Comscore Tracker

5 Kiat Jitu Menghindari Makanan yang Berlebih di Bulan Ramadan 

#RamadanMasaKini Yuk hindari pemborosan

Logikanya, di bulan Ramadan setiap orang akan menjadi lebih hemat karena tidak perlu mengeluarkan uang untuk keperluan makan siang. Tapi faktanya, mayoritas orang justru memanfaatkan momen buka puasa sebagai ajang balas dendam dan membeli makanan secara berlebihan. Sebenarnya hal ini sah-sah saja jikalau memang semua makanan tersebut dapat habis nantinya. Tapi, akan sangat disayangkan kalau makanan tersebut tersisa, lalu basi, dan pada akhirnya harus dibuang.

Selain pemborosan, hal tersebut juga menandakan kamu kurang bisa menghargai makanan. Padahal di luar sana masih banyak saudara-saudara kita yang kelaparan, sedangkan kamu malah menghamburkan uang untuk membeli makanan yang tidak bisa kamu habiskan. Untuk itu, yuk simak kiat agar gak ada makanan berlebih di bulan puasa ini.

1. Buat daftar belanja terlebih dahulu

5 Kiat Jitu Menghindari Makanan yang Berlebih di Bulan Ramadan Unsplash.com/Lonely Planet

Supaya gak bingung dan akhirnya kalap saat belanja, yuk biasakan membuat daftar berisi apa saja yang hendak kamu beli, baik makanan jadi maupun bahan mentah. Selain menghindari over budget, hal ini penting sekali agar kamu tidak membeli di luar kapasitas yang bisa kamu makan dan akhirnya terbuang sia-sia.

2. Pastikan kamu membeli dan memasak segala sesuatunya sesuai porsi

5 Kiat Jitu Menghindari Makanan yang Berlebih di Bulan Ramadan livekindly.com

Beberapa bahan makanan tidak bisa dihangatkan untuk kemudian di makan nanti, seperti sayur bayam. Nah, sayang sekali kan kalau akhirnya kamu harus membuang sejumlah makanan tesebut. Maka dari itu, kamu wajib memperhitungkan porsi yang biasa keluargamu makan. Catat pula jika ada anggota keluarga yang berencana berbuka di luar.

Baca Juga: 5 Dampak Buruk Makan Berlebihan Saat Buka Puasa, Hindari Ya!

3. Jangan lapar mata, ambillah makanan secukupnya saja

5 Kiat Jitu Menghindari Makanan yang Berlebih di Bulan Ramadan spotahome.com

Perut yang kosong dan tenggorokan yang kering memang sukses bikin kamu lapar mata. Terlebih di waktu sore mendekati buka puasa. Kamu pun cenderung membeli apa-apa yang menurutmu lezat. Padahal saat berbuka nanti, hanya dengan makan kurma, air putih, dan sedikit cemilan, lambungmu sudah langsung terisi penuh. Alhasil makananmu tersisa dan terbuang percuma. Oleh karena itu, biasakan untuk mengambil makanan secukupnya saja.

4. Olah kembali makanan sisa

5 Kiat Jitu Menghindari Makanan yang Berlebih di Bulan Ramadan sbs.com.au

Kalau kiranya ada makanan yang tersisa. Sebelum basi, lebih baik olah makanan sisa tersebut menjadi makanan lain. Misalnya, daging atau ikan yang kamu masak dengan kuah dan sudah terlalu lunak bisa kamu goreng kembali. Buah-buahan yang sudah terlalu matang bisa kamu olah menjadi kue ataupun jus. Berbagai roti yang tidak bisa kamu habiskan, bisa kamu lumuri panir lalu goreng.

5. Simpan makanan sisa dengan baik

5 Kiat Jitu Menghindari Makanan yang Berlebih di Bulan Ramadan Nbcnews.com

Saat ada makanan yang tersisa, segera bungkus dan masukkan ke dalam kulkas supaya lebih awet dan bisa kamu makan kembali nanti. Tapi jangan lupa, hangatkan makanan tersebut sebelum kamu konsumsi.

Itu tadi beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menghindari makan berlebihan saat Ramadan. Karena puasa sejatinya adalah untuk menahan diri bukan hanya dari lapar dan haus tetapi juga dari hal-hal yang berlebihan, yuk lebih bijak lagi dalam mengatur urusan makan.

Baca Juga: 8 Tips Mudah Menyimpan Makanan di Dalam Kulkas, biar Gak Gampang Busuk

Ekaay Photo Community Writer Ekaay

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You