5 Tips Mencairkan Daging Beku, Mudah dan Tetap Higienis

Biar daging tetap dalam kondisi prima

Mengolah daging beku pasti memerlukan persiapan ekstra. Kita harus memiliki jeda waktu yang cukup  untuk mencairkan daging tersebut agar lunak dan dapat diolah. Lalu bagaimana caranya agar kegiatan memasak daging beku tidak menghabiskan banyak waktu? Coba praktikkan beberapa tips berikut ini agar mengolah daging beku menjadi efektif, efisien dan tentunya higienis.

1. Buatlah rencana memasak terlebih dahulu

5 Tips Mencairkan Daging Beku, Mudah dan Tetap Higienisunsplash.com/Le Creuset-Jason Briscoe

Jika ingin memasak daging beku, sebaiknya buatlah rencana terlebih dahulu, jangan mendadak karena daging beku butuh waktu untuk mencair. Dengan adanya perencanaan juga membuat aktivitas di dapur menjadi lebih efisien. Misal, rencanakan memasak satu hari sebelumnya atau beberapa jam sebelumnya. Atur sesuai waktu yang dimiliki agar tidak terbuang percuma menunggu daging mencair.

2. Rendam daging beku ke dalam wadah berisi air

5 Tips Mencairkan Daging Beku, Mudah dan Tetap Higienispixabay.com/kaboompics

Setelah membuat rencana mengolah daging, langkah awal selanjutnya adalah menyiapkan wadah yang diisi dengan air keran atau air bersuhu normal. Pastikan besarnya wadah cukup untuk merendam daging. Setelah daging dikeluarkan dari freezer segera rendam daging dalam keadaan masih terbungkus di dalam wadah atau plastik penyimpanannya, tidak perlu dibuka. Pastikan daging terendam dengan baik, setelah itu tunggu daging melunak tanda es telah mencair.

Untuk menggunakannya, cukup dengan buka plastik, cuci daging hingga bersih lalu tiriskan dan siap untuk dimasak.
Ingat, cukup rendam daging dengan air keran bersuhu normal, jangan mencairkan daging beku dengan air panas.

3. Mencairkan daging di rak pendingin

5 Tips Mencairkan Daging Beku, Mudah dan Tetap Higienispixabay.com/Myriams-Fotos

Cara lain untuk mencairkan daging beku (defrost) adalah dengan 'metode lemari es' yaitu mengeluarkan daging dari freezer kemudian dipindah pada rak pendingin, lalu tunggu hingga daging lunak. Setelah itu cuci daging dan dapat segera diolah. Cara ini mungkin terlihat lebih mudah, namun kekurangannya yaitu memakan waktu yang cukup lama bahkan mencairkan potongan ayam kecil dapat memakan waktu seharian.

Baca Juga: Ini Lho Durasi Penyimpanan Daging Beku Agar Aman untuk Dikonsumsi

4. Jangan gunakan microwave untuk mencairkan daging beku

5 Tips Mencairkan Daging Beku, Mudah dan Tetap Higienispexels.com/Lisa Fotios

Jangan cairkan daging dengan microwave. Suhu hangat dapat meningkatkan jumlah bakteri pada daging dan oleh karenanya daging harus cepat dimasak. Gelombang panas pada microwave belum tentu dapat mencairkan daging secara merata, bisa saja hanya lunak di bagian luar tetapi masih beku di bagian dalam. Selain menggunakan microwave, hindari juga meletakkan daging beku begitu saja di luar lemari es. 

5. Segera olah saat daging telah lunak

5 Tips Mencairkan Daging Beku, Mudah dan Tetap Higienisunsplash.com/MARVIN TOLENTINO

Daging yang telah lunak sebaiknya segera dicuci bersih kemudian segera dimasak. Hal ini untuk menjaga kesegaran daging dan sebaiknya tidak membekukan kembali daging yang telah dicairkan karena rasa daging akan berubah dan kehigienisannya berkurang. Itulah kenapa di awal diperlukan perencanaan waktu ketika akan memasak daging beku.

Itulah beberapa kiat untuk mencairkan daging, tidak hanya daging, ini juga dapat diterapkan pada ayam dan ikan. So, sekarang sudah tahu caranya kan?

Baca Juga: 5 Tips Mengolah Daging Entog Agar Empuk & Tidak Amis

Dyah M Photo Verified Writer Dyah M

Create your own magic

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You