Comscore Tracker

6 Rekomendasi Tempat Makan Sate Klatak di Yogyakarta, Rasanya Mantap!

Ada yang langganan para artis, lho! #LokalIDN

Setuju gak kalau kita menyebut Yogyakarta sebagai surganya kuliner? Gak cuma angkringan dan gudegnya yang bikin ketagihan mampir ke kota yang disebut sebagai Kota Pelajar ini, tapi juga ada satu kuliner lain yang gak kalah jadi idaman, apalagi kalau bukan satai atau sate klatak!

Sate klatak adalah sate kambing yang hanya dibumbu lada dan garam kemudian dibakar dengan besi sehingga matangnya sampai ke dalam. Duh, ngiler banget! Daripada bingung-bingung lagi di mana bisa makan sate klatak ini, berikut enam rekomendasi tempat makan sate klatak di Yogyakarta. Awas, bikin merem melek keenakan! 

1. Sate Klatak Pak Pong

6 Rekomendasi Tempat Makan Sate Klatak di Yogyakarta, Rasanya Mantap!instagram.com/awkarin

Menduduki posisi utama rekomendasi sate klatak di Yogyakarta apalagi kalau bukan Sate Klatak Pak Pong. Berlokasi di Pleret, Bantul, dan buka dari pukul 09.00 sampai 23.00, banyak artis yang sudah jadi langganan di sini. Namun, untuk bisa menikmati sate klataknya, kamu perlu bersabar. Terlebih di jam makan siang, antreannya selalu panjang! 
Supaya makanmu kian lengkap, jangan lupa pesan teh panas dengan gula batu. Duh, manisnya seperti senyumanmu! 

2. Sate Klatak Pak Yakut

6 Rekomendasi Tempat Makan Sate Klatak di Yogyakarta, Rasanya Mantap!instagram.com/jogjabikinlaper

Beralamat di Jl. Wates No. 0, Sonopakis Lor, Ngestiharjo, Bantul, ada rekomendasi lain yang bernama Sate Klatak Pak Yakut. Sate klatak kepunyaan Pak Yakut ini bisa kamu datangi dari jam 10.00 sampai jam 21.00, pas buat menu makan siangmu atau saat makan malam.

Untuk sate klataknya sendiri dihargai Rp20.000, cukup murah mengingat rasanya yang... Nikmat! Oh ya, di sini kamu juga bisa makan nasi brongkos jika kamu sedang menghindari makan daging. 

3. Sate Klatak Pak Jede

6 Rekomendasi Tempat Makan Sate Klatak di Yogyakarta, Rasanya Mantap!instagram.com/mgdalenaf

Sate Klatak Pak Jede, lumayan populer di kalangan artis ibu kota. Mulai dari Nicky Tirta, Dude Herlino, Ari Untung, dan masih banyak artis lain, pernah makan dan jadi langganan di sini. Mengingat sate yang berbeda karena punya kuah gule, gak heran jika banyak yang jatuh cinta pada Sate Klatak Pak Jede.

Apabila kamu ingin mencoba sate kesukaan para artis ini, coba datang antara pukul 10.00 sampai 23.00, ya!

Baca Juga: 5 Perbedaan Sate Klatak dan Sate Padang, Rasanya Bikin Lidah Bergoyang

4. Sate Klatak Kang Ipan

6 Rekomendasi Tempat Makan Sate Klatak di Yogyakarta, Rasanya Mantap!instagram.com/diah.suradiredja

Untuk mencoba sate klatak yang satu ini, kamu gak perlu jauh-jauh ke Bantul. Ini karena lokasi Sate Klatak Kang Ipan berada di Kecamatan Umbulharjo yang ada di tengah kota. 
Yang mengesankan dari warung makan ini adalah karena menggunakan daging kambing muda, jadi diklaim lebih empuk. Harga sate klataknya yaitu Rp24.000, sama dengan harga jika kamu ingin coba menu lain seperti sate bumbu kacang atau sate goreng. 

5. Sate Klatak Pak Bari

6 Rekomendasi Tempat Makan Sate Klatak di Yogyakarta, Rasanya Mantap!instagram.com/jogjafood

Ingat film AADC 2? Ada adegan dalam film itu menceritakan betapa menyenangkannya perjalanan Cinta dan Rangga. Mulai dari ke Punthuk Setumbu sampai makan sate klatak! Nah, saat itu Rangga dan Cinta makan di warung milik Pak Bari yang berlokasi di Pasar Wonokromo. 

Namun, kalau mau coba sate klatak kesukaan Cinta dan Rangga ini, datang pukul 19.30 sampai 01.00, ya? Selain sate klatak, menu lain yang gak kalah enak yaitu kicik daging.  

6. Sate Klatak Mak Adi

6 Rekomendasi Tempat Makan Sate Klatak di Yogyakarta, Rasanya Mantap!instagram.com/jajanyogya

Sate Klatak Mak Adi yang berlokasi di Bantul tersebut bisa dibilang sebagai pelopor sate klatak di Yogyakarta. Bagaimana tidak, warung makan ini sudah buka dari tahun 1993, lho! Mereka juga buka lebih lama daripada warung sate kebanyakan, yaitu dari jam 10.00 sampai 02.00. 

Menu lain yang laik dicoba adalah tengklengnya. Gak cuma karena dagingnya yang empuk, tapi rasanya yang pedas manis, bikin kepingin balik lagi! 

Rekomendasi tempat makan sate klatak di atas sudah teruji kenikmatannya, lho. Gak cuma wisatawan dan warga biasa, artis-artis juga suka makan sate klatak di beberapa tempat tersebut. Namun, walau memang bikin merem melek saking enaknya, jangan lupa imbangi dengan makanan bergizi dan olahraga setelahnya, supaya gak kena kolesterol jahat. Selamat makan enak! 

Baca Juga: Klatak hingga Tiwul, Ini 10 Makanan Khas Yogyakarta yang Legendaris

Dyar Ayu Photo Verified Writer Dyar Ayu

Hai, mari kunjungi saya di instagram.com/dyarayu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya