Comscore Tracker

Yakin Mau Pindah Negara? 5 Makanan ‘Unik’ Cuma Indonesia yang Punya

Cita rasa lokal memang paling juara!

Jakarta, IDN Times – Yakin mau langsung memutuskan pindah negara? Perantau asal Indonesia yang ada di luar negeri saja enggan lho move on dari Tanah Air karena di negara kita punya ciri khas masing-masing di setiap daerahnya. Bahkan dari segi tradisi 'makanan' juga ada beberapa cara unik.

Kamu sendiri, tim yang lebih senang melancong ke tempat makanan mahal atau yang murah meriah? IDN Times kali ini akan bahas lima tradisi makanan ini yang sering kamu jumpai dan ada di sekitarmu. Kalau pindah negara, kamu pasti bakal kangen deh!

1. Cuma di Indonesia: “Gak kenyang kalau gak pakai nasi

Yakin Mau Pindah Negara? 5 Makanan ‘Unik’ Cuma Indonesia yang PunyaShutterstock/Chan2545

Masyarakat Indonesia sebagian besar mata pencahariannya sebagai petani. Gak heran ya, di sini nasi sudah jadi makanan wajib semua kalangan. Mau lauknya apa pun, keberadaan nasi itu yang paling dicari-cari. Katanya “Gak kenyang kalau gak pakai nasi”.

Di tangan para juru masak, nasi diolah menjadi menu makanan yang gak sekadar ‘nasi putih’. Namun, dimasak kembali menjadi nasi gila, nasi kuning, nasi hitam, nasi uduk, dan masih banyak lagi. Favoritmu yang mana, guys?

Baca Juga: 10 Makanan Khas Indonesia Ini Ternyata Dipengaruhi Budaya Belanda Lho!

2. Makan-makanan warteg itu ‘surga

Yakin Mau Pindah Negara? 5 Makanan ‘Unik’ Cuma Indonesia yang PunyaShutterstock/Seminority Studio

Siapa yang menolak menu masakan warung tegal atau ‘warteg’ jadi primadona semua kalangan. Varian masakan yang disediakan mulai dari tempe orek, telur balado, kikil, ayam serundeng, dan lain-lainnya berhasil membuat perut mudah keroncongan. Gak heran kalau ini jadi makanan sehari-harinya orang Indonesia ya!

Selain banyak pilihan menu, harga yang dibanderol pun murah meriah. Tentu ini pasti ‘surga’ buat kamu ‘kan? Harga aman di kantong, perut juga kenyang deh! Kalau di luar negeri, wartegnya ada di mana ya?

3. Angkringan adalah teman terbaik di malam hari

Yakin Mau Pindah Negara? 5 Makanan ‘Unik’ Cuma Indonesia yang PunyaShutterstock/Mas Jono

Meski keberadaan warteg sudah tersebar di Indonesia, namun tidak semuanya buka 24 jam. Biasanya warteg hanya buka sampai sore saja. Nah, pengganti makanan yang gak bikin kantong bolong di malam hari ada angkringan. Kemunculan angkringan itu sendiri sebenarnya sudah ada sejak tahun 1950an di Kota Solo. Seiring semakin banyak peminat, angkringan pun menjalar hingga kota-kota besar lainnya di Indonesia.

Menu yang ditawarkan juga beragam, seperti macam-macam sate, gorengan, tahu-tempe bacem, dan tentu nasi kucing. Nasi yang dibungkus menggunakan daun pisang dengan porsi mini. Sudah adakah angkringan di kotamu saat ini?

4. Aneka ragam bakso yang dijual keliling, tapi rasanya gak kalah dengan restoran

Yakin Mau Pindah Negara? 5 Makanan ‘Unik’ Cuma Indonesia yang PunyaShutterstock/Odua Images

Penjual makanan di negeri tetangga menjajakannya dengan food truck sebagai lapak. Eits, tapi kalau di Indonesia beda! Uniknya negara +62 ini penjual makanannya keliling. Tidak jarang ditemukan nih, misalnya tukang bakso yang keliling mendorong gerobak sambil memukul mangkok ayam jago “ting, ting, ting!

Soal rasa juga gak kalah kok dengan bakso-bakso di restoran mahal. Cukup di rumah saja, tukang bakso keliling biasanya menjual aneka ragam bakso, seperti bakso urat, bakso telur, tahu bakso, ditambah mie dan bihun yang semakin mantap dinikmati di kala musim hujan.

5. Makan dengan cita rasa rempah kuat seperti masakan Padang

Yakin Mau Pindah Negara? 5 Makanan ‘Unik’ Cuma Indonesia yang PunyaShutterstock/Ariyani Tedjo

Lidah orang lokal tentu nggak heran lagi dengan masakan Padang. Cita rasanya yang berbeda dari makanan negara lain seperti rendang yang punya rasa rempah yang kuat. Sensasi pedasnya cabai, aroma kayu manis, dan bumbu-bumbu rempah lainnya yang bersatu padu menghasilkan rasa yang sangat kaya.

Kabarnya kepopuleran nikmatnya rendang dan nasi padang juga sudah mendunia lho. Menariknya lagi, sekarang kenikmatan makanan padang yang mendunia ini bisa kamu dapatkan juga pada mi instan. Kebayang kan betapa nikmatnya dua makanan terpopuler Indonesia, mi instan dan masakan padang bergabung jadi satu. Mi instan itu adalah Mie Sedaap Salero Padang. Bukan cuma mi instan biasa, inovasi Mie Sedaap Salero Padang ini merupakan perpaduan yang terdiri dari mie goreng yang pedas dan bertekstur tebal dengan keharuman serta rasa bumbu Padang favoritnya orang Indonesia.

Yakin Mau Pindah Negara? 5 Makanan ‘Unik’ Cuma Indonesia yang PunyaIDN Times/Mie Sedaap

Perpaduan rasa Padang ini menghasilkan rasa makanan Padang yang khas, seperti gulai, dilengkapi dengan pedasnya sambal ijo asli, plus taburan keripik rasa rendang renyah yang menjadi satu kesatuan alias #FusionTerSedaap. Hal ini membuat Mie Sedaap Salero Padang menjadi rasa padang yang komplit serta #NikmatnyaHQQ banget. Wah, bikin auto pengen nyobain kan?

Nah, pasti penasaran ‘kan #SedapnyaSaleroPadang seperti apa? Tenang aja, kamu sudah bisa dapatkan Mie Sedaap Salero Padang di toko-toko terdekat kesayanganmu. Mie Sedaap Salero Padang, satu-satunya salero kita, mie rasa Padang asli! Langsung klik di sini untuk info lengkapnya ya!

Itulah lima tradisi makanan yang ‘Indonesia’ banget yang jika kamu menetap di negeri orang, belum tentu keluar rumah dengan mudah menemukannya. Dijamin bikin rindu. Cita rasa lokal memang paling juara! (CSC)

Baca Juga: 10 Makanan Fermentasi Khas Indonesia yang Paling Populer, Sudah Coba?

yummy-banner

Topic:

  • Tisa Ajeng Misudanar Azryatiti

Berita Terkini Lainnya