Comscore Tracker

Jangan Keliru, Ini 6 Cara Menggoreng agar Makanan Lebih Lezat & Sehat

Selama ini kamu sudah benar? 

Tidak diragukan lagi bahwa makanan yang digoreng adalah salah satu jenis makanan paling lezat. Hampir semua jenis makanan cocok jika diolah dengan digoreng, mulai dari daging, ikan, telur, hingga sayuran.

Meski menggoreng bisa membuat rasa makanan menjadi jauh lebih enak, namun menggoreng makanan juga berpotensi membuat nilai gizinya menurun jika tidak disiapkan dengan benar. Tak hanya itu, proses menggoreng yang kacau juga bisa menyebabkan makanan justru cepat lembek dan kurang menarik.

Untungnya, ada beberapa tips menggoreng yang bisa membuat makanan yang digoreng jadi lebih sehat dan tetap lezat. Untuk tahu lebih jelasnya, simak pembahasan di bawah ini.

1. Gunakan minyak zaitun

Jangan Keliru, Ini 6 Cara Menggoreng agar Makanan Lebih Lezat & Sehatunsplash.com/Roberta Sorge

Minyak zaitun bisa jadi jenis minyak terbaik yang bisa kamu gunakan untuk menggoreng. Minyak zaitun sendiri memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, sehingga memiliki keunggulan dibandingkan dengan minyak lainnya.

Minyak zaitun juga lebih stabil pada suhu tinggi dibandingkan dengan minyak jagung, minyak bunga matahari, dan minyak kedelai. Sehingga, kamu bisa menggunakannya lebih lama daripada minyak goreng jenis lain, dan kualitas serta nutrisinya tetap terjaga.

2. Pastikan minyak selalu bersih

Jangan Keliru, Ini 6 Cara Menggoreng agar Makanan Lebih Lezat & Sehatunsplash.com/Wine Dharma

Penting untuk memastikan minyak goreng yang digunakan selalu dalam keadaan bagus dan bersih. Jika kamu membiarkan minyak goreng menjadi tua dan kotoran menumpuk, minyak akan mudah gosong, dan makanan yang kamu goreng juga akan terasa gosong.

Lebih buruk lagi, menggunakan minyak tua juga berarti minyak tersebut mungkin sudah kehilangan nutrisinya. Jadi, untuk menjaga makanan tetap enak dan bergizi, kamu perlu sesering mungkin menghilangkan kotoran dalam minyak dan mengganti minyak begitu minyak mulai menua.

3. Gunakan minyak dalam jumlah yang tepat

Jangan Keliru, Ini 6 Cara Menggoreng agar Makanan Lebih Lezat & Sehatunsplash.com/Bernard Tuck

Agar hasil gorengan terasa lezat dan matang sempurna, kamu harus menggunakan minyak dalam jumlah yang tepat. Hal ini tergantung ukuran panci dan jenis masakan.

Minyak yang cukup dalam wajan sangat penting untuk menghasilkan kulit yang renyah. Ini juga akan mengurangi risiko minyak terlalu panas dan menghasilkan produk sampingan yang berbahaya.

Baca Juga: 5 Tips Ampuh Menghilangkan Noda Minyak pada Wadah Plastik 

4. Tiriskan dengan benar

Jangan Keliru, Ini 6 Cara Menggoreng agar Makanan Lebih Lezat & Sehatunsplash.com/Silvia Yohani

Jangan pernah langsung memindahkan makanan yang baru saja di goreng ke atas piring. Sebab, hal ini dapat menyebabkan peresapan minyak berlebih pada makanan. Peresapan minyak berlebih ke dalam makanan bukan hanya tidak sehat, tapi juga akan mengurangi kekenyalan dan berisiko terjadi pengembunan yang mengurangi cita rasa gorengan.

Cara yang benar adalah, letakkan tisu di atas cooling rack dan pindahkan makanan yang telah digoreng ke cooling rack berlapis tisu ini. Cara ini akan mencegah minyak berlebih meresap ke dalam makanan. 

5. Buat adonan yang tepat

Jangan Keliru, Ini 6 Cara Menggoreng agar Makanan Lebih Lezat & Sehatpexels.com/kaboompics.com

Adonan yang baik sangat penting untuk mendapatkan makanan yang enak. Tetapi adonan yang tidak tepat justru menyebabkan makanan jadi tidak sehat dan berminyak.

Kebanyakan orang suka menggunakan tepung serbaguna untuk adonan. Tepung serbaguna bekerja dengan baik karena mengandung gluten, yang akan menempel pada makanan dengan sangat baik. Tetapi, tepung serbaguna juga dapat menyerap banyak minyak. Alih-alih menggunakan tepung serba guna yang tinggi gluten, kamu bisa menggunakan bahan bebas gluten, seperti tepung jagung atau tepung beras dalam adonan.

Selain itu, cara lainnya untuk membantu meningkatkan kualitas makanan yang digoreng adalah dengan menggunakan soda kue di dalam adonan. Saat dimasak, bahan ini akan melepaskan gelembung gas, yang akan membantu mengurangi penyerapan minyak dalam makanan.

6. Perhatikan ketepatan suhu minyak

Jangan Keliru, Ini 6 Cara Menggoreng agar Makanan Lebih Lezat & Sehatunsplash.com/Thomas Park

Hal yang wajib kamu pahami saat membuat gorengan yang sehat adalah memastikan suhu minyak yang tepat. Suhu ideal untuk minyak goreng adalah antara 163 - 204 derajat Celcius. Jika minyak goreng tidak cukup panas, makanan akan matang lebih lama dan menyebabkan lebih banyak minyak yang terserap. Tapi, jika suhu minyak terlalu panas, ini dapat menyebabkan minyak goreng hangus dan berasap, yang akan membuat masakan terasa tidak enak, tetapi juga meningkatkan risiko keamanan.

Selain itu, pilihlah penggorengan daripada menggunakan wajan. Sebab, ini akan mengurangi risiko keselamatan, dan lebih mudah dalam menjaga kondisi minyak.

Itulah tips menggoreng agar lebih lezat dan sehat. Selama ini, nomor berapa saja nih yang belum kamu ketahui? Nah, setelah tahu tips ini, jangan lupa untuk mempraktikkannya dan membuat makanan yang digoreng lebih lezat dan sehat.

Baca Juga: 7 Tips Menggoreng Makanan agar Gak Mudah Gosong

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya