Comscore Tracker

Mudah Dicari, 6 Bahan Alami yang Bisa Digunakan sebagai Pengembang Kue

Bisa bikin kue lembut juga

Pengembang merupakan salah satu bahan yang wajib ada saat membuat kue, fungsinya adalah untuk menambah volume kue. Bahan pengembang untuk kue ada bermacam-macam, seperti baking soda, baking powder, ragi, vx, dan ovalet, yang masing-masing memiliki kegunaannya masing-masing. Tanpa bahan pengembang, kue yang kamu buat akan menjadi bantat dan keras.

Tapi jika kamu tidak menemukan bahan pengembang untuk membuat kue, kamu tidak perlu khawatir. Sebab, ada beberapa bahan alami yang dapat kamu gunakan sebagai pengembang dalam membuat kue, tentunya dengan takaran yang pas. Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa kamu gunakan sebagai pengembang kue.

1. Air soda

Mudah Dicari, 6 Bahan Alami yang Bisa Digunakan sebagai Pengembang Kueunsplash.com/Nicole Wilcox

Air soda dapat digunakan sebagai bahan pengembang alami yang bertindak sebagai agen ragi dengan cara menambah volume makanan yang dipanggang tanpa menggunakan baking powder atau baking soda. Namun, jumlah natrium bikarbonat yang ada dalam air soda sangat minim, jadi sebaiknya hanya digunakan dalam resep yang hanya membutuhkan sedikit bahan pengembang.

Air soda sangat cocok digunakan untuk membuat kue yang lembut dan lembap, misalnya pancake atau bolu. Untuk hasil terbaik, sebaiknya air soda digunakan untuk menggantikan bahan pengembang sekaligus bahan cair dalam resep.

2. Molase

Mudah Dicari, 6 Bahan Alami yang Bisa Digunakan sebagai Pengembang KueHealthline.com

Molase atau yang memiliki nama lain tetes tebu adalah pemanis yang terbentuk sebagai produk samping dari produksi gula dan sering digunakan sebagai pengganti gula rafinasi. Tapi selain digunakan sebagai pemanis, molase juga dapat digunakan sebagai pengembang dalam membuat kue untuk menggantikan baking powder.

Selain menggantikan penggunaan baking powder, molase juga dapat digunakan untuk mengurangi takaran pemanis yang dibutuhkan dalam resep.

3. Buttermilk

Mudah Dicari, 6 Bahan Alami yang Bisa Digunakan sebagai Pengembang Kueunsplash.com/Nikolai Chernichenko

Buttermilk adalah produk susu fermentasi dengan rasa asam yang hampir mirip dengan yogurt. Buttermilk dibuat dengan menambahkan kultur bakteri ke dalam susu dan memungkinkan terjadinya fermentasi yang memecah gula menjadi asam.

Karena keasamannya, buttermilk dapat digunakan sebagai pengganti baking powder dalam membuat kue. Buttermilk biasanya digunakan untuk membuat kue dengan tekstur lembut dan basah, seperti bolu, muffin, pancake, dan aneka macam roti.

Baca Juga: 5 Jenis Keju yang Paling Umum untuk Kue Kering, Ide Olahan Lebaran!

4. Yogurt

Mudah Dicari, 6 Bahan Alami yang Bisa Digunakan sebagai Pengembang Kueunsplash.com/Micheile Henderson

Mirip seperti buttermilk, yogurt juga diproduksi melalui fermentasi susu. Proses fermentasi memecah gula dan meningkatkan konsentrasi asam laktat, yang menurunkan pH dan meningkatkan keasaman yogurt.

Yogurt tawar memiliki kelebihan dibanding bahan lainnya karena dapat digunakan sebagai pengembang kue tanpa mengubah rasa. Untuk mempertahankan konsistensi adonan, pastikan kamu mengurangi jumlah air dalam resep saat menambahkan yogurt sebagai pengembang.

5. Cuka

Mudah Dicari, 6 Bahan Alami yang Bisa Digunakan sebagai Pengembang Kueinstagram.com/heinz_sg

Asam pada cuka sangat cocok digunakan sebagai pengganti baking powder, terlebih jika dipadukan dengan baking soda untuk membuat kue. Meskipun semua jenis cuka dapat digunakan sebagai bahan pengembang untuk kue, tapi cuka putih memiliki keunggulan karena memiliki rasa paling netral dan tidak akan mengubah warna produk akhir.

6. Putih telur kocok

Mudah Dicari, 6 Bahan Alami yang Bisa Digunakan sebagai Pengembang Kueunsplash.com/Caroline Attwood

Putih telur yang dikocok dapat membuat kue menjadi lebih mengembang dan lembut, bahkan hasilnya lebih baik daripada menggunakan baking powder. Ini karena proses mengocok putih telur menghasilkan gelembung udara kecil yang meningkatkan volume. Metode ini paling sering digunakan dalam souffle, pancake, meringue, dan jenis kue tertentu.

Agar kue yang ingin kamu buat menjadi sangat lembut dan ringan, kamu perlu mengocok putih telur dengan kecepatan rendah sampai berbusa, lalu tingkatkan kecepatannya sampai telur yang dikocok menjadi sedikit kaku. Setelah itu, masukkan bahan lainnya ke dalam telur yang telah dikocok.

Itulah beberapa bahan alami yang dapat digunakan sebagai pengembang saat membuat kue. Jadi, jangan bingung lagi kalau kamu kehabisan baking powder atau baking soda saat membuat kue 

Baca Juga: 5 Bahan Makanan yang Bisa Bikin Cita Rasa Masakan Jadi Maksimal!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya