Comscore Tracker

6 Warung Belut Goreng di Surabaya yang Gurihnya Nampol, Bye Diet!

Dimakan pakai sambal, duh bikin goyang lidah #LokalIDN

Siapa nih yang sudah pernah menjajal belut goreng di Surabaya? Jangan buru-buru bilang geli!

Di Surabaya, belut goreng adalah salah satu makanan khasnya yang menurut penelitian hewan licin ini punya protein tinggi. Kamu yang akan atau warga asli Surabaya tapi belum pernah makan belut, wajib nih cobain!

Biar gak bingung cari lokasi makan belut goreng di Surabaya enak, berikut ini 6 rekomendasi yang bisa kamu tuju. Gak cuma terkenal enak, tapi menunya juga beragam, lho. Sudah siap gagal diet lagi?

1. Spesial Belut Surabaya

6 Warung Belut Goreng di Surabaya yang Gurihnya Nampol, Bye Diet!Spesial Belut Surabaya (SBS) (instagram.com/e_ndro)

Sesuai nama warungnya yaitu Spesial Belut Surabaya, warung makan yang berlokasi di Kecamatan Sawahan ini menu utamanya adalah belut. Aneka olahan belut seperti belut goreng biasa, belut saus inggris, belut pedas lalapan, sampai yang paling laku pecel belut basah siap dinikmati. 

Selain itu yang istimewa lain adalah minumannya yaitu es temulawak yang segar dan jarang ditemui di tempat lain.

Soal lokasi, kamu jangan khawatir! Warungnya ada di pinggir jalan, jadi mudah ditemukan. Pun tempat parkirnya luas. Kamu yang mau menggunakan kendaraan roda empat, bisa bernapas lega. 

Alamat: Jalan Banyu Urip Nomor 139, RT.002/RW.09, Kupang Krajan, Kecamatan Sawahan, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Jam operasional: setiap hari, jam 11.00-23.00.

2. Belut Khas Surabaya

6 Warung Belut Goreng di Surabaya yang Gurihnya Nampol, Bye Diet!Belut Khas Surabaya (instagram.com/veboluz)

Makan siang memang harus yang bikin puas makan supaya kembali kerja, jadi lebih bersemangat! Buat warga Kecamatan Wonokromo, pas banget nih buat datang ke Belut Khas Surabaya. Tempatnya nyaman, gak terlalu sempit sehingga pas banget buat makan siang bareng teman kerja. 

Pilihan menu lauknya banyak banget, lho! Apalagi belutnya. Mulai dari belut basah, belut pecel biasa, atau kalau mau yang sedikit lebih pedas yaitu belut saus inggris yang memang jadi andalan. Namun kalau mau menjajal menu lain, mulai dari gurame sampai udang juga ada. 

Alamat: Jalan Ngagel Jaya Selatan Nomor 104, RW.09, Ngagelrejo, Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Jam operasional: setiap hari, jam 11.00-22.30.

3. Spesial Belut Bu Yuli

6 Warung Belut Goreng di Surabaya yang Gurihnya Nampol, Bye Diet!Belut Goreng Bu Yuli (instagram.com/kulinersby)

Berawal dari warung sederhana pinggir jalan, olahan belut di Spesial Belut Bu Yuli jadi bisa buka cabang di berbagai tempat di Surabaya. Wajar, rasa belut di sini memang enak, apalagi kalau pesan belut goreng yang digoreng garing. Jadi lauk nasi hangat sih cocok banget!

Kalau mau makan di tempat, kamu harus sabar ya terutama di jam-jam jelang makan malam. Gak cuma antre panjang, tapi tempat makan gak terlalu besar sehingga harus bergantian dengan lainnya. Kalau mau makan tenang tapi tetap enak, gak ada salahnya untuk dibungkus bawa pulang saja. 

Alamat: Jalan Kertajaya Nomor 173A, Airlangga, Kecamatan Gubeng, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Jam operasional: Kamis libur, buka dari jam 14.00-22.00.

Baca Juga: Resep Belut Goreng Renyah, Sajian Menu Lezat yang Mudah Dibuat!

4. Spesial Belut Surabaya H. Poer

6 Warung Belut Goreng di Surabaya yang Gurihnya Nampol, Bye Diet!Belut Goreng H. Poer (instagram.com/indomieslave)

Paham kok kalau gak semua orang kuat makan pedas, tapi tetap ingin bisa makan sambal enak. Nah, kalau di Spesial Belut Surabaya H. Poer, kamu bisa request tingkat kepedasan sambalnya, jadi bisa disesuaikan dengan selera masing-masing pembelinya.

Gak cuma tingkat kepedasan sambal, tingkat kekeringan belut goreng juga bisa minta sesuai selera. Mau yang masih agak basah, setengah kering, kering, atau kering sekali. 

Menu spesialnya sih pecel belut dengan geprek bawang putih. Rasa belutnya jadi lebih gurih dan wangi. Saran nih, jangan minta bawangnya digoreng garing ya supaya rasanya gak pahit saat dimakan. Sekarang gak perlu bingung lagi deh cari warung belut goreng di Surabaya yang enak!

Alamat: Jalan Raya Mulyosari Nomor 394, Kalisari, Kecamatan Mulyorejo, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Jam operasional: setiap hari, jam 11.00-22.00.

5. Spesial Belut Fresh

6 Warung Belut Goreng di Surabaya yang Gurihnya Nampol, Bye Diet!Spesial Belut Fresh (instagram.com/spesialbelutfresh)

Sesuai dengan namanya nih, belut di sini masih segar. Jadi rasanya enak dan gak bau amis. Banyak pelanggan yang lebih suka goreng kering karena rasanya renyah dan balance dengan bawang putih gorengnya. Namun kalau ini adalah kali pertama kamu menjajal belut goreng, coba pilih yang tanpa tulang.

Sambalnya punya rasa cenderung gurih, jadi mungkin kurang 'klik' di lidah kamu yang suka sambal rasa manis. Selain itu juga ada belut goreng dengan tepung sehingga lebih renyah, nih.

Alamat: Jalan Raya Manyar Nomor 79, Menur Pumpungan, Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Jam operasional: setiap hari, jam 11.00-22.00.

6. Spesial Belut Bu Hadi

6 Warung Belut Goreng di Surabaya yang Gurihnya Nampol, Bye Diet!Belut Goreng Bu Hadi (instagram.com/sbykulinerinfo)

Punya beberapa cabang di kota Surabaya, Spesial Belut Bu Hadi bisa jadi rekomendasi sarapan sampai makan malam yang yummy, nih. Apalagi belut Bu Hadi terkenal berukuran besar-besar, tentu bikin lebih puas makan. 

Menu istimewa di sini adalah pecel belut elek dan pecel belut biasa. Namun juga ada menu lain seperti belut goreng mentega dan belut goreng saus inggris. Belut digoreng sesuai permintaan, kemudian diletakkan di atas sambel ulek yang super pedas.

Jadi, kalau kamu gak terlalu bisa makan sambal, bisa pesan menu lainnya atau minta sambal sedikit saja. 

Alamat: Gedung Bulutangkis Sudirman, Jalan Dr. Ir. H. Soekarno Nomor 8, Manyar Sabrangan, Kecamatan Mulyorejo, Kota Surabaya Jawa Timur.

Jam operasional: Minggu libur, buka jam 09.00-19.00.

Meski banyak yang geli makan belut karena bentuknya yang licin, setidaknya gak ada ada salahnya untuk mencoba makanan ini. Apalagi di Surabaya banyak tempat makan pecel belut yang enak. Sekali coba, besok pasti minta lagi!

Baca Juga: 5 Sajian Menggugah Selera Berbahan Belut, Gak Kalah Lezat!

Dyar Ayu Photo Verified Writer Dyar Ayu

Jalan-jalan mencari penyu Alabiyu~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya