Comscore Tracker

6 Kuliner di Menteng yang Legendaris, Dijamin Bikin Gagal Diet!

Apakah salah satunya adalah tempat favoritmu?

Gondangdia adalah salah satu kawasan bersejarah di Jakarta. Walau kini Menteng berubah jadi kawasan elit, masih banyak daerah di dalamnya yang mempertahankan arsitektur lampau. Jadi, jangan heran kalau banyak juga kuliner di Menteng yang legendaris dan sayang banget untuk dilewatkan. 

Mulai dari mi ayam sampai nasi uduk, ternyata ada juga tempat makan yang jadi favorit gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, lho. Penasaran apa saja kuliner legendaris di Menteng yang patut untuk dijajal? Yuk, cari tahu enam di antaranya berikut ini.

1. Nasi Uduk Gondangdia

6 Kuliner di Menteng yang Legendaris, Dijamin Bikin Gagal Diet!Nasi Uduk Gondangdia (instagram.com/henjiwong)

Kalau cari makanan berat yang mengenyangkan, ada warung Nasi Uduk Gondangdia yang bikin ngiler. Aneka lauk, seperti ayam goreng, petai, ikan, sampai tahu dan tempenya pun ada. Disantap dengan sambal yang khas juga lalapan, bikin makanmu makin lahap. 

Nasi Uduk Gondangdia sudah buka sejak tahun 1993. Meski hanya di teras rumah, nasi uduk satu ini selalu ramai, apalagi jelang makan siang. Sayangnya, untuk nasi uduk di sini gak terlalu besar ukurannya. Kurang sesuai untuk kamu yang porsi makannya besar. 

Meski begitu, jika kamu penasaran ingin mencicipi cita rasanya, bisa mengunjungi Nasi Uduk Gondangdia yang berada di jalan Cikini IV nomor 12, RT. 015/RW. 005, Cikini, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat. Warung Nasi Uduk Gondangdia buka setiap hari mulai pukul 10.00-23.00 WIB.

2. Mie ayam Gondangdia

6 Kuliner di Menteng yang Legendaris, Dijamin Bikin Gagal Diet!mie ayam Gondangdia (instagram.com/ajakmakan)

Buat penggemar mi ayam, terutama yang bertekstur kecil dan kuah bening, Mie Ayam Gondangdia bisa kamu coba untuk cicipi. Kedai mi ayam ini sendiri sudah buka sejak tahun 1968 dan pernah mengalami musibah kebakaran tahun 2014. Meski begitu pelanggannya pun tak berkurang. 

Selayaknya makanan legendaris lainnya, harga yang dijajakan di kedai mi ayam ini berkisar Rp30 ribuan. Mi yang ada di kedai ini punya tekstur halus, kuah gurih, dan ayamnya yang manis. Menu lain seperti bihun goreng seafood dan ayam kuluyuk juga layak untuk dicoba.

Alamat: Jalan RP. Soeroso Nomor 36, RT.9/RW.5, Cikini, Kecamatan Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 10.00-20.00 WIB.

3. Gudeg Bu Tinah

6 Kuliner di Menteng yang Legendaris, Dijamin Bikin Gagal Diet!Gudeg Bu Tinah (instagram.com/aniesbaswedan)

Kalau kangen dengan makanan khas Yogyakarta, kamu gak perlu jauh-jauh untuk bisa menikmatinya. Di kawasan Menteng, tepatnya di Kebon Sirih, ada Gudeg Bu Tinah yang cita rasanya autentik ala gudeg basah yang bikin ngiler. 

Gudeg Bu Tinah hanya berlokasi di pinggir jalan dengan tenda, tapi pelanggannyan justru para pejabat, nih. Mulai dari Anies Baswedan sampai Erick Tohir, pernah mampir makan di sini. Nah, buat pecinta pedas, sambal goreng krecek di sini juara banget, lho.

Lokasi: Jalan Srikaya II Nomor RT.2, RT.5/RW.7, Kebon Sirih, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 09.00-15.00 WIB.

Baca Juga: 5 Ide Hidangan Rasa Srikaya, Makanan Legendaris yang Semakin Hits!

4. Soto Betawi H. Ma'ruf

6 Kuliner di Menteng yang Legendaris, Dijamin Bikin Gagal Diet!Soto Betawi H. Ma'ruf (instagram.com/bosennih_jalanjalankuy)

Soto betawi adalah salah satu makanan khas Jakarta yang punya banyak peminat. Kuahnya kental dari susu, ditambah dengan irisan daging dan renyahnya kerupuk sangat nikmat disantap saat hujan. 

Salah satu tempat makan soto betawi legendaris di Jakarta adalah di Soto Betawi H. Ma'ruf yang berlokasi di Menteng ini. Bahkan kedai soto betawi ini sudah ada sejak sebelum Indonesia merdeka, tepatnya tahun 1940. Menunya pun beragam, mulai dari soto betawi daging, soto betawi campur, hingga laksa. 

Alamat: Jalan RP. Soeroso Nomor 36A, RT.2/RW.13, Gondangdia, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 09.30-20.30 WIB.

5. Restoran Trio

6 Kuliner di Menteng yang Legendaris, Dijamin Bikin Gagal Diet!Restoran Trio (instagram.com/_ianhugen_)

Restoran Trio adalah tempat makan dengan menu chinese food yang sejak buka, rasa dan kualitasnya gak berubah. Restoran Trio sendiri sudah buka sejak tahun 1946. Konsep tokonya pun konsisten tanpa banyak perubahan dan merupakan restoran non halal. 

Kamu yang mau makan di sini perlu hati-hati, terutama kalau sendiri. Sebab porsinya super banyak dan lebih cocok jika mengajak keluarga atau teman untuk datang ke sini. Kalian pun bisa menyicipi aneka masakan, seperti babi panggang, perkedel daging sapi, sampai acar timunnya yang segar.  

Alamat: Jalan RP. Soeroso Nomod 29A, RT.2/RW.2, Gondangdia, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 10.00–14.00 dan 17.00–21.30 WIB.

6. Ayam Goreng Gohyong Malaya

6 Kuliner di Menteng yang Legendaris, Dijamin Bikin Gagal Diet!ayam goreng gohyong (instagram.com/tigakalimakan)

Gak buka di tempat lain, Ayam Goreng Gohyong Malaya berlokasi di pinggir jalan. Pun gak banyak yang tahu, warung gerobakan ini sudah buka sejak 1985 dan masih bertahan sampai sekarang.

Ayam gohyong malaya adalah olahan ayam yang dipotong kecil-kecil, dibaluri tepung, dan digoreng kering. Ditemani dengan saus mentega sedikit kental yang bisa disiram atau dicocok ke ayam gorengnya. Ada juga menu nasi goreng Hong Kong yang punya rasa gurih. Tertarik mencobanya?

Alamat: Jalan Lombok No. 31, Menteng, Jakarta Pusat.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 16.00-21.00 WIB

Sekalipun sekarang sudah banyak jajanan kekinian, seperti croffle, boba, dan lainnya, kuliner Menteng yang legendaris pun patut juga kamu coba. Bisa bertahan puluhan tahun jadi tanda, bahwa kualitas dan rasa tetap terjaga. 

Baca Juga: 5 Soto Seger Enak di Jakarta, Rekomendasi Tempat untuk Makan Siang

Dyar Ayu Photo Verified Writer Dyar Ayu

Jalan-jalan mencari penyu Alabiyu~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya