Comscore Tracker

7 Masakan Tradisional Bosnia yang Patut Dicoba Sesekali Dalam Hidup

Halal semua kok!

Menjadi salah satu negara yang sempat dikuasai Kekaisaran Ottoman, membuat Bosnia dikenal sebagai negara yang didominasi masyarakat muslim di Eropa. Terletak di kawasan Balkan dan Mediterania, Bosnia punya keunikan tersendiri dari segi kuliner. Mau tahu beberapa makanan tradisionalnya? 

1. Burek

7 Masakan Tradisional Bosnia yang Patut Dicoba Sesekali Dalam Hidupinstagram.com/exploring_sarajevo

Dimulai dengan camilan mengenyangkan bernama Burek. Terpengaruh masakan Turki, Burek mirip dengan Baklava, hanya saja isinya gurih bukan manis. Burek merupakan pastry yang berisi daging, keju, dan bayam. Makanan ini termasuk lembek dan sedikit berminyak. Biasanya ia dijual satuan atau bahkan kiloan. 

2. Cevapi

7 Masakan Tradisional Bosnia yang Patut Dicoba Sesekali Dalam Hidupinstagram.com/twokingsbelgrade

Cevapi pada dasarnya adalah kebab berbentuk sosis yang berbahan daging domba atau sapi. Disajikan bersama somun atau semacam roti pitta dan bawang mentah. Biasanya daging dimasak dengan cara dipanggang, kemudian disajikan pula bersama saus krim yang rasanya asam. 

3. Dolma

7 Masakan Tradisional Bosnia yang Patut Dicoba Sesekali Dalam Hidupinstagram.com/vegancommunitykitchen

Dolma adalah semacam sayuran yang sudah diisi daging atau nasi. Sayur yang dimaksud bisa saja terong, paprika, atau zucchini. Dolma kemudian disajikan bersama saus berbahan jus lemon dan yogurt yang dicampur bawang. Tidak hanya di Bosnia, sebenarnya Dolma cukup umum ditemukan di kawasan Balkan dan Mediterania. 

Baca Juga: 10 Kuliner Tradisional Indonesia Ini Punya Kembaran di Luar Negeri

4. Tufahija

7 Masakan Tradisional Bosnia yang Patut Dicoba Sesekali Dalam Hidupinstagram.com/rossakacper

Tufahija terbuat dari apel yang didihkan bersama gula dan diisi dengan kacang walnut. Kemudian diberi pemanis berupa sirup dan whipped cream. Rasanya yang manis cocok jika disantap bersama kopi Bosnia yang sepat dan agak pahit. 

5. Bosanski Lonac

7 Masakan Tradisional Bosnia yang Patut Dicoba Sesekali Dalam Hidupinstagram.com/fatimamulasmajic

Makanan nasional Bosnia yang terbuat dari daging dan sayuran yang beragam. Kemudian didihkan dalam kuah kental. Kalau dilihat dari tampilan fisiknya mirip dengan semur di Indonesia. Hanya saja rasa dan bumbunya tentu akan sedikit berbeda, sebab masakan Bosnia dikenal bercita rasa asam dan gurih, mirip Turki. 

6. Begova Corba

7 Masakan Tradisional Bosnia yang Patut Dicoba Sesekali Dalam Hidupinstagram.com/montanaro_hotel

Dalam bahasa Inggris, makanan ini dikenal sebagai Bey's Soup. Terbuat dari daging ayam yang dimasak lama bersama sayuran seperti wortel, kentang, seledri. Didihkan sedemikian rupa hingga keluar saus kentalnya. Makanan ini disajikan sebagai menu pembuka sebelum makan hidangan utama. 

7. Klepe

7 Masakan Tradisional Bosnia yang Patut Dicoba Sesekali Dalam Hidupinstagram.com/pivnicasarajevo

Semacam dumpling yang dibuat versi Bosnia dengan saus bawang atau saus yogurt sebagai pelengkapnya. Dari segi bentuk, Klepe memang lebih mirip dengan Ravioli khas Italia. 

Selamat menjelajah Bosnia! 

Baca Juga: 5 Kuliner Tradisional Makassar Ini Cocok untuk Alternatif Takjil

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya