5 Cara Mudah & Singkat Kupas Kulit Bawang Putih Tanpa Pisau

Ternyata gampang banget lho

Bawang putih merupakan salah satu rempah yang digunakan secara luas pada masakan. Karena itu, kurang afdol rasanya jika kamu memasak tanpa menggunakan bawang putih sebagai bumbu pelengkap. Salah satu kendala yang membuat aktivitas memasak menjadi lama dan melelahkan adalah kegiatan mengupas kulit bawang putih. Terlebih jika kamu membuat masakan dengan porsi besar dan harus menggunakan bawang putih dalam jumlah yang banyak. Bisa dibayangkan berapa lama waktu yang dibutuhkan hanya untuk mengupas bawang putih satu per satu. Tapi tenang, sebenarnya ada kok metode alternatif yang bisa kamu gunakan untuk mengupas kulit bawang putih dengan cepat, bahkan tanpa pisau. Penasaran kan gimana caranya? Langsung aja simak tipsnya di bawah ini.

1. Kocok di dalam toples yang tertutup rapat

5 Cara Mudah & Singkat Kupas Kulit Bawang Putih Tanpa Pisaucookandgarden.com

Tips pertama, siapkan sebuah toples dengan tutupnya. Masukkan bawang putih ke dalam toples lalu tutup rapat. Kemudian kocok toples tersebut selama beberapa detik. Setelah itu buka tutup toples dan pisahkan bawang putih dari kulitnya yang sudah terkelupas. Untuk hasil yang maksimal, kamu perlu mengocok toples berisi bawang putih selama beberapa kali.

2. Rendam dengan air hangat

5 Cara Mudah & Singkat Kupas Kulit Bawang Putih Tanpa Pisaugianacliscaldwell.com

Jika kamu hendak mengupas bawang putih karena ingin langsung digunakan dan tidak untuk disimpan, kamu bisa mengupas kulit bawang putih dengan cara direndam. Siapkan sebuah wadah dan isi dengan air panas. Kemudian masukkan bawang putih dan rendam selama kurang lebih 5 menit. Dengan begitu kulit bawang putih akan menjadi lebih lunak dan mudah dikupas.

3. Tumbuk dengan benda keras

5 Cara Mudah & Singkat Kupas Kulit Bawang Putih Tanpa Pisaufoodal.com

Kamu juga bisa memisahkan kulit bawang putih dengan cara menumbuk. Yang kamu perlukan hanyalah permukaan yang keras sebagai alas misalnya cobek, serta alat penumbuk seperti ulekan. Kamu tinggal menaruh bawang putih di atas alas keras yang telah kamu persiapkan lalu tumbuk beberapa kali. Tidak perlu menumbuk terlalu keras atau hingga bawang putih menjadi memar, cukup tumbuk dengan pelan hingga kulit bawang putih lepas dengan sendirinya dan mudah dipisahkan.

Baca Juga: 6 Manfaat Bawang Putih, Sungguh Luar Biasa untuk Kesehatan Tubuhmu!

4. Bungkus dengan kain katun

5 Cara Mudah & Singkat Kupas Kulit Bawang Putih Tanpa Pisaualiexpress.com

Untuk mengupas kulit bawang putih dengan metode ini alat yang kamu perlukan hanyalah kain katun bersih. Taruh bawang putih di atas kain katun yang telah kamu persiapkan. Bungkus bawang putih dengan kain katun tersebut lalu ikat bagian kain katun yang terbuka. Gosok kain katun pada tangan selama beberapa waktu lalu buka ikatan pada kain katun dan kulit bawang putih pun dapat dikelupas dengan mudah.

5. Rontokkan kulit bawang putih dengan microwave

5 Cara Mudah & Singkat Kupas Kulit Bawang Putih Tanpa Pisaurealhomes.com

Kalau kamu punya microwave, alat ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengupas kulit bawang putih. Pertama siapkan wadah yang bersih lalu masukkan bawang putih ke dalam wadah tersebut. Masukkan wadah berisi bawang putih tersebut ke dalam microwave lalu panaskan selama beberapa saat. Keluarkan wadah dari microwave dan kulit bawang putih pun telah rontok dengan sendirinya, ditambah bawang putih juga mengeluarkan aroma yang wangi dan sedap.

Mudah kan? Sekarang kamu gak perlu menghabiskan banyak waktu memasak hanya untuk mengupas kulit bawang putih. Selamat mencoba!

Baca Juga: 7 Kesalahan Mengolah Bawang Putih yang Sering Dilakukan Banyak Orang

Eka Ami Photo Verified Writer Eka Ami

https://mycollection.shop/allaboutshopee0101

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya