Comscore Tracker

9 Dessert Serbia Terpopuler yang Bikin Siapa pun Ingin Mencicip

Banyak yang berbahan cokelat

Serbia, salah satu negara di kawasan Balkan ini tak hanya unik dari segi budaya tetapi juga dari segi kulinernya. Apalagi dessert-nya, gak kalah dari Prancis, Serbia pun punya banyak pilihan menu makanan penutup yang enak. Bahkan kebanyakan berbahan dasar cokelat.

Dari sekian banyak, berikut 9 dessert khas Serbia yang bikin mood-mu langsung membaik seketika!

1. Torta cokolada

9 Dessert Serbia Terpopuler yang Bikin Siapa pun Ingin Mencicipinstagram.com/sweets_from_sunshine

Ini adalah kue tradisional Serbia yang akan sering ditemui ketika Natal dan hari besar nasional tiba. Berbahan dasar cokelat, tekstur kuenya mirip dengan brownis yang moist. Bagian spesialnya ada ganache cokelat yang menutupi seluruh bagian kue serta remahan biskuit di bagian sampingnya.

2. Reforma Torta

9 Dessert Serbia Terpopuler yang Bikin Siapa pun Ingin Mencicipinstagram.com/sladjo_lina

Kelihatan mirip dengan torta cokolada, torta reforma adalah kue sponge rasa walnut yang disusun berlapis-lapis dengan krim cokelat di sela-selanya. Kemudian kue ini juga dilumuri ganache di segala sisinya. Namanya terinspirasi dari kondisi pasca Perang Dunia II, ketika warga sudah bisa mengakses bahan-bahan makanan dengan lebih mudah, termasuk bahan kue ini. 

Baca Juga: 10 Bentuk Dessert yang Bikin Lapar Mata Sekaligus Ngiler, Suka Mana?

3. Palachinke

9 Dessert Serbia Terpopuler yang Bikin Siapa pun Ingin Mencicipinstagram.com/mirouskokovic

Palachinke adalah sejenis crepe atau panekuk tipis yang diisi dengan berbagai isian sesuai selera. Bisa buah-buahan segar, selai, atau bahkan keju kemudian digulung. Beberapa memakannya dengan tambahan taburan gula halus, ada pula yang menyiramnya dengan krim keju atau krimer biasa.

4. Tulumbe

9 Dessert Serbia Terpopuler yang Bikin Siapa pun Ingin Mencicipinstagram.com/ahalnisweethome

Bentuknya mirip dengan churros, bahan dan cara pembuatan adonannya pun sebenarnya tak jauh beda. Tulumbe kemudian digoreng dan dicelup dalam sirup manis selama beberapa jam sebelum disajikan. Hidangan ini sangat khas Balkan. 

5. Krem pita

9 Dessert Serbia Terpopuler yang Bikin Siapa pun Ingin Mencicipinstagram.com/gagagrne

Krem pita adalah kue tradisional Serbia yang terbuat dari kue sponge, krim, dan pastry yang disusun. Susunannya sebenarnya terserah saja. Versi aslinya kue sponge paling bawah, kemudian krim filling di tengah, dan pastry di paling atas. Mengingatkan kita pada kue-kue artis yang pernah hits beberapa tahun lalu di Indonesia.

6. Orehnjaca

9 Dessert Serbia Terpopuler yang Bikin Siapa pun Ingin Mencicipinstagram.com/petrunjela_pepe

Mirip bolu gulung, tetapi sebenarnya ini adalah roti yang digulung dengan krim rasa kacang. Pada bulan tertentu tiap tahunnya, para perempuan Serbia membuat ratusan bahkan ribuan orehnjaca untuk acara amal.

7. Vanilice

9 Dessert Serbia Terpopuler yang Bikin Siapa pun Ingin Mencicipinstagram.com/ivanajorovic85

Sepintas memang mirip dengan kue putri salju yang tak pernah absen saat lebaran tiba di Indonesia. Kue khas Serbia ini memang berbentuk kue kering rasa vanila yang kemudian disatukan seperti sandwhich dengan selai rasa buah beri. Terakhir, ia ditaburi gula halus. 

8. Oblande

9 Dessert Serbia Terpopuler yang Bikin Siapa pun Ingin Mencicipinstagram.com/jekajekago

Oblande adalah dessert favorit orang Serbia. Secara harfiah oblande adalah wafel dengan krim karamel sebagai isiannya. Wafelnya lebih mirip dengan wafer yang renyah, dipadu isian karamelnya yang creamy dan chewy. Tak ada yang bisa menolak kalau oblande sudah di depan mata. 

9. Oranisce

9 Dessert Serbia Terpopuler yang Bikin Siapa pun Ingin Mencicipinstagram.com/present_poslasticarnica

Selain cokelat, orang Serbia sepertinya sangat menggemari walnut. Kali ini walnut mereka olah menjadi semacam manisan atau permen. Bentuknya bulan sabit yang renyah di luar dan lumer di dalam. Dessert tradisional ini tak pernah luput dari acara keluarga dan hari besar di sana.

Itulah dessert khas Serbia yang benar-benar khas rasanya. Kalau ke sana, jangan lupa cicipi makanan tersebut ya!

Baca Juga: 5 Dessert Tertua di Dunia yang Masih Bisa Kamu Nikmati

Dwi Ayu Silawati Photo Community Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You