Comscore Tracker

6 Tempat Makan Mie Koclok di Cirebon, Kuah Kentalnya Sedap

Spageti carbonara-nya Indonesia, nih!

Cirebon terkenal sebagai penghasil udang yang kaya, tapi kamu juga wajib menjajal makanan khasnya. Salah satunya mi dengan kuah yang terkenal kental dan gurih, yakni mi koclok.

Mi koclok terbuat dari mi basah, suwiran ayam, daun bawang, taoge, dan aneka pugas lain yang disiram kuah kental dari tepung maizena. Di kota asalnya, Cirebon, setidaknya ada lima tempat makan mi koclok yang terkenal enak.

1. Mie Koclok Panjunan

6 Tempat Makan Mie Koclok di Cirebon, Kuah Kentalnya SedapMie Koclok Panjunan (instagram.com/mahasiswakulineran)

Salah satu rekomendasi mi koclok terpopuler di Cirebon adalah Mie Koclok Panjunan. Lokasinya gak jauh dari Masjid Merah dan berupa warung sederhana, tapi selalu ramai pembeli. Kamu bisa makan di tempat atau dibawa pulang. Kalau dibawa pulang, mi akan dibungkus dengan daun pisang.

Buat kamu yang baru akan menjajal mi koclok, kuah di sini memang kental, tapi gurih. Selain itu, mi yang besar akan membuat rasa kenyang jadi lebih awet. Biar makin sedap, makannya harus pakai sambal.

Lokasi: Jalan Pekarungan Nomor 104, Kecamatan Lemahwungkuk, Cirebon, Jawa Barat

Jam operasional: setiap hari pukul 15.30-22.00 WIB

2. Mie Koclok Pak Rasita

6 Tempat Makan Mie Koclok di Cirebon, Kuah Kentalnya SedapMie Koclok Pak Rasita (instagram.com/sakura_sae)

Mie Koclok Pak Rasita sudah buka sejak 1979. Tenang, meski sudah turun generasi, rasa enaknya tetap sama sejak awal buka, kok. Warung ini buka di pelataran rumah dan selalu bersih dan luas. Bisa jadi tempat makan siang bareng teman kantor.

Jika makan mi koclok kurang mengenyangkan, kamu bisa memesan mi lontong atau mi lontong telur yang jelas lebih mantap. Pilihan menu minumannya juga beragam, ada teh hangat, soda, atau jus buah yang menyegarkan.

Lokasi: Jalan Bahagia Nomor 2, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat

Jam operasional: setiap hari pukul 10.00-17.00 WIB

3. Mie Koclok Mas Edi

6 Tempat Makan Mie Koclok di Cirebon, Kuah Kentalnya SedapMie Koclok Mas Edi (instagram.com/janganlupamakan)

Makanan pinggir jalan itu memang istimewa. Selain harga yang murah, rasanya pun bisa bersaing dengan restoran. Salah satunya Mie Koclok Mas Edi ini. Nama Edi bukan sembarang nama, tapi ada singkatannya, yaitu Enak dan Istimewa.

Mi dipadukan dengan suwiran ayam, daun bawang, dan telur rebus khas Cirebon. Makin sempurna dengan memesan semangkuk wedang ronde yang buka di sebelah lapak Mas Edi ini.

Lokasi: Jalan Lawanggada Nomor 23, Kecamatan Pekalipan, Cirebon, Jawa Barat

Jam operasional: setiap hari pukul 17.00-23.00 WIB

Baca Juga: Sama-Sama Berasal dari Jawa Barat, 5 Perbedaan Mi Kocok dan Mi Koclok

4. Mie Koclok Mang Sam

6 Tempat Makan Mie Koclok di Cirebon, Kuah Kentalnya SedapMie Koclok Mang Sam (instagram.com/harizakbaralam)

Mie Koclok Mang Sam bisa dibilang adalah pelopor mi koclok di Cirebon, lho. Warung pinggir jalan ini sudah buka sejak 1951. Buka di saat sore sampai jelang malam, kuliner ini bisa jadi santapan yang bikin badan hangat.

Selain mi koclok, warung Mang Sam juga punya menu lain, seperti bihun koclok, gado-gado, atau mido yang juga gak kalah enak. Kuahnya yang kental dan lembut bikin makan mi jadi gak perlu pakai kekuatan ekstra.

Lokasi: Jalan Pekiringan Nomor 110, Kecamatan Pekalipan, Cirebon, Jawa Barat

jam operasional: Senin hingga Sabtu pukul 18.00-23.00 WIB

5. Mie Koclok Jatimerta

6 Tempat Makan Mie Koclok di Cirebon, Kuah Kentalnya SedapMie Koclok Jatimera (instagram.com/foodgallerybdg)

Kalau kamu mencari tempat makan mi koclok yang buka pagi sampai malam, tujuan paling tepat adalah Mie Koclok Jatimerta. Warungnya memang sederhana, tapi sejuk dan luas. Selain itu aroma mi di sini bikin indra penciuman meronta-ronta saking enaknya.

Soal porsi, di sini lumayan banyak dan bisa dimakan dengan kerupuk emping atau kerupuk kulit sapi. Lokasinya yang dekat dengan Situs Makam Sunan Gunung Jati mudah buat ditemukan.

Lokasi: Jalan Sunan Gunung Jati, Kecamatan Gunungjati, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat

Jam operasional: setiap hari pukul 10.00-22.00 WIB

6. Mie Koclok Abah Gaul

6 Tempat Makan Mie Koclok di Cirebon, Kuah Kentalnya Sedapmie koclok abah gaul (instagram.com/bubueataway)

Mi koclok enak di Cirebon ini mudah ditemukan melalui gerobaknya yang heboh dengan lampu LED. Mie Koclok Abah Gaul memang hanya di pinggir jalan, tapi langganannya dari masyarakat biasa sampai pejabat, lho. Selain murah, suwiran ayamnya juga gak pelit.

Mie Koclok Abah Gaul di sini gak hanya bisa disantap dengan tambahan telur, tapi juga aneka sate, seperti ati ayam, rempela, dan telur puyuh. Dinikmati bersama segelas teh manis hangat semakin nikmat.

Lokasi: Jalan Pekalipan Nomor 99, Kecamatan Pekalipan, Cirebon, Jawa Barat

Jam opersional: setiap hari pukul 18.00-23.00 WIB

Gak lengkap kalau main ke Cirebon tanpa menjajal mi koclok. Rasanya yang unik, tekstur kuah yang gak biasa, dan harganya yang murah sudah jadi alasan gak boleh melewatkan makanan satu ini. Jadi, mau mampir di warung mi koclok yang mana, nih?

Baca Juga: Resep Sate Kalong, Kuliner Malam Hari Khas Cirebon

Dyar Ayu Photo Verified Writer Dyar Ayu

Jalan-jalan mencari penyu Alabiyu~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya