Comscore Tracker

6 Tips Mudah Bikin Ketupat Lezat dan Gak Mudah Basi

Lebaran terasa kurang jika gak ada ketupat

Perayaan Lebaran rasanya kurang lengkap tanpa adanya ketupat. Pada umumnya orang-orang membuat ketupat dalam porsi banyak untuk para tamu yang berkunjung dan sebagai persediaan selama beberapa hari. Sayangnya terkadang ketupat yang telah dibuat dengan susah payah tersebut justru berair dan basi sebelum dapat dihabiskan.

Gak mau kan kalau setiap Lebaran selalu saja ada ketupat yang terbuang percuma? Maka dari itu, langsung aja simak tips supaya ketupat buatanmu lebih tahan lama dan pastinya sedap di bawah ini.

1. Pilih beras yang berkualitas

6 Tips Mudah Bikin Ketupat Lezat dan Gak Mudah Basimasakapaya.com

Tips pertama untuk dapat membuat ketupat enak dan tidak mudah berair adalah pastikan beras yang hendak kamu pakai memiliki kualitas bagus. Ciri-ciri paling gampang untuk mengetahui apakah beras berkualitas adalah bentuknya bagus dan tidak mudah patah, tidak berkerikil, tidak bau apek, dan bersih. Setelah itu jangan lupa cuci beras hingga bersih, rendam selama 30 menit, dan tiriskan.

2. Isikan beras ke dalam kulit ketupat dengan porsi yang tepat

6 Tips Mudah Bikin Ketupat Lezat dan Gak Mudah Basijateng.tribunnews.com

Hal yang gak kalah penting dalam membuat ketupat yang bagus adalah cara pengisian. Pastikan kamu mengisi kulit ketupat dengan porsi yang pas yaitu sebanyak 2/3 bagian kulit ketupat. Hal ini penting agar ketupat yang kamu masak memiliki tekstur yang lembut dan empuk. Kalau kamu terlalu banyak mengisikan beras ke dalam kulit ketupat, maka ketupat buatanmu akan sulit matang dan bertekstur keras. Sebaliknya, terlalu sedikit memasukkan beras juga akan membuat ketupat menjadi lembek dan mudah berair.

Baca Juga: 7 Hidangan Khas Lebaran Cocok Sebagai Teman Makan Ketupat

3. Rebus ketupat hingga benar-benar matang

6 Tips Mudah Bikin Ketupat Lezat dan Gak Mudah Basigulalives.co

Saat merebus ketupat, pastikan semua bagian ketupat tercelup ke dalam air. Selain itu, kamu juga harus merebus ketupat hingga benar-benar matang sempurna selama kira-kira 5 jam. Hal ini penting agar semua bakteri yang ada di dalam beras dan kulit ketupat benar-benar mati, sehingga ketupat tidak mudah basi. Ditambah, merebus ketupat hingga benar-benar matang mampu membuat ketupat tidak mudah lembek dan berair.

4. Siram ketupat matang dengan air dingin

6 Tips Mudah Bikin Ketupat Lezat dan Gak Mudah Basimaggi.com.my

Setelah matang sempurna, segera angkat ketupat buatanmu dan siram dengan air dingin. Ini bertujuan untuk membersihkan lendir dari janur yang menempel pada ketupat yang telah matang dan juga menghilangkan kotoran pada sisa air rebusan agar ketupat tidak cepat basi dan berair.

5. Tiriskan hingga benar-benar kering

6 Tips Mudah Bikin Ketupat Lezat dan Gak Mudah Basiresepkoki.id

Salah satu penyebab ketupat mudah basi dan berlendir adalah karena mengandung banyak air. Maka dari itu, kamu perlu meniriskan ketupat hingga benar-benar kering. Taruh ketupat di atas wadah yang besar dan tidak menghalangi air untuk mengalir seperti tampah. Cara ini ampuh dalam mengurangi kadar air dalam ketupat sehingga ketupat dapat lebih tahan lama.

6. Simpan ketupat dengan cara digantung

6 Tips Mudah Bikin Ketupat Lezat dan Gak Mudah Basipanganpedia.com

Setelah ketupat benar-benar siap, kamu perlu menyimpan ketupat buatanmu dengan cara yang benar. Caranya, gantung ketupat di tempat yang kering dan terbuka. Cara ini dapat membantu meniriskan sisa air yang masih ada di dalam ketupat sehingga ketupat tidak mudah berair dan basi.

Dengan tips di atas, ketupat yang kamu buat bisa bertahan hingga 4 hari. Jadi, kamu gak perlu lagi membuang-buang ketupat karena basi.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Eka Amira Photo Community Writer Eka Amira

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You