Comscore Tracker

6 Jenis Bento Khas Jepang Ini Akan Membuatmu Lapar Seketika

Tahu gak sih, ternyata bento banyak jenisnya lho!

Buat kamu yang suka nonton anime pasti sudah gak asing lagi nih sama makanan Jepang yang satu ini. Bento adalah bekal khas dari Jepang yang biasanya berisi nasi dan lauk pauk dan ditata dengan bentuk yang menarik. Tapi kamu tahu gak sih kalau ternyata jenis bento itu ada banyak dan bermacam-macam? Penasaran apa saja? Yuk kita intip.

1. Kyaraben

6 Jenis Bento Khas Jepang Ini Akan Membuatmu Lapar Seketikajapan-magazine.jnto.go.jp

Kyaraben atau charaben adalah salah satu jenis bento yang paling terkenal. Kyaraben merupakan kepanjangan dari 'character bento'. Sesuai dengan namanya, kyaraben adalah bento yang dibentuk menyerupai karakter hewan ataupun tokoh dalam film atau animasi tertentu. Karena keunikannya inilah kyaraben banyak disukai oleh anak-anak.

2. Koraku bento

6 Jenis Bento Khas Jepang Ini Akan Membuatmu Lapar Seketikatokyobyfood.com

Koraku bento adalah bento yang biasa dibawa oleh orang Jepang saat piknik. Biasanya koraku bento berisi onigiri dengan bermacam-macam lauk tempura. Berbeda dengan bento yang biasanya disajikan untuk satu porsi, koraku bento biasanya ditempatkan dalam wadah yang berukuran cukup besar. Hal ini dimaksudkan agar bento dapat dimakan bersama-sama dengan orang lain.

3. Ekiben

6 Jenis Bento Khas Jepang Ini Akan Membuatmu Lapar Seketikaculinarybackstreets.com

Nama ekiben didapat dari penggabungan dua kata, yaitu eki yang berarti stasiun dan bento yang artinya bekal. Sesuai dengan namanya, ekiben adalah bento yang hanya dijual di stasiun sebagai bekal untuk para penumpangnya. Jadi jika kamu pergi ke Jepang dan akan bepergian dengan menaiki shinkansen (kereta cepat), jangan lupa untuk membeli ekiben ya!

Baca Juga: Kenali 10 Jenis Sushi Ini, biar Gak Salah Sebut Saat Memesannya

4. Shoukadou bento

6 Jenis Bento Khas Jepang Ini Akan Membuatmu Lapar Seketikam.yelp.co.uk

Shoukadou bento adalah bento yang dihidangkan dalam wadah kayu yang memiliki empat sekat. Sekat ini berguna agar nasi dan lauk tidak tercampur sehingga tampilan bento akan tetap rapi. Selain itu shoukadou bento juga berukuran lebih besar dari bento pada umumnya.

5. Makunouchi bento

6 Jenis Bento Khas Jepang Ini Akan Membuatmu Lapar Seketikaallabout-japan.com

Makunouchi bento adalah bento yang berisi banyak jenis makanan dibanding bento lainnya. Harganya pun lebih mahal karena isiannya yang lebih lengkap. Meskipun tergolong populer, makunouchi bento sudah jarang ditemukan di Jepang dan biasanya hanya bisa dibeli di restoran tradisional.

6. Kamameshi bento

6 Jenis Bento Khas Jepang Ini Akan Membuatmu Lapar Seketikatsunagujapan.com

Kamameshi bento adalah salah satu bento unik yang terkenal di Jepang. Kakameshi bento tidak menggunakan wadah box seperti bento yang lain, melainkan dikemas menggunakan wadah keramik dengan aksen tradisional khas Jepang.

Biasanya kamameshi bento berisi nasi, daging serta sayuran yang dicampur menjadi satu. Kamameshi bento terkadang dijual di stasiun seperti ekiben, dan sangat nikmat bila dimakan dalam keadaan hangat.

Nah itulah tadi 6 jenis bento terpopuler dari Jepang. Kalau kamu ingin coba yang mana nih, guys?

Baca Juga: Kata Pakar, Ini 10 Trik Jitu Mengemas Bento yang Sehat & Memikat

Dwi Kurniawati Lestari Photo Community Writer Dwi Kurniawati Lestari

Just a little girl who loves drawing, writing and reading a bit too much. Sometimes spends all day long to think and wondering about 'what should I write today'.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

JADWAL SALAT & IMSAK

19
MEI
2019
14 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

18.59

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 19 May 2019 14:00:05

Progress: 730.417 dari 813.350 TPS (89.80353%)

Just For You