Comscore Tracker

7 Makanan & Minuman Lezat yang Memicu Penuaan Dini, Batasi Konsumsinya

Jangan berlebihan, girls

Penuaan adalah proses yang terjadi secara alami. Tapi, proses ini juga dipengaruhi oleh makanan yang kamu konsumsi. Selain mengonsumsi sejumlah makanan yang dapat memperlambat proses penuaan, kamu juga perlu menghindari makanan dan minuman yang secara signifikan dapat mempercepat terbentuknya tanda-tanda penuaan. Lantas apa saja makanan dan minuman tersebut? Berikut penjelasannya.

1. Alkohol

7 Makanan & Minuman Lezat yang Memicu Penuaan Dini, Batasi Konsumsinyaminibarglasgow.co.uk

Alkohol adalah minuman penyebab penuaan dini nomor satu. Alkohol menyebabkan dehidrasi, dan konsumsi alkohol yang berlebihan dapat mengurangi kadar mineral serta asam lemak esensial dan mempercepat timbulnya gejala penuaan, seperti kehilangan kolagen, keriput, kemerahan, dehidrasi, dan pembengkakan.

2. Gula

7 Makanan & Minuman Lezat yang Memicu Penuaan Dini, Batasi KonsumsinyaUnsplash.com/Joanna Kosinska

Mengkonsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung gula dapat merusak metabolisme dan meningkatkan kadar kolesterol. Gula tidak hanya menyebabkan penambahan berat badan tetapi juga menyebabkan keriput, kulit kendur, dan masalah kesehatan.

3. Gandum

7 Makanan & Minuman Lezat yang Memicu Penuaan Dini, Batasi KonsumsinyaUnsplash.com/Gaelle Maecel

Gandum mempercepat proses penuaan karena mengandung senyawa yang disebut AGEs (Advanced glycation end-products) atau produk akhir glikasi lanjut. Konsumsi makanan yang terbuat dari gandum secara berlebihan dapat menyebabkan diabetes dan kerusakan sel karena meningkatkan kadar gula darah dan mempercepat penuaan.

Baca Juga: 7 Makanan Khas Indonesia Sukses Curi Perhatian di Luar Negeri, Bangga 

4. Olahan jagung

7 Makanan & Minuman Lezat yang Memicu Penuaan Dini, Batasi KonsumsinyaUnsplash.com/Virgil Cayasa

Jagung mengandung fruktosa dengan kadar tinggi yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan asam lemak Omega 6 dan Omega 3 dan mengakibatkan penuaan dini.

5. Kafein

7 Makanan & Minuman Lezat yang Memicu Penuaan Dini, Batasi Konsumsinyahealthline.com

Kafein bertindak sebagai diuretik yang menyebabkan dehidrasi. Alhasil kulit menjadi lebih kering dan mempercepat terbentuknya keriput, garis-garis halus, dan kulit kusam. Yang mana semua gejala tersebut membuat wajah tampak lebih tua.

6. Minuman berenergi

7 Makanan & Minuman Lezat yang Memicu Penuaan Dini, Batasi KonsumsinyaUnsplash.com/Thom masat

Minuman berenergi mengandung kafein dengan kadar yang tinggi, yang merupakan penyebab utama terjadinya dehidrasi. Selain itu, gula yang digunakan sebagai bahan utama dalam minuman energi juga dapat mempercepat proses penuaan dan memperbanyak terbentuknya garis-garis halus dan kerutan.

7. Pasta

7 Makanan & Minuman Lezat yang Memicu Penuaan Dini, Batasi KonsumsinyaUnsplash.com/Eaters collective

Makan terlalu banyak karbohidrat olahan, seperti, pasta, dapat menyebabkan kolagen di kulit menjadi rusak, menghilangkan kekenyalan kulit, dan menyebabkan keriput. Sebab, karbohidrat olahan mengandung indeks glikemik tinggi yang dapat menyebabkan peradangan pada tubuh, yang secara langsung terkait dengan proses penuaan.

Nah, buat kamu yang sering mengonsumsi makanan dan minuman di atas, yuk segera batasi konsumsinya dan lihat perubahan positif yang terjadi pada fisikmu.

Baca Juga: 6 Makanan & Minuman Lezat Penyebab Flu Makin Parah, Sebaiknya Hindari

Ekaay Photo Community Writer Ekaay

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You