Comscore Tracker

7 Cemilan Gurih Ini Cocok Disajikan Saat Lebaran, Bikin Ketagihan!

Biar gak bosen sama yang manis-manis terus

Hari raya Idul Fitri identik dengan kegiatan silaturahmi dari rumah ke rumah serta makanan yang berlimpah. Biasanya makanan yang disajikan disajikan untuk menjamu para tamu yang berkunjung adalah kue kering dengan cita rasa yang serba manis. Tapi sayangnya, karena di tiap rumah kudapan yang disajikan rata-rata memiliki rasa yang manis, bahkan cenderung itu-itu saja, para tamu pun jadi bosan dan cenderung enggan menyentuh kudapan yang disuguhkan.

Nah, gak ada salahnya lho di momen Lebaran tahun ini kamu menyuguhkan camilan gurih untuk para tamu yang berkunjung ke rumahmu. Lantas camilan gurih apa saja yang cocok disajikan saat Lebaran dan pastinya cocok dengan lidah orang Indonesia? Langsung aja cek di bawah ini.

1. Kacang bawang

7 Cemilan Gurih Ini Cocok Disajikan Saat Lebaran, Bikin Ketagihan!Fimela.com

Bosan dengan yang manis-manis, cemilan sederhana ini bisa banget kamu suguhkan pada para tamu yang berkunjung. Kalau kamu ingin menghemat budget Lebaran, kamu bisa kok membuat kacang bawang sendiri. Caranya pun cukup mudah, kupas kulit ari kacang tanah, lalu rendam dengan santan hingga meresap, goreng hingga matang dan tambahkan irisan bawang putih goreng. Selain lezat, kacang bawang juga bisa menjadi cemilan yang menyehatkan karena kacang mengandung berbagai nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

2. Lanting

7 Cemilan Gurih Ini Cocok Disajikan Saat Lebaran, Bikin Ketagihan!kebumenhow.com

Lanting merupakan kudapan lezat khas kebumen yang berbentuk angka 8 dan terbuat dari singkong. Kudapan ini biasanya dijadikan teman saat sedang bersantai ataupun mengerjakan tugas. Seiring perkembangan zaman, lanting gak hanya disajikan dengan rasa gurih dari garam dan bawang tetapi telah berinovasi dengan berbagai varian rasa lainnya seperti balado, keju, barbeque. Lanting ini sudah memiliki banyak penggemar, sehingga cocok dijadikan kudapan di hari raya Idul Fitri.

3. Rengginang

7 Cemilan Gurih Ini Cocok Disajikan Saat Lebaran, Bikin Ketagihan!indonesiakaya.com

Cemilan gurih yang satu ini kerap menjadi isian kaleng biskuit saat isi yang asli telah habis. Padahal kamu gak perlu menunggu toples Lebaranmu kosong untuk membuat camilan yang satu ini. Sebab, cemilan berbahan dasar beras ketan ini memiliki cita rasa dan tekstur yang cocok banget dengan lidah orang Indonesia. Dijamin saat kamu menyuguhkan rengginang di atas meja makan, camilan ini bakal terlihat beda dan paling menarik minat tamu untuk mencicipinya.

Baca Juga: 5 Camilan Khas Jawa yang Jadi Favorit Saat Lebaran

4. Emping

7 Cemilan Gurih Ini Cocok Disajikan Saat Lebaran, Bikin Ketagihan!genpibanten.com

Lebaran selalu identik dengan sajian ketupat dan opor ayam. Supaya lebih mantap, kamu bisa menambahkan emping untuk menemani opor ayam ataupun untuk menjamu para tamu. Emping sendiri terbentuk dari mlinjo yang disangrai dan ditumbuk hingga tipis. Rasanya yang gurih dengan sedikit sensasi pahit membuat siapapun yang mencicipi emping gak akan bisa berhenti mengunyah.

5. Keripik bawang

7 Cemilan Gurih Ini Cocok Disajikan Saat Lebaran, Bikin Ketagihan!tehnoblogija.com

Cemilan mirip pingsit ini juga cocok disajikan pada momen Idul Fitri untuk menjamu para tamu. Keripik bawang terbuat dari tepung terigu, sagu, bawang merah atau, margarin, telur, santan, dan irisan daun bawang. Kudapan ini memiliki rasa yang gurih serta aroma yang menggugah selera. Cocok buat kamu yang bosan dengan kue kering manis.

6. Kue gabus

7 Cemilan Gurih Ini Cocok Disajikan Saat Lebaran, Bikin Ketagihan!cookpad.com

Dinamai kue gabus karena bentuknya yang mirip dengan telur ikan gabus. Cemilan ini memiliki tampilan yang putih dan berbentuk lonjong dengan rasa yang gurih. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kudapan ini antara lain tepung tapioka, air, penyedap rasa, dan gula. Sajikan di atas meja dan kue ini akan banyak dilirik oleh tamu yang sudah bosan dengan kue kering dan kudapan manis.

7. Sumpia udang

7 Cemilan Gurih Ini Cocok Disajikan Saat Lebaran, Bikin Ketagihan!traditionalcake.id

Diberi nama demikian mungkin lantaran bentuk kudapan ini mirip dengan lumpia versi mini. Akan tetapi, rasanya jauh berbeda dengan lumpia lho, bahkan isinya pun tidak sama samasekali. Sumpia udang terbuat dari kulit lumpia yang dipotong kecil-kecil, lalu diisi dengan abon udang ataupun ebi, dan digulung, kemudian digoreng. Kudapan ini memiliki cita rasa yang gurih dengan wangi yang sangat khas. Cocok banget dijadikan kudapan di hari raya Idul Fitri nanti.

Gimana? Tertarik menyajikan kudapan gurih di atas pada momen Idul Fitri nanti?

Baca Juga: Resep Kukis Lemon Thumbprint, Camilan Nikmat yang di Hari Raya

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Empty

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya