Comscore Tracker

Coba, yuk! 7 Cara Mudah Menghilangkan Bau Amis pada Peralatan Masak

Gak susah kok

Daging ayam, kambing, sapi, ikan, dan seafood adalah beberapa bahan makanan yang memiliki cita rasa alami yang sedap dan mudah diolah. Itu sebabnya, bahan makanan tersebut menjadi favorit banyak orang.

Sayangnya, tak jarang setelah memasak daging dan ikan, bau amis pada bahan makanan ini akan tertinggal di peralatan memasak. Selain menyebabkan bau tak sedap, kadang hal ini juga mempengaruhi cita rasa masakan selanjutnya.

Namun, jangan khawatir, masalah ini dapat diselesaikan dengan cara yang cukup sederhana dan bahan-bahan yang mudah ditemukan. Berikut ini beberapa cara menghilangkan bau amis pada peralatan masak.

1. Rendam dengan campuran bubuk kopi dan air 

Coba, yuk! 7 Cara Mudah Menghilangkan Bau Amis pada Peralatan Masakunsplash.com/Mauro Lima

Bubuk kopi telah lama dimanfaatkan untuk mengatasi bau tak sedap. Nah, kamu juga bisa menggunakan bubuk kopi untuk mengatasi bau tak sedap pada peralatan memasak.

Caranya, tuang 1 atau 2 sendok makan bubuk kopi di alat masak yang bau kemudian tambahkan air. Rebus selama 2 atau 3 menit. Setelah itu, diamkan kopi di dalam alat masak selama 20 menit dan cuci bersih dengan sabun pencuci piring.

2. Gosok dengan campuran baking soda, cuka, dan lemon

Coba, yuk! 7 Cara Mudah Menghilangkan Bau Amis pada Peralatan Masakdentalblu.com

Selain dapat digunakan sebagai pengembang dalam membuat kue, baking soda juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bau amis yang kuat pada peralatan memasak.

Caranya, campurkan 2 sendok makan baking soda dengan 4-5 sendok makan cuka serta lemon yang telah diiris tipis-tipis. Setelah itu, gunakan campuran ini untuk membersihkan peralatan memasak.

3. Taruh irisan kentang dan garam

Coba, yuk! 7 Cara Mudah Menghilangkan Bau Amis pada Peralatan Masakunsplash.com/Lars Blankers

Kentang juga sudah terbukti mampu menghilangkan segala jenis bau, termasuk bau amis akibat ikan dan daging. Caranya, potong kentang dalam irisan tebal dan taburkan sedikit garam di kedua sisinya. Kemudian, tempatkan irisan kentang ini di alat masak yang bau selama sekitar 10-15 menit dan kemudian cuci bersih.

Baca Juga: 10 Peralatan Dapur Elektronik yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga

4. Rebus dengan cuka putih

Coba, yuk! 7 Cara Mudah Menghilangkan Bau Amis pada Peralatan Masakinstagram.com/heinz_sg

Tak hanya menjadi penyedap rasa pada berbagai jenis makanan, cuka putih juga bisa jadi pembersih yang sangat baik untuk menetralkan bau menyengat di peralatan dapur. Cukup tuangkan secangkir cuka putih di alat masak yang bau kemudian rebus selama 10-15 menit. Cara ini dijamin dapat menghilangkan bau amis yang sangat kuat sekalipun.

5. Rendam dengan air rebusan kayu manis

Coba, yuk! 7 Cara Mudah Menghilangkan Bau Amis pada Peralatan Masakunsplash.com/Mae Mu

Kayu manis adalah bumbu dapur yang ampuh untuk menangkal bau amis pada peralatan masak. Caranya, masukkan bubuk kayu manis ke dalam alat masak yang hendak dibersihkan, tambahkan dengan 3 atau 4 gelas air, lalu rebus selama 5 menit. Setelah itu, biarkan dingin dan cuci untuk menghilangkan sisa bau tak sedap.

6. Manfaatkan kulit lemon

Coba, yuk! 7 Cara Mudah Menghilangkan Bau Amis pada Peralatan Masakunsplash.com/okeykat

Asam sitrat yang ada dalam kulit lemon adalah agen pembersih yang sangat ampuh sekaligus dapat membantu mengatasi bau masakan yang tertinggal di peralatan dapur.

Yang harus kamu lakukan hanyalah merebus kulit lemon segar dan air di alat masak berbau amis selama 20-30 menit kemudian mencucinya. Kalau kesulitan mendapatkan kulit lemon, kamu juga bisa menggunakan kulit jeruk.

7. Gosok dengan potongan lemon dan garam

Coba, yuk! 7 Cara Mudah Menghilangkan Bau Amis pada Peralatan Masakunsplash.com/Louis Hansel

Langkah sederhana lainnya yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi bau amis pada peralatan masak ialah menggosoknya menggunakan lemon dan garam halus. Cukup siapkan 2 atau 3 buah lemon kemudian potong masing-masing menjadi dua bagian serta siapkan semangkuk garam.

Oleskan potongan lemon yang sudah dibelah dua ke dalam mangkuk garam lalu gunakan untuk menggosok peralatan masak yang berbau amis. Pastikan kamu menggosok semua bagian dengan baik. Biarkan selama 15-20 menit kemudian cuci dengan cairan pencuci piring.

Untuk mencegah bau amis pada masakan menempel dengan kuat di peralatan memasak, pastikan kamu segera mencuci bersih semua peralatan masak setelah dipakai.

Download aplikasi masak Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: 6 Bahan yang Ampuh untuk Membersihkan Noda Gosong pada Peralatan Dapur

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Yudha
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya