Comscore Tracker

5 Kuliner Khas Jawa Tengah yang Unik, Terjangkau, dan Rasanya Lezat

Yuk, coba kuliner Jawa Tengah

Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi yang tidak hanya terkenal dengan wisata alamnya yang murah meriah namun juga kulinernya yang murah meriah dan tentu saja rasanya dijamin enak dan memiliki cita rasa yang khas, seperti lumpia Semarang, nasi gudeg, dan masih banyak lagi.

Kuliner-kuliner tersebut banyak diburu wisatawan lokal maupun mancanegara ketika berkunjung ke Jawa Tengah.

Berikut adalah 5 kuliner khas Jawa Tengah yang memiliki rasa unik yang memiliki rasa khas yang bikin nagih.

 

1. Nasi Gandul atau Sego Gandul

5 Kuliner Khas Jawa Tengah yang Unik, Terjangkau, dan Rasanya Lezatpancaronailmu.blogspot.com

Nasi gandul atau yang lebih akrab disebut sego gandul merupakan kuliner khas dari Pati, Jawa Tengah. Sekilas nasi gandul mirip seperti gulai maupun semur daging. Namun yang menjadi ciri khas nasi gandul yaitu nasi gandul disajikan diatas daun pisang, dengan lauk daging sapi yang empuk dan gurih serta kuahnya yang khas segar.

Harga nasi gandul di Pati sendiri sekitar Rp12.000,00 sampai Rp20.000,00

2. Lontong Tuyuhan

5 Kuliner Khas Jawa Tengah yang Unik, Terjangkau, dan Rasanya Lezatsajiansedap.grid.id

Lontong Tuyuhan merupakan kuliner khas dari Rembang, Jawa Tengah. Sekilas lontong tuyuhan mirip dengan lontong dengan opor ayam biasa.  Namun lontong tuyuhan memiliki ciri khas yaitu lontongnya yang berbentuk segitiga serta kuah opor yang memiliki cita rasa rempah yang khas dan lebih mendominasi rasa manis dan rasa cengkeh yang kuat.

Di Rembang sendiri harga lontong tuyuhan sekitar Rp14.000,00 sampai Rp 20.000,00.

Baca Juga: Bikin Lupa Kenyang, Ini 7 Makanan Khas Jawa Tengah yang Wajib Dicoba

3. Pindang Serani

5 Kuliner Khas Jawa Tengah yang Unik, Terjangkau, dan Rasanya Lezatcookpad.com

Pindang Serani merupakan kuliner khas dari Jepara, Jawa Tengah. Jepara sendiri merupakan salah satu kabupaten di Jawa tengah yang terletak di daerah pesisir. Jadi tidak heran kalau makanan khasnya berbahan dasar dari ikan atau olahan laut lainnya. 

Pindang Serani adalah makanan tradisional yang berbahan dasar ikan laut dengan bumbu kuah khusus yang memberikan cita rasa yang khas pada makanan ini. Pindang Serani terbuat dari bahan dasar ikan pilihan yang masih segar. Rasa pedas dan gurih dari kuah Pindang Serani ini sangat terasa di lidah saat menyantapnya.

Harga dari kuliner Pindanag Serani ini sendiri di daerah Jepara sekitar Rp20.000,00 sampai Rp 30.000,00.

4. Soto Kerbau

5 Kuliner Khas Jawa Tengah yang Unik, Terjangkau, dan Rasanya Lezatinibaru.id

Berbeda dengan kebanyakan soto yang menggunakan daging ayam atau sapi, soto Kudus memakai daging kerbau. Ya, warga Kudus memang lebih familiar dengan daging kerbau ketimbang daging lainnya seperti sapi. Ini bermula dari ajaran Sunan Kudus yang mengajarkan umatnya untuk menghargai agama lain, termasuk Hindu yang menganggap sapi sebagai hewan suci.

Soto Kudus disajikan dalam sebuah mangkuk kecil. Di dalamnya ada nasi, irisan daging kerbau, tauge, bawang putih goreng, dan kuah bening yang kaya rempah.

Jika pengin sempurna lagi, ada satai telur puyuh, satai jerohan, perkedel, gorengan, dan paru kerbau yang bakal melengkapi semangkuk sotomu.

Harga soto kerbau khas Kudus sekitar Rp25.000,00 sampai Rp35.000,00

5. Garang Asem Ayam

5 Kuliner Khas Jawa Tengah yang Unik, Terjangkau, dan Rasanya Lezatresepmasakankitaindo.blogspot.com

Garang asem ayam merupakan kuliner khas dari Solo, Jawa Tengah. Masakan olahan daging ayam yang direbus kemudian dicampur dengan kuah bening yang segar dan mempunyai ciri khas dibungkus dengan daun pisang.

Tetapi ada juga yang membuat garang asem dengan kuah santan. Rasanya sama-sama enak, namun ada beberapa orang yang lebih menyukai tanpa santan yaitu dengan kuah bening yang segar.

Garang asem akan lebih enak lagi jika menggunakan ayam kampung. Karena jika menggunakan ayam boiler, dagingnya lebih lunak dan bisa hancur.

Harga garang asem ayam di sekitar Solo sekitar Rp15.000,00 sampai Rp 30.000,00.

Wah, menggiurkan bukan kuliner Jawa Tengah di atas? Selamat mencoba!

Baca Juga: 10 Kuliner Nganjuk yang Siap Menggoda Selera Para Pemudik, Apa Saja?

pandu indriani Photo Verified Writer pandu indriani

cute girl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You