Comscore Tracker

Enaknya Kebangetan, 5 Inspirasi Olahan Babat Sapi yang Empuk & Tak Bau

Tertarik mencoba?

Babat sapi merupakan bahan makanan yang memiliki rasa yang khas dan cukup digemari. Sayangnya, karena babat memiliki tekstur yang alot dan bau yang tidak sedap, maka babat tidak boleh diolah secara sembarangan.

Sebenarnya, babat bisa diolah menjadi bermacam-macam hidangan. Nah, agar babat sapi tidak alot, amis, dan lezat, kamu bisa mengolah babat sapi menjadi hidangan berikut ini.

1. Babat gongso

Enaknya Kebangetan, 5 Inspirasi Olahan Babat Sapi yang Empuk & Tak Bauinstagram.com/voilajogja

Jika kamu ingin hidangan babat yang empuk dan manis, kamu bisa mengolah babat menjadi babat gongso. Babat gongso adalah olahan babat yang sangat populer di daerah Semarang dan sekitarnya. Pada sajian ini, babat dipotong kecil-kecil lalu direbus dengan jahe dan garam agar tidak alot.

Setelah itu, babat digongso dengan menggunakan berbagai macam rempah-rempah, gula jawa, kecap manis, garam, dan air hingga meresap sempurna. Agar lebih nikmat, sajikan babat gongso dengan nasi hangat, taburan bawang goreng, dan kerupuk.

2. Babat goreng sambal korek

Enaknya Kebangetan, 5 Inspirasi Olahan Babat Sapi yang Empuk & Tak Bauinstagram.com/gappyputri

Babat goreng sambal korek merupakan olahan babat yang populer di daerah Madura. Proses pengolahan dan bumbu yang dibutuhkan pun juga cukup sederhana. Yaitu daging babat direbus dengan jahe dan daun salam, kemudian digoreng, dan disajikan dengan sambal korek.

Walaupun pengolahannya sangat mudah, tapi kelezatan babat goreng sambal korek ini tidak perlu diragukan.

Baca Juga: 5 Tips Mengolah Babat Sapi Agar Tidak Alot dan Bau

3. Gulai babat

Enaknya Kebangetan, 5 Inspirasi Olahan Babat Sapi yang Empuk & Tak Bauinstagram.com/sweet_oceana

Kalau kamu menyukai olahan babat dengan kuah santan yang pedas, dijamin kamu akan suka olahan gulai babat. Untuk membuat gulai babat, mula-mula babat dicuci bersih dan direbus dengan rempah beraroma tajam untuk menghilangkan bau tak sedap. Setelah itu, air rebusan dibuang dan babat direbus dengan menggunakan santan, berbagai macam bumbu, dan cabe utuh.

Empuknya babat sapi, ditambah gurihnya kuah santan dan rempah-rempah yang mantap dijamin membuat kamu sulit berhenti mengunyah.

4. Soto babat

Enaknya Kebangetan, 5 Inspirasi Olahan Babat Sapi yang Empuk & Tak Bauinstagram.com/kulinerjabodetabek

Jika kamu ingin sajian babat dengan kuah yang segar, soto babat bisa jadi pilihan yang cocok untukmu. Untuk membuat soto babat, mula-mula babat sapi harus dicuci bersih dan direbus dengan rempah-rempah agar tidak bau.

Setelah itu, babat sapi yang sudah empuk dipotong kecil-kecil dan ditumis dengan bawang merah, bawang putih, daun jeruk, jahe, kunyit, ketumbar, kemiri, serai, lengkuas, dan kapulaga. Kemudian masukkan air, santan, garam, merica, dan gula. Terakhir, tambahkan tauge dan bawang goreng.

5. Sate babat

Enaknya Kebangetan, 5 Inspirasi Olahan Babat Sapi yang Empuk & Tak Bauinstagram.com/sbykulinerinfo

Di Indonesia olahan sate ada bermacam-macam. Nah, kamu bisa mencoba membuat sajian sate dengan bahan babat sapi. Caranya, rebus babat dengan jahe dan salam untuk menghilangkan bau amis. Setelah empuk, potong babat menjadi kecil-kecil. Kemudian tumis babat dengan bawang merah, bawang putih, kemiri, kecap manis, dan daun salam.

Tambahkan santan, gula, dan garam, lalu aduk-aduk sampai bumbu meresap. Terakhir, tusuk babat menggunakan tusuk sate lalu bakar hingga matang. Jangan lupa olesi dengan bumbu selama proses pembakaran. Sajikan bersama lontong dan sambal.

Demikian tadi beberapa olahan babat sapi yang lezat, empuk, dan tidak bau. Tertarik mengolah babat menjadi menu di atas?

Download aplikasi masak Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: 5 Nasgor Babat Gongso Terlezat di Semarang, Wajib Coba Semuanya!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya