Comscore Tracker

8 Cara Masak Couscous yang Pasti Enak dan Khasiatnya Terjaga  

Alternatif nasi yang kaya protein dan mineral

Couscous mungkin tak setenar pasta atau granola. Namun, bulir-bulir kuning ini bisa jadi sumber karbohidrat alternatif selain nasi yang lebih sehat. Meski bentuknya menyerupai biji, sebenarnya couscous adalah sejenis pasta karena berbahan tepung semolina. 

Melansir BBC Good Food, couscous dibagi jadi tiga tipe berdasar ukuran dan asalnya. Tipe Maroko adalah couscous dengan buliran terkecil yang sekilas mirip gerit jagung. Kemudian, ada tipe Israel yang biasa disebut pearl couscous dengan ukuran sebesar sagu mutiara. Terakhir, tipe Lebanon yang ukurannya sebesar kacang polong. 

Selain kaya serat, protein, dan mineral, buliran gandum ini rendah lemak dan gula. Couscous juga memiliki rasa netral yang membuatnya ideal untuk teman makan lauk apapun. Namun, kalau ingin khasiatnya terjaga, coba delapan cara masaknya berikut ini. 

1. Upma

8 Cara Masak Couscous yang Pasti Enak dan Khasiatnya Terjaga  vegetable upma (instagram.com/spatula.and.ladles)

Upma adalah hidangan khas India yang sebenarnya mirip dengan nasi tim. Untuk membuatnya, rempah dan sayuran ditumis dulu bersama sampai matang dan empuk. Barulah couscous ditambahkan bersama sedikit air sampai matang sempurna. 

Couscous ini tergolong bahan makanan yang cepat masak. Beberapa produk yang dijual di supermarket bahkan bisa dimatangkan dengan menuang air mendidih saja. Tenang, meski terdengar instan, produk couscous ini memang melalui proses pengukusan dulu sebelum dikeringkan dan dikemas. Jadi, tetap sehat. 

2. Tabbouleh 

8 Cara Masak Couscous yang Pasti Enak dan Khasiatnya Terjaga  tabbouleh (instagram.com/cooksillustrated)

Tabbouleh adalah hidangan khas Lebanon yang berupa salad sayur dengan tambahan grain. Biasanya grain yang dibakai adalah bulgur. Namun, bukan masalah menggantinya dengan couscous karena kemiripan tekstur. 

Komponen sayur yang dipakai orang Lebanon mencakup parsley, bawang bombay, tomat, dan daun mint. Ditambah dengan perasan jeruk lemon yang segar dan siraman sedikit minyak zaitun virgin.  Tentu couscous harus dilunakkan dulu dengan bantuan air panas sebelum dicampurkan ke salad. 

3. Salad Mediterania

8 Cara Masak Couscous yang Pasti Enak dan Khasiatnya Terjaga  Greek couscous salad (instagram.com/marcellina.in.cucina)

Bedanya dengan tabbouleh adalah penambahan yoghurt dan keju feta dalam salad. Sementara, bahan-bahan lain kurang lebih sama. Selain grain seperti couscous, ditambahkan tomat, parsley, dan zucchini. 

Boleh juga ditambah kacang-kacangan seperti chickpeas atau white bean yang sudah direbus terlebih dulu. Dressing-nya cukup pakai perasan jeruk lemon dan minyak zaitun. Sehat banget! 

4. Salmon couscous panggang 

8 Cara Masak Couscous yang Pasti Enak dan Khasiatnya Terjaga  salmon couscous panggang (instagram.com/hellofreshau)

Kalau ingin pakai protein dari ikan, coba resep salmon dan couscous panggang ini. Caranya semudah memasukkan couscous yang sudah dimasak dengan kaldu bersama potongan sayuran dan ikan fillet pilihanmu (tidak harus salmon). 

Taburi dengan bumbu rempah dan garam. Lalu, bungkus dalam aluminium foil dan panggang dalam oven sampai matang. 

Baca Juga: 6 Cara Memasak Daging Sapi agar Empuk, Gak Pakai Ribet! 

5. Chicken couscous risotto

8 Cara Masak Couscous yang Pasti Enak dan Khasiatnya Terjaga  couscous risotto (instagram.com/cookscountry)

Kalau biasanya risotto menggunakan beras, kamu bisa menggantinya couscous. Seperti biasa, silakan tumis bawang bombay, bersama protein dan sayur pilihanmu. Resep di atas misalnya menggunakan ayam dan bayam. 

Couscous dimasukkan bersama kaldu ayam dan dimasak sampai lunak. Silakan tambah mentega dan keju sebelum mematikan api agar lebih creamy. 

6. Lemon couscous

8 Cara Masak Couscous yang Pasti Enak dan Khasiatnya Terjaga  lemon couscous (instagram.com/balawadhi)

Lemon couscous bisa jadi cara mudah membuat bulir gandum jadi tak hambar. Bahan yang kamu perlukan hanyalah bawang putih yang ditumis dalam minyak zaitun. Kemudian, couscous dan kaldu dimasukkan. 

Masak saja sampai air mulai menyusut sembari tambahkan garam, parutan jeruk lemon dan sedikit air perasannya. Terakhir, beri taburan daun parsley atau seledri. Angkat dan sajikan sebagai pendamping makan lauk. 

7. Chickpea couscous

8 Cara Masak Couscous yang Pasti Enak dan Khasiatnya Terjaga  chickpea couscous (instagram.com/naturalspoonfuls)

Selain protein hewani seperti roasted chicken atau salmon panggang, couscous ideal disajikan bersama chickpeas. Chickpeas kalengan bisa ditumis saja bersama pasta tomat dan sayuran lain yang disuka. Atau ditumis biasa dengan minyak zaitun sampai agak smoky. 

Kemudian, sajikan di atas couscous yang sudah matang. Biar makin sedap, terong tumis juga bisa ditambahkan. Mau pakai tahu tempe juga bisa. 

8. Paprika isi couscous dan keju

8 Cara Masak Couscous yang Pasti Enak dan Khasiatnya Terjaga  paprika isi couscous (instagram.com/ghela3)

Tips terakhir adalah menjadikan couscous sebagai isian di dalam paprika atau terong seperti ini. Couscous bisa dimatangkan dulu, kemudian ditumis bersama beberapa potongan sayuran dan protein pilihanmu. 

Kemudian, dimasukkan dalam paprika utuh yang sudah dibuang isinya. Terakhir, beri topping keju mozzarella atau parmesan dan panggang sebentar dalam oven sampai paprika matang dan keju meleleh. 

Couscous memang sehat dan kaya nutrisi, tetapi ia mengandung gluten sehingga tidak disarankan untuk beberapa orang yang mengidap kondisi klinis tertentu. 

Baca Juga: 9 Tips Memasak Tempura Udang ala Marugame Udon, Renyah!

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya