Comscore Tracker

6 Buah yang Sebaiknya Dikonsumsi Saat Sahur, Biar Makin Sehat

Bikin lebih kenyang juga lho

Makan sahur merupakan ibadah sunah yang dilakukan sebelum berpuasa. Selain itu, dengan sahur kamu akan mendapatkan asupan energi yang nantinya akan dibakar saat berpuasa. Oleh karena itu, kamu perlu selektif dalam memilih menu sahur. Pastikan menu sahur yang kamu santap mengandung nutrisi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh juga serat yang membuat kamu kenyang lebih lama. Konsumsi buah bisa jadi salah satu cara yang tepat untuk mendapat asupan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Lantas apa saja buah yang baik dikonsumsi saat sahur? Ini jawabannya.

1. Kurma

6 Buah yang Sebaiknya Dikonsumsi Saat Sahur, Biar Makin Sehatparenting.firstcry.com

Kurma merupakan buah primadona yang paling dicari selama Ramadan. Memiliki rasa yang manis dan tinggi kalori, membuat buah ini kerap dikonsumsi saat berbuka karena dapat mengembalikan energi tubuh dengan segera. Tapi selain untuk berbuka, kurma juga baik dikonsumsi saat sahur. Sebab, kurma mengandung karbohidat kompleks dan tinggi serat yang mampu membuat kamu kenyang sepanjang hari. Ditambah gizi yang dikandung kurma membuat buah ini bisa jadi pilihan makanan untuk memenuhi nutrisi harian yang kamu butuhkan.

2. Mangga

6 Buah yang Sebaiknya Dikonsumsi Saat Sahur, Biar Makin Sehatunsplash.com/HOTCHICKSING

Mangga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh. Konsumsi mangga saat perut kosong seperti pada waktu sahur mampu mengoptimalkan proses detoksifikasi tubuh selama berpuasa. Kendati demikian, pilihlah buah mangga yang matang dan manis. Sebab, mangga yang masam berpotensi membuat perut kamu gak nyaman sepanjang hari.

3. Apel

6 Buah yang Sebaiknya Dikonsumsi Saat Sahur, Biar Makin Sehatunsplash.com/Krishnam Moosaddee

Buat kamu yang sering keroncongan saat puasa. Konsumsi apel saat sahur bisa jadi solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Apel kaya akan serat yang baik untuk pencernaan. Kandungan serat pada apel membuat buah ini sulit untuk dicerna, sehingga proses untuk pengosongan lambung terjadi dalam kurun waktu yang panjang. Alhasil, kamu pun lebih kenyang di siang hari dan bebas perut keroncongan.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Buah Pepaya yang Matang, Cocok untuk Pencuci Mulut

4. Alpukat

6 Buah yang Sebaiknya Dikonsumsi Saat Sahur, Biar Makin Sehatelarrayan.com

Lemak merupakan komponen penting yang dibutuhkan oleh tubuh sebagai cadangan energi. Kendati demikian, pastikan lemak yang kamu konsumsi adalah lemak baik. Mengonsumsi alpukat bisa jadi cara untuk mendapatkan lemak baik. Lemak baik yang terdapat dalam buah alpukat bisa menstabilkan kolesterol dalam darah dan juga mempermudah penyerapan berbagai nutrisi penting saat sahur. Kandungan serat pada alpukat juga mampu membuat kamu lebih kenyang dalam waktu lama.

5. Pir

6 Buah yang Sebaiknya Dikonsumsi Saat Sahur, Biar Makin Sehatunsplash.com/Jonathan Mast

Pir merupakan jenis buah yang tinggi serat dan vitamin C. Manfaat yang akan kamu dapat dari mengonsumsi pir saat sahur adalah pencernaan yang lebih sehat serta terhindar dari rasa lapar yang berlebihan. Selain itu, kandungan vitamin C dalam buah pir mampu mencegah diri kamu terkena flu dan radang tenggorokan. Untuk mendapatkan manfaat yang sempurna dari buah pir, sebaiknya cuci bersih lalu langsung dimakan dengan kulitnya. Sebab kulit pir juga mengandung serat dan vitamin yang tinggi.

5. Pisang

6 Buah yang Sebaiknya Dikonsumsi Saat Sahur, Biar Makin Sehatunsplash.com/Eiliv-Sonas Aceron

Untuk kamu yang memiliki riwayat maag, coba deh mulai rutin mengonsumsi pisang saat sahur. Sebab, sejumlah vitamin yang terdapat dalam buah ini seperti vitamin A, B1, B2, dan C ampuh dalam mengurangi sekresi asam lambung. Efeknya, kamu pun terhindar dari perut nyeri, mual, dan perih selama menjalani puasa dan gak perlu meminum obat di kala waktu berbuka tiba.

Nah, itu tadi beberapa buah yang sebaiknya dikonsumsi saat sahur. Jadi, yang mana favoritmu?

Baca Juga: 6 Macam Buah Apel, Ternyata Ada Banyak Jenisnya Lho!

Ekaay Photo Community Writer Ekaay

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You