Comscore Tracker

7 Makanan Enak yang Ternyata Memicu Bad Mood, Yuk Batasi Konsumsinya!

Jangan terlalu sering dikonsumsi ya

Makanan memiliki pengaruh besar terhadap kesehatan tubuh. Tidak hanya berhubungan dengan kesehatan fisik, tapi juga hubungan langsung dengan kesehatan mental dan emosional. Sederhananya, hal-hal seperti rasa kesal, sedih, bahagia, semuanya dapat dipicu oleh apa yang kamu konsumsi sehari-hari lho.

Dikutip dari Eat this, kalau kamu sering kali mengalami bad mood secara tiba-tiba, kamu perlu menghindari beberapa makanan berikut karena terbukti secara ilmiah memicu bad mood.

1. Minuman bersoda

7 Makanan Enak yang Ternyata Memicu Bad Mood, Yuk Batasi Konsumsinya!nypost.com

Minuman bersoda mengandung gula sederhana yang cepat diserap ke dalam aliran darah. Hal ini menyebabkan peningkatan energi yang cepat dan kemudian turun secara drastis, yang memengaruhi kontrol gula darah, tingkat energi, dan suasana hati. Hal ini juga berlaku bagi soda zero sugar atau soda nol kalori yang menggunakan aspartam sebagai pengganti gula konvensional.

2. Mentega putih

7 Makanan Enak yang Ternyata Memicu Bad Mood, Yuk Batasi Konsumsinya!guff.com

Mentega putih terbuat dari lemak olahan yang tinggi asam lemak omega-6 dan memicu peradangan. Serta dapat merusak mood dan kadar insulin sehat karena menghalangi asam lemak omega-3 yang membangun otak dan meningkatkan suasana hati.

Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan minyak zaitun daripada mentega putih karena lebih menyehatkan.

3. Margarin

7 Makanan Enak yang Ternyata Memicu Bad Mood, Yuk Batasi Konsumsinya!heartfoundation.org.au

Margarin mengandung lemak jenuh olahan dalam jumlah tinggi, yang mana lemak ini sangat berbeda dari lemak sehat seperti yang terdapat dalam minyak zaitun, kacang-kacangan, atau alpukat. Konsumsi margarin dapat menyebabkan ketidakseimbangan gula darah, yang menyebabkan perubahan suasana hati secara drastis dan juga penambahan berat badan.

Baca Juga: 8 Makanan Gelap yang Berhasil Mengelabui Lidah karena Rasa Lezatnya

4. Kacang kemasan

7 Makanan Enak yang Ternyata Memicu Bad Mood, Yuk Batasi Konsumsinya!friendsofelizabeth2.com

Sebagian besar kacang kemasan yang dijual di pasaran mengandung natrium ataupun MSG dalam jumlah yang tinggi. MSG sendiri merupakan perasa buatan yang memiliki efek samping dapat membuat seseorang merasa tertekan, lemah, lelah, dan sering murung atau sakit kepala.

Sebagai alternatif pengganti MSG, kamu bisa menambahkan rosemary bersama kacang panggang buatanmu sendiri.

5. Makanan kaleng

7 Makanan Enak yang Ternyata Memicu Bad Mood, Yuk Batasi Konsumsinya!lovefood.com

Selain kandungan natrium, kamu juga perlu memastikan bahwa makanan kaleng yang hendak kamu beli memiliki label BPA free. Sebab, zat kimia tambahan ini memiliki kontribusi nyata terkait dengan sejumlah gangguan mood kronis, seperti depresi dan kecemasan.

6. Kopi

7 Makanan Enak yang Ternyata Memicu Bad Mood, Yuk Batasi Konsumsinya!unsplash.com/Nathan_Dumlao

Kopi jika dikonsumsi dalam jumlah yang pas, bisa memberikan manfaat yang fantastis, tapi jika dikonsumsi secara berlebihan, maka dapat mendatangkan malapetaka.

Saat mengonsumsi kopi, tubuh akan menghasilkan kortisol, yang merupakan hormon stres utama. Kemudian terjadi peningkatan energi secara tajam yang mengakibatkan fungsi fisik dan mental menjadi sangat aktif. Setelah itu, kadar energi akan menurun secara signifikan, hal ini mengakibatkan seseorang jadi merasa mudah lelah, dan selanjutnya dapat menyebabkan gangguan yang lebih kronis seperti kelelahan adrenal, perubahan suasana hati, depresi, kecemasan, dan sebagainya.

7. Keripik kentang

7 Makanan Enak yang Ternyata Memicu Bad Mood, Yuk Batasi Konsumsinya!seriouseats.com

Biasanya bahan yang digunakan untuk menggoreng keripik kentang adalah minyak nabati, yang diketahui mengandung lemak jenuh dan asam lemak omega-6 dosis tinggi. Lemak jenis ini sendiri bekerja melawan asam lemak omega-3 yang baik dan dibutuhkan oleh tubuh. Hal ini dapat memengaruhi suasana hati dengan menyebabkan peradangan di seluruh tubuh dan menyebabkan berbagai ketidakstabilan mental dan emosional.

Demikian, buat kamu yang sering tiba-tiba bad mood, coba cek lagi apakah kamu sering mengonsumsi ketujuh makanan di atas. Kalau iya, bisa jadi pemicu bad mood kamu salah satunya adalah karena makanan. Jadi, yuk batasi konsumsi makanan di atas untuk mood lebih baik.

Baca Juga: 7 Makanan & Minuman Ini Ternyata Bisa Bikin Tulang Cepat Keropos Lho!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya