Comscore Tracker

Hemat Waktu! Ini 5 Metode Mudah dan Cepat Mengupas Cangkang Telur

Sangat membantu saat kamu harus masak besar

Meskipun tampak sepele, mengupas cangkang telur sebenarnya susah-susah gampang. Aktivitas ini bisa memakan cukup banyak waktu. Selain itu juga sering kali permukaan telur menjadi rusak akibat kegiatan mengupas kulit telur. Belum lagi jika kamu harus memasak dan mengupas banyak cangkang telur, tentu ini akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Oleh sebab itu, kamu mungkin memerlukan metode khusus untuk mengupas cangkang telur.

Berikut ini kumpulan metode mengupas cangkang telur yang mudah dan hemat waktu. Yuk, simak baik-baik!

1. Tiup

Hemat Waktu! Ini 5 Metode Mudah dan Cepat Mengupas Cangkang Telurpixabay/stevepb

Metode mengupas cangkang telur unik ini dimulai dengan mengetuk ujung bawah telur dan mengelupas sedikit cangkang telur, lalu mengetuk bagian atas telur dan mengupas cangkang seukuran koin. Kemudian, pegang telur dengan tangan, angkat ke arah mulut, dan tiup dengan keras sampai telur keluar dengan sendirinya.

Dengan metode ini, kamu bisa mengupas cangkang telur hanya dalam hitungan detik. Akan tetapi, karena metode ini mengharuskan telur untuk kontak dekat dengan mulut, sebaiknya hanya gunakan metode ini jika kamu ingin menyajikan telur untuk dirimu sendiri.

2. Didinginkan terlebih dahulu

Hemat Waktu! Ini 5 Metode Mudah dan Cepat Mengupas Cangkang Telurpixabay.com/Bru-nO

Pada teknik ini, telur rebus mula-mula direndam sepenuhnya dalam air dingin dan disimpan dalam lemari pendingin selama sekitar satu jam hingga tiga hari. Ini karena telur akan lebih mudah dikupas saat dingin karena putih telur mengerut menjauh dari cangkang.

Hasilnya, cara ini membuat telur dapat dikupas dengan sangat mudah dan bersih. Kekurangannya, metode ini mungkin kurang cocok saat kamu sedang terburu-buru karena mengharuskan telur didinginkan selama minimal 1 jam.

Baca Juga: 5 Resep Telur Orak-arik yang Enak dan Mudah, Gak Kalah Sama McDonald's

3. Retak dan gulingkan di atas meja

Hemat Waktu! Ini 5 Metode Mudah dan Cepat Mengupas Cangkang Telurpexels.com/ksenia chernaya

Pada metode ini, mula-mula kamu perlu mengetuk telur di atas meja, lalu menggelindingkannya di permukaan sambil memberikan tekanan lembut dengan telapak tangan. Ini menciptakan banyak retakan kecil di atas cangkang, yang kemudian bisa kamu kelupas dengan mudah.

Metode ini memungkinkan terbentuknya banyak retakan kecil di seluruh permukaan cangkang yang sering kali dapat membantu menarik selaput yang melekat sehingga cangkang dapat terlepas tanpa kamu harus mengelupasnya. Metode ini juga sangat cocok dipraktikkan dalam segala situasi karena tidak memerlukan alat khusus atau waktu tunggu yang lama.

4. Kupas di bawah air

Hemat Waktu! Ini 5 Metode Mudah dan Cepat Mengupas Cangkang Telurpexels.com/Karolina Grabowska

Teknik ini membutuhkan mangkuk dengan kedalaman yang cukup dalam, kemudian isi dengan air bersuhu ruangan. Selanjutnya, rendam telur di bawah air di dalam mangkuk. Lalu, pecahkan telur di bagian bawah atau samping mangkuk, dan lepaskan cangkangnya di bawah air.

Teknik ini memungkinkan cangkang terlepas sempurna dengan sangat mudah. Hasil telurnya pun berkilau dan halus. Ini karena setelah cangkang retak, air membantu memisahkan kedua membran dengan lembut, yang membuatnya lebih mudah untuk dikupas.

5. Rebus telur dengan air yang sudah mendidih

Hemat Waktu! Ini 5 Metode Mudah dan Cepat Mengupas Cangkang Telurpixabay.com/stux

Alih-alih mulai merebus telur dengan air dingin, sebaiknya kamu merebus telur dengan air yang sudah mendidih untuk memudahkan proses pengelupasan. Ini karena memasukkan telur langsung ke air yang sudah panas membantu telur matang lebih cepat. Akhirnya, ini membuat telur sulit untuk menempel pada cangkang.

Setelah matang, segera rendam telur ke dalam wadah berisi air es untuk menghentikan proses memasak dan mencegah telur menjadi lengket dengan cangkangnya. Sebenarnya, kamu cukup mendinginkan telur selama 1 atau 2 menit. Namun, jika ingin proses pengelupasan menjadi lebih mudah, kamu bisa merendamnya dalam waktu yang lebih lama.

Itulah kumpulan teknik mengelupas cangkang telur yang mudah dan cepat. Silakan dipraktikkan dan semoga cara ini dapat membantu kamu menghemat waktu mengupas cangkang telur.

Baca Juga: 5 Tips Mengolah Telur Ikan yang Tepat agar Tak Mudah Hancur, Mudah!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya