Comscore Tracker

10 Camilan Khas Jawa Timur Ini Enaknya Bikin Susah Berhenti Ngunyah 

#HaloJatim Cocok juga untuk oleh-oleh

Berbicara tentang kuliner di Jawa Timur, pasti tidak ada habisnya, karena setiap daerah memiliki makanan khas yang tentunya menggoda selera. Tidak hanya makanannya, camilannya pun tidak kalah enak dan unik, bikin susah berhenti ngunyah! Berikut aneka camilan khas dari berbagai daerah di Jawa Timur.

1. Brem

10 Camilan Khas Jawa Timur Ini Enaknya Bikin Susah Berhenti Ngunyah manfaat.co.id

Brem merupakan jajanan khas dari kota Madiun. Brem terbuat dari sari tape ketan yang telah difermentasi dan dikeringkan. Rasanya manis dan asam, dan ketika digigit brem akan lumer di mulut. Sudah pernah coba?

2. Tahu takwa

10 Camilan Khas Jawa Timur Ini Enaknya Bikin Susah Berhenti Ngunyah masakandapurku.com

Tahu takwa adalah tahu khas dari Kediri. Tahu ini memiliki ciri padat, kenyal, dan berwarna kuning. Warna kuning tahu diperoleh dari bumbu kunyit. Cara menikmatinya pun mudah, campurkan tahu ke dalam olahan masakan atau cukup goreng tahu kemudian nikmati dengan cabe rawit atau cocolan sambal petis. Sedap banget guys

3. Stick tahu

10 Camilan Khas Jawa Timur Ini Enaknya Bikin Susah Berhenti Ngunyah anekakeripikmojokerto.com

Masih dari Kediri, kota yang dikenal sebagai kota tahu. Selain tahu takwa, Kediri juga dikenal dengan stick tahunya. Ya, stick tahu adalah stick berbahan dasar tahu yang dipotong memanjang kemudian diberi bumbu dan digoreng garing. Rasanya renyah, garing, dan empuk. Cobain deh!

4. Gethuk pisang

10 Camilan Khas Jawa Timur Ini Enaknya Bikin Susah Berhenti Ngunyah pergikuliner.com

Selain tahu, jika singgah di kota Kediri kamu juga bisa mencicipi uniknya rasa gethuk pisang (gethuk gedang). Jajanan ini terbuat dari pisang, dan gula. Proses pembuatannya pun mudah, rebus pisang hingga lunak, kemudian hancurkan, dibumbui dengan gula, dan sedikit garam. Setelah tercampur rata bungkus adonan menggunakan daun pisang. Kukus selama kurang lebih 30 menit kemudian siap dihidangkan. Rasanya manis dan ada rasa asam dari pisang. Enak lho!

5. Keripik buah

10 Camilan Khas Jawa Timur Ini Enaknya Bikin Susah Berhenti Ngunyah anekakeripikmalang.com

Kota Malang merupakan sentra dari aneka keripik buah. Di Kota ini kamu akan menemukan berbagai macam keripik buah seperti keripik nangka, salak, apel, mangga, melon, jambu biji merah dan masih banyak lainnya. Unik kan? Kalau favoritmu yang mana?

Baca Juga: Selain Kurma, 7 Camilan Timur Tengah Ini Juga Bisa Jadi Oleh-oleh Haji

6. Kerupuk upil

10 Camilan Khas Jawa Timur Ini Enaknya Bikin Susah Berhenti Ngunyah lotusgardenhotel.com

Kerupuk upil (opak upil) tersebar di kota-kota di Jawa Timur. Uniknya kerupuk ini tidak digoreng dengan minyak, tetapi menggunakan pasir. Pasir yang digunakan biasanya yang agak kasar.

Cara menggorengnya pun mudah, pertama cuci terlebih dahulu pasir, lalu jemur, setelah kering, panaskan pasir diatas wajan dan siap digunakan untuk menggoreng kerupuk.

Rasa kerupuk ini asin, gurih cocok dicocol dengan sambal pecel, petis atau sebagai pelengkap makan nasi pecel, dan rujak sayur.

7. Ledre

10 Camilan Khas Jawa Timur Ini Enaknya Bikin Susah Berhenti Ngunyah makanandaerahindonesia.blogspot.com

Ledre merupakan camilan dari Bojonegoro. Bentuknya seperti gulungan panjang kue semprong. Dibuat dari bahan tepung beras, pisang raja, gula, telur, dan santan. Rasanya manis beraroma pisang dan tentunya renyah. Kressshhh!

8. Onde-onde

10 Camilan Khas Jawa Timur Ini Enaknya Bikin Susah Berhenti Ngunyah resepumi.com

Onde-onde merupakan jajanan populer dari kota Mojokerto. Di Kota ini kamu juga bisa menemukan toko onde-onde legendaris Bo Liem. Tidak hanya kacang hijau, onde-onde Bo Leim juga menyediakan berbagai rasa seperti coklat, kacang tanah, dan durian. Yummy!

9. Tape

10 Camilan Khas Jawa Timur Ini Enaknya Bikin Susah Berhenti Ngunyah deherba.com

Jember merupakan kota yang dikenal dengan tape singkongnya. Tape singkong dari kota Jember rasanya manis, lembut, dan pastinya bikin nagih! Selain tape singkong kamu juga bisa menemukan camilan olahan tape lainnya seperti prol tape, pia tape, brownis tape, dan suwar-suwir.

10. Otok

10 Camilan Khas Jawa Timur Ini Enaknya Bikin Susah Berhenti Ngunyah oleh2khasmadura.wordpress.com

Otok adalah camilan khas Madura. Unik deh guys, camilan ini terbuat dari biji kacang panjang yang diolah dan diberi bumbu menjadi camilan yang lezat. Rasanya pedas, manis, gurih, dan renyah. Kamu sudah pernah coba?

Nah, itu tadi 11 camilan di Jawa Timur kamu suka yang mana nih?

Baca Juga: 7 Camilan Sehat dan Praktis Ini Cocok Dinikmati Saat Jam Sibuk Kantor

Dyah M Photo Community Writer Dyah M

Create your own magic

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You