Comscore Tracker

6 Makanan Sehat yang Tak Boleh Dikonsumsi Mentah, Berbahaya!

Lebih enak dan bergizi kalau diolah dulu

Diet makanan mentah mulai populer sejak akhir abad 19 dan masih terus ada hingga sekarang. Banyak yang meyakini bahwa makanan khususnya jika makanan tersebut dinilai memiliki banyak nutrisi dan menyehatkan bagi tubuh, akan lebih baik jika dimakan dalam keadaan mentah. Padahal tidak semua makanan dapat dimakan dalam keadaan mentah karena dapat membahayakan kesehatan.

Berikut ini daftar makanan yang sebaiknya tidak dimakan mentah.

1. Brokoli

6 Makanan Sehat yang Tak Boleh Dikonsumsi Mentah, Berbahaya!chatelaine.com

Brokoli termasuk dalam bahan makanan yang sebaiknya dimasak terlebih dahulu sebelum dikonsumsi, karena bagi sebagian orang, konsumsi makanan ini dalam keadaan mentah beresiko menimbulkan masalah pencernaan. Selain itu, proses memasak brokoli dapat menyebabkan lepasnya indole, yaitu suatu senyawa organik yang memiliki sifat antikanker.

2. Kentang

6 Makanan Sehat yang Tak Boleh Dikonsumsi Mentah, Berbahaya!Socialdiary.com

Kentang merupakan salah satu sumber karbohidrat yang kerap dijadikan alternatif pengganti nasi saat sedang diet. Kendati makanan ini menyehatkan, tapi bukan berarti kentang dapat dimakan secara mentah lho. Kentang mentah mengandung racun solanin dan juga gas yang dapat menyebabkan perut terasa kembung, mual, hingga memicu masalah pencernaan dan sakit kepala.

3. Kacang-kacangan

6 Makanan Sehat yang Tak Boleh Dikonsumsi Mentah, Berbahaya!Mnn.com

Selama ini kacang-kacangan baik kedelai, kacang tanah, almond, dan sebagainya dinilai sebagai bahan makanan yang menyehatkan lantaran kaya akan antioksidan, protein, lemak tak jenuh, vitamin dan mineral, serta nutrisi lainnya.

Hal ini memang benar, asalkan kamu mengonsumsi kacang dalam keadaan telah dimasak. Sebab, kacang-kacangan mengandung berbagai macam enzim yang dapat menyebabkan rasa mual, bahkan diare. Enzim ini juga berperan dalam menyebabkan bau langu pada kacang-kacangan. Untuk itu, sebelum layak dikonsumsi, kacang-kacangan harus dimasak dengan matang untuk menonaktifkan enzim yang ada di dalamnya.

Baca Juga: Ini 10 Fakta Mengejutkan di Balik Foto Iklan Makanan yang Menggiurkan

4. Susu

6 Makanan Sehat yang Tak Boleh Dikonsumsi Mentah, Berbahaya!minimalistbaker.com

Selama ini susu segar diyakini dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Kendati demikian, bukan berarti susu dapat langsung dikonsumsi setelah diperah. Susu mengandung banyak bakteri berbahaya seperti Escherichia coli, salmonella, serta parasit lainnya. Untuk itu, susu harus dipasteurisasi terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

Maksudnya, susu harus disterilisasi dari dengan cara dipanaskan pada suhu dan waktu tertentu untuk mematikan parasit yang ada pada susu. Susu segar yang banyak dijual di supermarket juga telah melalui proses pasteurisasi terlebih dahulu.

5. Wortel

6 Makanan Sehat yang Tak Boleh Dikonsumsi Mentah, Berbahaya!organicfacts.net

Wortel terkenal sebagai sumber karotenoid yang baik bagi kesehatan mata. Akan tetapi, manfaat karotenoid tersebut hanya bisa kamu dapatkan apabila kamu merebusnya terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

Sebab, merebus wortel dapat menyebabkan pelepasan karotenoid yang ada di dalam wortel. Jadi, untuk memaksimalkan manfaatnya, biasakan untuk mengonsumsi wortel dalam keadaan matang.

6. Telur

6 Makanan Sehat yang Tak Boleh Dikonsumsi Mentah, Berbahaya!medicalnewstoday.com

Bagi sebagian orang, mengonsumsi telur dalam keadaan mentah dinilai lebih lezat dan menyehatkan. Padahal anggapan ini salah besar. Memasak telur dapat meningkatkan kadar protein di dalamnya. Ditambah, protein pada telur matang ternyata lebih mudah diserap oleh tubuh. Selain itu, tak jarang pada telur mentah ditemukan bakteri salmonella yang terkontaminasi dari telurnya.

Jadi, sudah tahu kan makanan apa saja yang harus dimasak dahulu sebelum dikonsumsi?

Baca Juga: 10 Makanan Unik Bertema Toy Story, Si Forky Gemesin Banget

Ekaay Photo Community Writer Ekaay

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You