Comscore Tracker

10 Makanan Jalanan Terenak di Malang, Gak Bikin Kantong Bolong!

Wajib cobain, nih kalau kulineran di Malang

Tak cuma bagi warga Malang asli, para wisatawan yang pernah datang ke Malang pun sudah mengakui kalau Malang juga ngangenin. Apalagi kalau sudah bicara kuliner, ternyata banyak makanan dan jajanan jalanan yang tak bisa ditemukan di tempat lain selain Malang. Apa saja sih? 

1. Terang Bulan Salbut

10 Makanan Jalanan Terenak di Malang, Gak Bikin Kantong Bolong!instagram.com/foodiestravellerid

Terang bulan ini pasti pernah kamu temui di masa lalu dan selalu jadi jajanan favorit sepulang sekolah. Penjualnya memang sudah langka, tetapi di Malang kamu bisa menemuinya di daerah Bunul dan Sawojajar.

Harganya Rp2.000 saja dengan isian mentega, selai, meses, dan gula halus yang mantap.  

2. Cilok Pak Koboy

10 Makanan Jalanan Terenak di Malang, Gak Bikin Kantong Bolong!instagram.com/dietbesoksaja__

Cilok memang bisa kamu temukan di mana saja, terutama di kawasan yang ramai pelajar di Malang. Namun, salah satu yang paling melegenda dan terkenal enaknya adalah Cilok Pak Koboi yang selalu mangkal di sekitaran pertigaan Jalan Surabaya, tepatnya di depan Warung Ayam Nelongso dan Pesen Kopi. 

Sambalnya benar-benar nampol, komposisi daging di ciloknya pun pas. Harganya benar-benar murah meriah, Rp500 aja per butirnya. 

Baca Juga: 5 Menu Jajanan Enak di Bandung yang Wajib Kamu Santap

3. Ronde Titoni 1948

10 Makanan Jalanan Terenak di Malang, Gak Bikin Kantong Bolong!instagram.com/katalogmalang

Terletak di kawasan Titoni, dekat Pasar Besar, ronde ini dulunya dimulai dengan seorang bapak-bapak yang memikul dagangannya. Lama kelamaan dagangannya laris dan kini jadi salah satu legenda di Malang. Meski sebenarnya ronde bukan hidangan khas Malang, Ronde Titoni ini dikenal enak dan punya varian ronde kering yang unik.

Beda dengan ronde basah yang disajikan dengan kuah jahe panas, ronde kering merupakan bulatan adonan tepung beras yang dibalur dengan potongan kacang dan gula. 

4. Nasi Goreng Resek

10 Makanan Jalanan Terenak di Malang, Gak Bikin Kantong Bolong!instagram.com/wisatakuliner_com

Lokasinya ada di daerah Kasin dan selalu dipenuhi kerumunan pembeli. Dinamakan resek atau sampah karena cara memasaknya yang benar-benar ekstrim. Si penjual akan memasak nasi goreng dalam jumlah besar di wajan raksasa.

Apinya pun dari bara, bukan kompor gas biasa. Topping-nya pun tak pelit, kamu bisa tambah lauk lagi seperti tahu tempe sampai rempela hati. Harganya pun murah, mulai dari Rp8.000-12.000,-.

5. Banana King Kong

10 Makanan Jalanan Terenak di Malang, Gak Bikin Kantong Bolong!instagram.com/mlgfoodguide

Sebenarnya banyak sih kedai nugget pisang di Malang, tetapi banyak pula yang gulung tikar karena hanya ikutan tren. Namun, ada satu yang tetap bertahan, yaitu Banana King Kong. Harganya lebih murah dari kedai sebelah dan isinya pun tak pelit. Kamu bisa menemukan kedainya di Jalan Kendalsari, buka mulai sore hingga malam hari. 

6. Sempol Ayam

10 Makanan Jalanan Terenak di Malang, Gak Bikin Kantong Bolong!instagram.com/amazingmalangeats

Dibanderol dengan harga Rp1.000-2.000 saja, sempol ayam khas Malang ini sebenarnya bisa kamu temukan di banyak tempat utamanya di pusat-pusat keramaian seperti kawasan ramai mahasiswa seperti Jalan Veteran dan Jalan Surabaya atau kawasan wisata seperti Alun-Alun Kota Malang. Rasanya bikin nagih!

7. Es Santan Ketan Hitam 68

10 Makanan Jalanan Terenak di Malang, Gak Bikin Kantong Bolong!instagram.com/ayasmlgsaja

Es Santan ini letaknya ada di kawasan Jalan Sempu. Cukup dengan Rp2.500-3.500 saja kamu sudah dapat es segar dengan tambahan roti tawar yang disiram sirup buah. Buruan coba deh, jajanan ini gak ada di tempat lain.

8. Nasi Pecel Pincuk Berkah

10 Makanan Jalanan Terenak di Malang, Gak Bikin Kantong Bolong!instagram.com/kulinermalangid

Pecel sebenarnya bisa kamu temukan di berbagai tempat di Malang, mulai dari yang murah meriah sampai yang mahal sekalipun semua ada.

Nah, selain Pecel Winongo yang legendaris adapula Nasi Pecel Pincuk Berkah yang berlokasi di depan SMA Negeri 9 Malang. Penjualnya menggunakan mobil untuk berjualan dan antreannya selalu mengular sampai pecel habis. 

9. Martabak dan Terbul Holland

10 Makanan Jalanan Terenak di Malang, Gak Bikin Kantong Bolong!instagram.com/amazingmalangeats

Meski banyak pedagang martabak dan terbul premium di luar sana, Holland tetap yang nomor satu di Malang. Merekalah yang pertama memperkenalkan terbul tipis kering sebelum akhirnya direplika beberapa kedai lain.

Isinya tak pelit, tetapi juga gak bikin eneg. Ada martabak dan terbul tebal biasa di sini. Harganya memang lebih mahal dari kedai lain, tapi gak sampai bikin kantong jebol apalagi sampai ratusan ribu. 

10. Cilok Bakar

10 Makanan Jalanan Terenak di Malang, Gak Bikin Kantong Bolong!instagram.com/cobainyuk.id

Sama seperti sempol ayam, cilok bakar adalah salah satu jajanan jalanan yang menjamur di Malang. Ada banyak penjual yang bisa kamu cicipi cilok bakarnya. Namun, salah satu yang paling terkenal dan selalu ramai pengunjung ada di daerah Jalan Veteran, dekat SMP Negeri 4 Malang. 

Daftar makanan jalanan di Malang tak berhenti di sini. Silakan tambahkan jajanan dan makanan jalanan legendaris lainnya di kolom komentar. 

Baca Juga: Legend Banget! 7 Kuliner Malang Tempo Dulu yang Wajib Kamu Coba

Dwi Ayu Silawati Photo Community Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You