Comscore Tracker

5 Makanan Sumber Karbohidrat Kompleks yang Baik Dikonsumsi Saat Sahur

Bikin kenyang sepanjang hari

Karbohidrat merupakan senyawa yang biasa dijadikan sumber energi bagi tubuh. Karbohidrat sendiri ada dua jenis, yaitu karbohidrat sederhana dan kompleks. Karbohidrat sederhana memiliki komposisi molekul yang sederhana dan mudah dicerna serta umumnya rendah serat. Alhasil, rasa kenyang dan energi yang dihasilkan dari konsumsi karbohidrat tidak bisa bertahan lama.

Sebaliknya, karbohidrat kompleks memiliki komposisi yang rumit dan sulit dicerna sehingga membutuhkan waktu yang lama hingga lambung menjadi kosong. Dampaknya, kamu tidak mudah lapar dan tetap bertenaga sepanjang hari.

Fakta inilah yang kemudian menjadikan karbohidrat kompleks baik untuk dikonsumsi saat sahur, karena akan memberikan kamu energi lebih di siang hari. Lantas apa saja makanan yang merupakan sumber karbohidrat? Yuk simak di bawah ini.

1. Kentang

5 Makanan Sumber Karbohidrat Kompleks yang Baik Dikonsumsi Saat SahurSocialdiary.com

Kentang merupakan salah satu sumber karbohidrat alternatif pengganti nasi putih yang biasa dikonsumsi saat sedang diet. Kalori yang rendah serta efek mengenyangkan menjadi alasan kenapa kentang baik untuk program diet.

Menjadikan kentang sebagai menu sahur merupakan ide brilian. Kandungan pati resisten pada kentang membuat makanan ini sulit dicerna. Alhasil kamupun bisa kenyang lebih lama dan tetap bertenaga sepanjang hari. Akan lebih baik lagi kalau kamu mengonsumsi kentang sekaligus dengan kulitnya, karena kulit kentang kaya akan serat yang baik untuk pencernaan dan membuat kamu tetap kenyang sepanjang hari.

2. Nasi merah

5 Makanan Sumber Karbohidrat Kompleks yang Baik Dikonsumsi Saat Sahursajiansedap.grid.id

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, makan besar gak akan lengkap tanpa adanya nasi. Sayangnya nasi putih mengandung karbohidrat sederhana yang mudah dicerna oleh tubuh, dampaknya kamu jadi ingin makan terus. Selama bulan Ramadan ini, yuk coba ganti konsumsi nasi putih dengan nasi merah. Nasi merah mengandung karbohidrat kompleks yang mampu membuat kamu tetap kenyang dan menjaga kadar gula darah.

Baca Juga: 7 Alasan Mengapa Karbohidrat Gak Boleh Dihilangkan dari Menu Dietmu

3. Oatmeal

5 Makanan Sumber Karbohidrat Kompleks yang Baik Dikonsumsi Saat Sahurgreenhealthycooking.com

Oatmeal bisa jadi menu sahur yang menyehatkan dan juga mengenyangkan. Oatmeal mengandung karbohidrat kompleks, serat, dan vitamin yang dapat mengatur kadar kolesterol serta membuat kamu tetap semangat dan enerjik walaupun sedang berpuasa.

4. Pasta gandum

5 Makanan Sumber Karbohidrat Kompleks yang Baik Dikonsumsi Saat Sahurhellosehat.com

Buat kamu penggemar pasta, kamu tetap bisa makan pasta selama sahur. Tetapi, akan lebih baik kalau kamu mengonsumsi pasta gandum daripada pasta putih. Pasta gandum mengandung karbohidrat kompleks yang membuat rasa kenyang bertahan lama. Selain itu, kandungan serat dalam pasta gandum juga 3 kali lebih tinggi daripada pasta putih, alhasil proses pengosongan lambung pun lebih lama dan kamu tetap bertenaga selama berpuasa.

5. Buah-buahan

5 Makanan Sumber Karbohidrat Kompleks yang Baik Dikonsumsi Saat Sahurunsplash.com/Kristina Tripkovic

Buat kamu yang suka kepraktisan. Kamu tetap bisa makan seperti biasanya saat sahur. Cukup tambahkan buah-buahan dalam menu sahurmu. Buah-buahan seperti pisang, apel, dan alpukat mengandung karbohidrat kompleks, tinggi serat, dan vitamin yang bisa membuat kamu menjalani berbagai aktivitas dengan lancar tanpa merasa kelaparan. Tapi sebaiknya, konsumsi buah sebelum makanan pembuka sebelum makanan berat.

Nah, itu tadi beberapa sumber karbohidrat kompleks yang baik dikonsumsi selama sahur. Jadi, adakah yang menjadi favoritmu?

Baca Juga: 12 Sumber Karbohidrat yang Wajib Dihindari Agar Diet Sukses

Eka Photo Community Writer Eka

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You