Comscore Tracker

7 Makanan Sehat yang Kalorinya Hampir Nol, Cocok Buat Diet Nih!

Makan banyak pun gak masalah

Sejatinya kalori merupakan sumber energi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, seperti untuk beraktivitas dan menjalankan berbagai fungsi organ tubuh. Kendati demikian, kalori haruslah dikonsumsi secara seimbang.

Asupan kalori yang besar tanpa disertai dengan aktivitas fisik yang seimbang dapat menyebabkan penumpukan kalori yang kemudian memicu berbagai masalah seperti kegemukan, diabetes, hingga penyakit jantung.

Begitu pula kalau kamu memiliki niat untuk menurunkan berat badan. Maka, kamu harus mengurangi asupan kalori agar tidak terjadi penumpukan kalori yang terlalu banyak, bahkan sebisa mungkin jumlah kalori yang masuk sama dengan kalori yang dibakar.

Nah, buat kamu yang sedang membatasi asupan kalori. Berikut ada beberapa makanan penuh gizi yang memiliki kalori sangat rendah. Apa sajakah itu? Berikut daftarnya.

1. Apel

7 Makanan Sehat yang Kalorinya Hampir Nol, Cocok Buat Diet Nih!unsplash.com/Krishnam Moosaddee

Apel memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi tetapi rendah kalori. Dalam 125 gram apel hanya memiliki 57 kalori dan 3 gram serat makanan. Ditambah, tubuh membutuhkan kalori yang digunakan sebagai energi untuk melakukan berbagai macam aktivitas, sehingga jumlah kalori tersebut akan kembali berkurang bahkan hingga habis.

2. Asparagus

7 Makanan Sehat yang Kalorinya Hampir Nol, Cocok Buat Diet Nih!unsplash.com/Christine Siracusa

Asparagus merupakan jenis sayuran berbunga berwarna hijau, putih, ataupun ungu. Pada dasarnya, semua jenis asparagus memiliki dampak yang baik untuk kesehatan.

Akan tetapi, asparagus ungu memiliki senyawa yang disebut antosianin yang dapat membantu mencegah penyakit jantung. Satu cangkir asparagus atau sekitar 134 gram hanya memiliki 27 kalori. Namun mengandung vitamin K dan folat yang tinggi, yaitu 70 persen vitamin K, dan 17 persen folat.

3. Brokoli

7 Makanan Sehat yang Kalorinya Hampir Nol, Cocok Buat Diet Nih!chatelaine.com

Brokoli adalah salah satu sayuran paling bergizi di planet ini. Konsumsi brokoli secara rutin mampu membantu melawan kanker. Selain itu, sayuran ini juga sangat layak dijadikan menu diet. Sebab, dalam 91 gram brokoli hanya memiliki 31 kalori dan lebih dari 100 persen jumlah vitamin C yang dibutuhkan kebanyakan orang per hari.

Baca Juga: Lagi Diare? Coba Deh Konsumsi 10 Makanan Enak Ini, Aman Kok

4. Wortel

7 Makanan Sehat yang Kalorinya Hampir Nol, Cocok Buat Diet Nih!organicfacts.net

Selama ini wortel dikenal akan manfaatnya dalam menjaga kemampuan penglihatan lantaran kaya akan beta karoten yang kemudian dikonversi menjadi vitamin A di dalam tubuh

. Tapi selain menyehatkan, wortel juga memiliki kandungan kalori yang sangat sedikit, yaitu 53 kalori per 128 gram, sehingga kamu tak perlu takut kegemukan karena banyak mengonsumsi wortel. Ditambah, kandungan turunan vitamin A pada wortel dalam massa tersebut sudah mampu memenuhi 400 persen kebutuhan vitamin A harian.

5. Kembang kol

7 Makanan Sehat yang Kalorinya Hampir Nol, Cocok Buat Diet Nih!deliciouslyella.com

Buat kamu yang lagi diet tapi tetap pengen makan kenyang, kamu bisa lho menggunakan kembang kol sebagai alternatif pengganti nasi. Misalnya saat membuat nasi goreng, kamu bisa mengganti nasi dengan kembang kol. Sebab, dalam 100 gram kembang kol hanya terdapat 25 kalori dan 5 gram karbohidrat.

6. Pepaya

7 Makanan Sehat yang Kalorinya Hampir Nol, Cocok Buat Diet Nih!unsplash.com/Miguel Maldonado

Pepaya merupakan buah tropis yang kaya akan vitamin A dan kalium. Rasanya yang manis membuat buah ini banyak disukai. Buat kamu yang sedang diet, kamu wajib banget memasukkan pepaya ke dalam daftar menu diet. Sebab, selain memiliki cita rasa yang manis, pepaya juga memiliki kalori yang sangat rendah yaitu 55 kalori per 100 gram.

7. Mentimun

7 Makanan Sehat yang Kalorinya Hampir Nol, Cocok Buat Diet Nih!snaped.fns.usda.gov

Sayuran menyegarkan yang kerap ditemukan pada menu salad ini juga mengandung kalori yang amat sangat sedikit, yaitu 8 kalori per 50 gram mentimun. Selain itu kandungan air di dalamnya juga mampu mencegah dehidrasi.

Nah, itu tadi beberapa makanan yang rendah kalori dan cocok untuk diet. Tata ulang lemari pendingin di rumahmu dan tukar semua makanan tinggi kalori dengan ketujuh makanan di atas. Dijamin, badan tetap langsing walaupun kamu sering kalap makan.

Baca Juga: 5 Bahan Makanan Ini Bisa Cegah Aroma Tidak Sedap di Mulut, Cobain Deh!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie
  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya