Comscore Tracker

5 Makanan Ini Baik Dikonsumsi Pengidap Anemia Saat Sahur

Puasa lancar dan tetap bertenaga sepanjang hari

Menjalankan berbagai aktivitas dalam keadaan berpuasa tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi penderita anemia. Pasalnya orang dengan riwayat anemia memiliki jumlah sel darah merah di bawah batas normal. Darah sendiri berfungsi mentransfer oksigen dan sari-sari makanan ke seluruh tubuh.

Hal inilah yang membuat penderita anemia kerap merasa pusing, lemas, dan tampak pucat. Ditambah ketika harus berpuasa, berbagai kondisi tersebut bisa semakin parah akibat tubuh tidak mendapatkan asupan kalori dan zat besi.

Tapi jangan khawatir, kamu tetap bisa menjalankan ibadah puasa dengan lancar asal memerhatikan makanan saat sahur. Nah, lantas makanan apa saja yang sebaiknya dikonsumsi saat sahur bagi penderita anemia? Simak ulasannya berikut ini.

1. Bayam

5 Makanan Ini Baik Dikonsumsi Pengidap Anemia Saat SahurCapsica.in

Sejak dulu kamu sudah diajari untuk terbiasa makan sayuran seperti bayam. Ternyata bayam memang memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Bayam mengandung banyak vitamin C yang berfungsi mengoptimalkan penyerapan zat besi.
Zat besi sendiri merupakan salah satu komponen penyusun sel darah merah. Sehingga konsumsi bayam dapat meningkatkan jumlah sel darah merah.

2. Daging sapi

5 Makanan Ini Baik Dikonsumsi Pengidap Anemia Saat SahurKlikdokter.com

Daging sapi mengandung zat besi heme, yaitu jenis zat besi yang biasa ditemukan pada produk hewani. Konsumsi daging sapi saat sahur diyakini dapat meningkatkan jumlah hemoglobin dalam darah. Alhasil walaupun sedang berpuasa kamu tetap bisa menjalani berbagai aktivitas dengan lancar tanpa hambatan berupa rasa pusing dan lemas.

Baca Juga: 5 Resep Kreasi Olahan Mie yang Cocok Untuk Menu Sahurmu!

3. Delima

5 Makanan Ini Baik Dikonsumsi Pengidap Anemia Saat SahurBbcgoodfood.com

Selama ini buah delima atau pome dikenal memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Tapi siapa sangka selain kaya akan antioksidan, ternyata di dalam buah cantik ini juga terdapat kandungan zat besi dan vitamin C yang baik untuk penderita anemia. Konsumsi delima setiap sahur niscaya ampuh membuat kamu tetap bugar sepanjang hari.

4. Kurma

5 Makanan Ini Baik Dikonsumsi Pengidap Anemia Saat Sahurparenting.firstcry.com

Di bulan Ramadan seperti ini, kurma menjadi buah yang paling banyak dicari dan dikonsumsi saat berbuka. Tapi selain baik untuk berbuka, kurma juga direkomendasikan untuk dikonsumsi saat sahur khususnya buat kamu yang memiliki gejala anemia. Hal ini lantaran buah yang memiliki rasa super manis ini mengandung zat besi dan kalori yang cukup tinggi sehingga dapat membuat kamu tetap bertenaga sepanjang hari. Selain itu kandungan vitamin dan mineral yang ada pada kurma juga mampu mencukupi kebutuhan nutrisi harianmu.

5. Alpukat

5 Makanan Ini Baik Dikonsumsi Pengidap Anemia Saat Sahurelarrayan.com

Siapa sangka buah yang memiliki banyak penggemar ini ternyata juga sangat baik dikonsumsi oleh pengidap anemia selama berpuasa. Selain kaya akan lemak baik, kandungan zat besi dalam alpukat juga ampuh dalam meningkatkan jumlah hemoglobin dalam darah. Konsumsi alpukat di kala sahur ampuh dalam membuat tubuh tetap berenergi walaupun sedang berpuasa.

Itu tadi beberapa makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi pengidap anemia saat sahur. Penting untuk kamu memastikan bahwa makanan yang kamu konsumsi mengandung zat besi dan vitamin C dalam jumlah yang cukup. Ini lantaran zat besi merupakan salah satu komponen penyusun darah yang penting. Vitamin C sendiri dapat membantu mengoptimalkan proses penyerapan zat besi. Selain itu, hindari pula konsumsi teh dan kopi secara berlebihan karena keduanya dapat menghambat penyerapan zat besi dalam tubuh.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Ekaay Photo Community Writer Ekaay

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You