Comscore Tracker

Sehat sih, Tapi Konsumsi 7 Makanan Ini Bisa Juga Bikin Gemuk lho

Gak masalah sih kalau kamu memang ingin menambah berat badan

Saat sedang ingin menurunkan berat badan, kebanyakan orang akan langsung menjauhi makanan cepat saji, junk food, dan beberapa makanan olahan dengan maksud menghindari tambahan gula, garam, dan minyak yang membuat kalori dalam makanan tersebut meningkat berkali-kali lipat. Kemudian beralih ke pola makan sehat dengan harapan bisa makan sepuasnya tanpa khawatir menjadi gemuk.

Sayangnya, kendati kaya akan nutrisi yang penting bagi tubuh, sejumlah makanan alami pun sudah mengandung lemak dan kalori yang tinggi sehingga sangat berpotensi membuatmu gemuk. Untuk itu, jika kamu sedang dalam program penurunan berat badan, maka kamu harus membatasi sejumlah makanan ini. Melansir dari Healthline dan Health, berikut beberapa makanan sehat yang terbukti mampu meningkatkan berat badan.

1. Alpukat

Sehat sih, Tapi Konsumsi 7 Makanan Ini Bisa Juga Bikin Gemuk lhoelarrayan.com

Tidak seperti buah lainnya, alpukat merupakan buah yang padat kalori dan karenanya dapat menyebabkan peningkatan berat badan. Sebenarnya, alpukat merupakan buah yang kaya akan nutrisi, seperti vitamin, mineral, karbohidrat, serat, dan lemak.

Tetapi, alpukat tinggi akan kalori, yang mana dalam satu buah alpukat besar mengandung sekitar 322 kalori, 29 gram lemak dan 17 gram serat sehingga berpotensi meningkatkan berat badan jika dikonsumsi secara berlebihan.

2. Coklat hitam

Sehat sih, Tapi Konsumsi 7 Makanan Ini Bisa Juga Bikin Gemuk lhounsplash.com/amirali mirhashemian

Cokelat hitam berkualitas dengan kandungan kakao setidaknya 70% merupakan sumber antioksidan dan dapat memberikan manfaat kesehatan. Dalam setiap 100 gram cokelat hitam terkandung sekitar 600 kalori serta zat gizi mikro dan senyawa penunjang kesehatan, seperti serat, magnesium, dan antioksidan.

3. Kacang-kacangan

Sehat sih, Tapi Konsumsi 7 Makanan Ini Bisa Juga Bikin Gemuk lhofriendsofelizabeth2.com

Kacang-kacangan sebenarnya merupakan makanan yang menyehatkan lantaran kaya akan asam lemak omega-3, protein, vitamin E, dan serat yang sehat untuk jantung, sayangnya kacang-kacangan mengandung kalori yang tinggi. Dalam 1/4 cangkir almond, misalnya, mengandung 132 kalori. Terlebih kacang-kacangan umumnya dijadikan cemilan saat sedang bersantai atau berkumpul sehingga konsumsi kacang jadi tidak terkontrol.

Baca Juga: Alami Insomnia? Ini 5 Makanan yang Dianjurkan Dimakan Sebelum Tidur

4. Nasi

Sehat sih, Tapi Konsumsi 7 Makanan Ini Bisa Juga Bikin Gemuk lhounsplash.com/pille-riin priske

Beras merupakan sumber karbohidrat sekaligus makanan pokok mayoritas masyarakat Indonesia. Dalam 1 cangkir nasi yang matang mengandung sekitar 190 kalori, 43 gram karbohidrat dan sedikit lemak.

Tingginya kadar kalori dan karbohidrat dalam nasi membuat nasi menjadi salah satu makanan yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan secara signifikan. Terlebih nasi mampu meningkatkan selera makan.

5. Salmon

Sehat sih, Tapi Konsumsi 7 Makanan Ini Bisa Juga Bikin Gemuk lhounsplash.com/David B Townsend

Salmon dan ikan berminyak lainnya adalah sumber protein dan lemak sehat yang penting bagi tubuh. Dalam satu fillet salmon mengandung 350 kalori dan 4 gram lemak omega-3. Jika diimbangi dengan olahraga, sebenarnya konsumsi salmon mampu menambah massa otot dan tubuh. Tapi jika tidak, kandungan kalori dan lemak yang tinggi dalam salmon hanya akan meningkatkan berat badanmu.

6. Salad

Sehat sih, Tapi Konsumsi 7 Makanan Ini Bisa Juga Bikin Gemuk lhounsplash.com/Brenda Godinez

Sebetulnya salad yang hanya berisi sayur-sayuran dan buah-buahan hanya mengandung sedikit sekali kalori dan tidak akan membuat kamu menjadi gemuk. Sayangnya, penyajian salad yang populer di masyarakat biasanya adalah dengan diberi tambahan berupa mayones, keju, dan susu dalam jumlah yang banyak.

Penambahan salad dressing ini tidak hanya akan membuat kalori salad meningkat berkali-kali lipat tapi juga membuat makanan yang harusnya menyehatkan ini justru menjadi sumber lemak yang bisa membuat kamu cepat gemuk.

7. Susu

Sehat sih, Tapi Konsumsi 7 Makanan Ini Bisa Juga Bikin Gemuk lhoUnsplash.com/Brian Suman

Susu merupakan sumber protein, karbohidrat, lemak, kalsium, vitamin dan mineral lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, penelitian diterbitkan dalam PubMed Journal telah menemukan bahwa kombinasi whey dan kasein dalam susu terbukti dapat menyebabkan peningkatan massa tubuh yang lebih besar daripada sumber protein lainnya.

Sebenarnya jika konsumsi susu ini dikombinasikan dengan olahraga, maka susu dapat membantu kamu membentuk dan meningkatkan massa otot. Tapi jika kamu sendiri tidak aktif berolahraga, kamu disarankan untuk mengganti susu murni dengan susu rendah lemak, makanan susu murni dapat menyebabkan peningkatan berat badan.

Jika kamu memang ingin meningkatkan berat badan, sejumlah makanan di atas merupakan pilihan yang sangat tepat untukmu. Sebab selain tinggi akan kalori dan lemak, makanan di atas juga cukup padat kandungan gizinya. Tetapi jika kamu tidak ingin menambah berat badan, maka kamu harus membatasi konsumsi makanan di atas.

Baca Juga: Jika Cara Masaknya Salah, 10 Makanan Ini Jadi Sangat Berbahaya Lho!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Empty

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya