Comscore Tracker

6 Makanan & Minuman Lezat Penyebab Flu Makin Parah, Sebaiknya Hindari

Walaupun enak tapi bikin flu gak sembuh-sembuh 

Ketika sedang flu, selain mengonsumsi obat-obatan pereda flu, biasanya orang-orang termasuk kamu akan lebih banyak mengonsumsi makanan yang berkhasiat mengatasi flu guna mempercepat penyembuhan penyakit ini.

Padahal sejatinya, jika kamu benar-benar ingin flu yang sedang kamu alami dapat sembuh dalam waktu yang sesingkat-singkatnya, kamu juga perlu menghindari makanan tertentu yang dapat memperparah kondisi flu. Lantas apa sajakah makanan tersebut? Berikut penjelasannya.

1. Kafein

6 Makanan & Minuman Lezat Penyebab Flu Makin Parah, Sebaiknya Hindarihealthline.com

Saat sedang flu, suhu tubuh akan meningkat disertai produksi keringat yang juga meningkat, sehingga berpotensi menimbulkan dehidrasi. Minuman bersifat diuretik seperti kopi berkafein dapat meningkatkan potensi dehidrasi dan memperburuk gejala flu.

2. Minuman manis

6 Makanan & Minuman Lezat Penyebab Flu Makin Parah, Sebaiknya Hindarinypost.com

Buah-buahan segar yang kaya akan vitamin C dan air dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh lantaran menyediakan elektrolit dan antioksidan penting yang sangat dibutuhkan untuk melindungi tubuh dari penyebaran infeksi.

Tetapi, ketika buah-buahan ini diolah menjadi jus, ataupun kamu memilih jus kemasan dan minuman elektrolit sebagai alternatif pengganti buah-buahan. Maka langkah ini sangatlah kurang tepat, karena minuman manis ini tidak padat nutrisi dan dapat menyebabkan inflamasi.

3. Susu

6 Makanan & Minuman Lezat Penyebab Flu Makin Parah, Sebaiknya HindariUnsplash.com/Brian Suman

Susu mungkin tidak membuat periode flu menjadi semakin lama, hanya saja minuman ini dapat membuat kamu jadi makin tidak nyaman. Sebab susu membuat dahak terasa lebih tebal dan bahkan dikutip dari Bustle, susu berpotensi mengganggu sistem kekebalan tubuh saat sedang flu.

Baca Juga: 7 Makanan Sehat Khas Kamboja yang Wajib Kamu Coba

4. Makanan berminyak

6 Makanan & Minuman Lezat Penyebab Flu Makin Parah, Sebaiknya HindariUnsplash.com/Tareq Ismail

Makanan yang berminyak dan gorengan memiliki sifat sulit dicerna oleh tubuh. Untuk itu, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan ini saat kamu sedang mengalami gejala flu.

5. Stroberi

6 Makanan & Minuman Lezat Penyebab Flu Makin Parah, Sebaiknya HindariUnsplash.com/Alexander Mils

Kendati termasuk dalam superfood, tapi sebaiknya stroberi tidak dikonsumsi saat kamu sedang flu. Sebab, stroberi adalah pelepas histamin yang dapat menyebabkan hidung mampet. Hal ini juga dapat menciptakan rasa tidak nyaman di hidung dan daerah sinus.

6. MSG

6 Makanan & Minuman Lezat Penyebab Flu Makin Parah, Sebaiknya Hindaridrtaylorwallace.com

Menurut The Journal of Head and Face Pain, terdapat bukti kuat bahwa MSG berkontribusi dalam memicu sakit kepala yang tentunya membuat pasien flu semakin tidak nyaman. Jadi, pastikan untuk menghindari zat aditif ini sebisa mungkin.

Demikian beberapa makanan yang perlu kamu hindari agar tidak membuat flu semakin parah. Selain itu, pastikan juga kamu cukup istirahat agar cepat sembuh.

Baca Juga: 8 Makanan Gelap yang Berhasil Mengelabui Lidah karena Rasa Lezatnya

Ekaay Photo Community Writer Ekaay

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You