Comscore Tracker

Wajib Dihindari! 7 Kesalahan Utama dalam Membuat Kering Tempe Kentang

Penggunaan gula merah yang tidak pas

Sambal kering tempe atau kentang adalah makanan pelengkap bahkan pengganti jika tidak ada lauk. Makanan ini biasanya dicari bagi anak-anak rantau apalagi harganya yang terjangkau. Rasanya yang manis dan renyah kadang membuat ketagihan kala menyantapnya.

Namun, di balik itu semua ternyata membuatnya pun agak sedikit repot untuk mendapatkan hasil yang baik. Tak jarang sering ditemukan kesalahan dalam pembuatannya. Jika kamu ingin mencobanya sendiri di rumah, ini ada beberapa kesalahan yang sebaiknya tidak dilakukan. Langsung simak, yuk!

1. Membeli bahan yang kualitasnya tidak baik

Wajib Dihindari! 7 Kesalahan Utama dalam Membuat Kering Tempe KentangUnsplash/JESHOOTS.COM

Mulai dari bumbu sampai bahan harus diperhatikan kualitasnya. Untuk kentang cari yang keras saat dipegang supaya ketika menggoreng nantinya akan renyah hasilnya. Begitu juga dengan tempe. Jika tidak jeli dalam memilih, maka akan mendapatkan tempe yang ketika dipotong akan hancur.

2. Memotong tempe atau kentang tidak sama ukurannya

Wajib Dihindari! 7 Kesalahan Utama dalam Membuat Kering Tempe KentangUnsplash/Dilyara Garifullina

Soal memotong memang kelihatan mudah. Namun, jika ingin cepat selesai biasanya ukuran jadi tak sama rata. Butuh ketelatenan dalam memotong jika tidak mempunyai alat khusus pemotong. Ukuran yang kurang sama bisa menyebabkan tidak meratanya tingkat kegaringan tempe atau kentang yang dijadikan bahan utama.

3. Api kompor yang tidak stabil

Wajib Dihindari! 7 Kesalahan Utama dalam Membuat Kering Tempe KentangUnsplash/Simon Migaj

Besar kecilnya api kompor sangat mempengaruhi warna hasil gorengan. Namun, biasanya yang terjadi adalah warnanya tidak sama ketika matang. Tak jarang menemukan hasil yang gosong akhirnya tidak cantik dan rasa pahit kala dimakan.

Baca Juga: Resep Kering Tempe dan Cara Membuatnya, Bisa Tahan Tiga Pekan

4. Bumbu yang kurang matang sempurna

Wajib Dihindari! 7 Kesalahan Utama dalam Membuat Kering Tempe KentangUnsplash/ Louis Hansel @shotsoflouis

Bumbu yang digunakan untuk sambal goreng pada umumnya adalah bawang merah, bawang putih, cabai merah, jahe, lengkuas, serai, daun salam, dan daun jeruk. Ketika bumbu ditumis usahakan matang keseluruhan setelah selesai. Bumbu yang tidak kering dapat menyebabkan kentang atau tempe menjadi lembap dan tidak bertahan lama. Jika ingin matang sempurna, usahakan bumbu ditumbuk secara kasar.

5. Gula merah yang tidak sesuai dengan porsinya

Wajib Dihindari! 7 Kesalahan Utama dalam Membuat Kering Tempe KentangDok. Pribadi

Untuk mendapatkan rasa yang pas pada sambal kering, penggunaan gula merah ke dalam tumisan bumbu menjadi kunci utama. Gula bisa membuat sambal kering menjadi renyah. Namun, jika gula merah terlalu banyak, bumbu akan menggumpal. Tetapi jika kurang, maka hasil pun ketika dimakan menjadi kurang nikmat.

6. Gula dibiarkan terlalu lama kala ditumis

Wajib Dihindari! 7 Kesalahan Utama dalam Membuat Kering Tempe Kentangtheglobeandmail.com

Hal ini bisa menyebabkan bumbu menggumpal duluan sebelum kentang atau tempe dimasukkan. Akhirnya, tidak tercampur dengan merata. Ada baiknya gula merah jangan dibiarkan sampai kental. Begitu sudah terlihat mencair, masukkan kentang atau tempe lalu aduk. 

7. Mengaduk bahan utama secara cepat

Wajib Dihindari! 7 Kesalahan Utama dalam Membuat Kering Tempe KentangUnsplash/Joshua Newton

Biasanya ini terjadi ketika gula merah mencair kala ditumis dengan bumbu halus. Begitu tempe atau kentang dimasukkan, mengaduknya berlebihan karena khawatir jika bumbu menggumpal. Ini bisa mengakibatkan bahan utama menjadi hancur. Sebaiknya, gunakan api kecil ketika gula sudah terlihat mencair.

Itu dia tujuh kesalahan utama dalam membuat sambal kering. Dengan menghindari kesalahan di atas, dijamin rasa sambal kering kamu renyah, manis, dan buat ketagihan.

Baca Juga: Resep Kering Kentang Teri, Rasa Gurih Pedasnya Bikin Lidah Bergoyang!

Dyan Yudhistira Photo Verified Writer Dyan Yudhistira

IG: @dyanyudhis Terima kasih sudah mau membaca. Semoga kamu bahagia selalu. Aamiin..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya