Comscore Tracker

5 Angkringan Legendaris yang Wajib Dikunjungi Saat Berkunjung ke Jogja

Murah meriah dan banyak menu dengan cita rasa pas di lidah

Angkringan adalah tempat makan berupa gerobak dan kursi panjang yang menyediakan berbagai menu sederhana dengan harga terjangkau. Angkringan ini jadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi kamu yang berkunjung ke kota Yogyakarta.

Nah, dari sekian banyak angkringan yang tersebar di seluruh penjuru Yogyakarta, ada beberapa angkringan yang sudah melegenda dan bisa jadi rekomendasi. Mana sajakah itu? Berikut beberapa daftarnya.

1. Angkringan Wijilan

5 Angkringan Legendaris yang Wajib Dikunjungi Saat Berkunjung ke Jogjainstagram.com/Harjo_kang

Sebenarnya nama asli dari angkringan ini adalah Angkringan Kang Haryo. Akan tetapi, karena angkringan ini berlokasi di Jalan Wijilan yang sudah terkenal sebagai sentra kuliner seperti gudeg, maka angkringan ini kemudian banyak dikenal sebagai Angkringan Wijilan.

Angkringan ini punya konsep yang lain dari angkringan pada umumnya, sebab angkringan ini dibangun di bangunan 2 lantai dan cukup besar juga.

Angkringan Wijilan mengusung konsep prasmanan dan menyediakan menu seperti angkringan pada umumnya, tetapi variasi menunya relatif lebih beragam.

Untuk harga yang dipatok di angkringan ini relatif sama dengan angkringan pada umumnya. Kamu tetap bisa makan kenyang cukup dengan membawa uang 10 ribu rupiah.

2. Angkringan Bonbin

5 Angkringan Legendaris yang Wajib Dikunjungi Saat Berkunjung ke Jogjawikipedia.org

Angkringan ini disebut Angkringan Bonbin lantaran lokasinya yang dekat dengan Kebun Binatang Gembira Loka. Angkringan ini cukup ramai dan terkenal karena menu nasi kucingnya yang akan langsung ludes sesaat setelah disajikan.

Selain nasi kucing, Angkringan Bonbin juga menyediakan menu khas angkringan lain, seperti satai usus, gorengan, dan aneka minuman.

Baca Juga: Murah Meriah, Ini 5 Menu Jajanan Khas Angkringan Yogyakarta

3. Angkringan Lik Man

5 Angkringan Legendaris yang Wajib Dikunjungi Saat Berkunjung ke Jogjainstagram.com/Ikasurachmanto

Angkringan Lik Man merupakan tempat makan favorit banyak masyarakat Jogja yang dimiliki oleh putra Mbah Pairo, yang konon merupakan penggagas tempat makan berkonsep angkringan ini.

Menu yang disediakan di sini ada bermacam-macam, seperti nasi kucing, gorengan, oseng-oseng, dan menu khas angkringan lain.

Tapi satu menu yang nggak boleh kamu lewatkan saat mampir ke Angkringan Lik Man adalah kopi joss. Kopi joss termasuk menu andalan yang paling banyak dicari oleh pelanggan yang datang ke sini.

Angkringan Lik Man termasuk angkringan legendaris di Jogja, bahkan sejumlah tokoh terkenal pernah sengaja datang untuk mencicipi menu angkringan yang telah berdiri sejak tahun 1950 ini.

4. Angkringan Klebengan

5 Angkringan Legendaris yang Wajib Dikunjungi Saat Berkunjung ke Jogjainstagram.com/Mahasiswakulineran

Angkringan Klebengan bisa jadi salah satu angkringan yang paling banyak dikunjungi mahasiswa dan anak kos, sebab angkringan ini terletak di dekat 2 kampus besar di Yogyakarta, yaitu UGM dan UNY, atau tepatnya di belakang Fakultas Peternakan UGM.

Selain itu, tempatnya yang luas membuat angkringan ini sangat cocok untuk mengerjakan tugas kelompok ataupun sekadar nongkrong.

Salah satu menu yang khas dan populer dari angkringan ini adalah gorengan yang dibakar dengan tambahan kecap manis.

5. Angkringan Bangsawan

5 Angkringan Legendaris yang Wajib Dikunjungi Saat Berkunjung ke Jogjainstagram.com/Angkringanejac

Kalau biasanya angkringan identik dengan tempat dan menu yang sederhana, lain halnya dengan Angkringan Bangsawan. Berkonsep bangunan Jawa khas bangsawan, meja dan kursi yang relatif banyak, serta fasilitas wifi, Angkringan Bangsawan jadi angkringan yang punya kesan mewah dan sangat cocok untuk dijadikan pilihan tempat makan keluarga.

Selain itu, angkringan ini juga menyediakan berbagai jajanan khas Jogja yang sudah mulai sulit ditemukan, seperti kipo, jadah manten, semar mendem, dan masih banyak lagi.

Itu tadi beberapa angkringan legendaris yang ada di Yogyakarta. Gimana, tertarik berkunjung?

Baca Juga: 5 Kelebihan The Crabbys Yogyakarta, Pecinta Kepiting Wajib Tahu!

Ekaay Photo Community Writer Ekaay

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You