler, berikut 7 dessert asal benua Afrika yang wajib banget kamu tahu!

1. Puding Sagu, puding hits yang manis nan lembut

Jarang Diketahui, Ini 7 Dessert Terkenal dan Super Enak di Afrikatraveltriangle.com

Puding sagu adalah menu hidangan penutup yang hits di Afrika khususnya di Afrika Selatan dan cukup sederhana untuk dibuat. Puding ini terbuat dari sagu yang dimasak dengan cara lambat dalam susu, ditambah dengan gula, telur, esens vanila, dan sedikit garam. Untuk peyajiannya berbentuk seperti kubah diberi mentega dan ditaburkan kayu manis. Dalam sentuhan yang modern, puding ini biasanya ditambahkan aprikot dan topping meringue (kue kering manis).

2. Mandazi, roti goreng khas Afrika

Jarang Diketahui, Ini 7 Dessert Terkenal dan Super Enak di Afrikajocooks.com

Mandazi adalah sejenis roti goreng yang pada awalnya dibuat di pantai-pantai Swahili di Afrika Timur. Makanan ini adalah salah satu hidangan wajib bagi bangsa Swahili yang mendiami Danau Besar Afrika. Makanan ini menyerupai donat karena memiliki sedikit rasa manis yang dibedakan dengan penambahan berbagai bahan. Mandazi sangat lezat disajikan tanpa topping apapun maupun dengan tambahan frosting atau taburan gula halus.

3. Peppermint Crisp Fridge Tart, kue biskuit rasa coklat mint dan karamel

Jarang Diketahui, Ini 7 Dessert Terkenal dan Super Enak di Afrikathemuddledpantry.com

Peppermint crisp fridge tart adalah salah satu dessert paling terkenal di Afrika Selatan. Makanan ini dikenal sebagai dessert yang disajikan dingin. Tart ini terdiri dari bahan-bahan berupa krim, karamel, biskuit, dan peppermint crisp (cokelat susu berisi kirm rasa mint).

Dessert ini dibuat dengan menyusun biskuit dalam wadah hingga beberapa lapis dimana pada setiap lapisan dilapisi karamel dan krim kocok yang dicampur dengan peppermint crisp. Setiap lapisan harus dipastikan tidak ada biskuit yang terbuka kemudian ditambahkan taburan peppermint crisp yang telah dihancurkan di bagian atasnya. Tart ini harus disimpan di dalam lemari es minimal 3 jam atau bahkan hingga semalaman. 

Baca Juga: 6 Dessert Cheesecake yang Menggoda Banget, Gak Hanya Berbentuk Kue 

4. Caakiri, puding campuran susu dan biji-bijian

Jarang Diketahui, Ini 7 Dessert Terkenal dan Super Enak di Afrikaveggieplatter.blogspot.com

Caakri adalah dessert dari Afrika Barat yang mirip dengan puding beras di Timur Tengah dan India. Dessert ini paling sering dibuat dengan Couscous (yang terbuat dari gandum semolina) atau dibuat dengan produk serupa dari biji-bijian Afrika seperti fonio dan millet, atau jagung, atau bahkan kacang polong. Bahan utama tersebut kemudian dicampur dengan susu evaporasi, yogurt, krim asam, gula, dan vanila. Penyajiannya dapat dihiasi sesuai keinginan misalnya dengan ditambahkan kismis dan dapat sajikan hangat atau dingin sesuai selera.

5. Koeksisters, adonan goreng manis disiram sirup manis

Jarang Diketahui, Ini 7 Dessert Terkenal dan Super Enak di Afrikaafricanbites.com

Koeksister adalah adonan goreng manis yang dibentuk seperti kepangan rambut. Selain rasanya yang manis, dessert ini bersifat lengket, renyah, dan disiram sirup, dicampur dengan kayu manis, lemon, dan jahe. Agar selalu renyah, Koeksister sebaiknya dibiarkan dingin dan kemudian disimpan di dalam freezer. Hidangan ini sangat sempurna disajikan sambil minum secangkir teh panas. 

6. Melktert, tart susu meleleh di mulut

Jarang Diketahui, Ini 7 Dessert Terkenal dan Super Enak di Afrikaafricanbites.com

Melktert adalah sejenis tart susu. Salah satu makanan penutup paling tradisional di Afrika Selatan ini dibuat dengan banyak susu, tepung, dan telur. Hidangan ini bertekstur krim yang halus dan meleleh dimulut. Taburan kayu manis di tambahkan di bagian atas tar untuk menambah rasa. Hidangan penutup ini sangat dicintai oleh bangsa Afrika sampai-sampai hidangan ini diperlakukan istimewa dengan menjadikan tanggal 27 Februari sebagai Hari Nasional Tart Susu. 

7. Injera, pancake tipis dari biji Teff

Jarang Diketahui, Ini 7 Dessert Terkenal dan Super Enak di Afrikainstructables.com

Injera adalah roti adonan pipih yang disajikan dengan digulung. Injera mirip dengan pancake namun lebih tipis. Makanan penutup ini disajikan di setiap waktu makan di negara-negara seperti Sudan, Djibouti, Yaman, Somalia, Eritrea, dan Ethiopia, dengan setiap negara memiliki variasi uniknya sendiri. Injera berbahan dasar biji-bijian bergizi seperti Teff, yaitu biji dari spesies love grass yang berasal dari Ethiopia dan Eritrea. 

Hayo, ngaku siapa nih yang ngiler banget lihat dessert-dessert menggugah selera khas Afrika di atas? Kalau kamu menemukan menu dessert tersebut di restaurant atau toko kue, jangan lupa dicoba ya!

Baca Juga: Bentuk Love, Ini 10 Ide Dessert Imut untuk Lengkapi Momen Valentine-mu

Mademoiselle Dii Photo Verified Writer Mademoiselle Dii

On a journey of life: dealing with myself.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya