Comscore Tracker

Bantu Mempercepat Pemulihan, Konsumsi 6 Makanan lni Saat Sedang Sakit

Jangan buru-buru minum obat

Saat tubuh sedang tidak sehat, selain mengonsumsi obat-obatan dan memperbanyak istirahat, kita juga perlu banyak mengonsumsi makanan yang bernutrisi serta menjaga tubuh tetap terhidrasi. Bukan tanpa alasan, di dalam makanan yang sehat terkandung nutrisi yang mampu memerangi berbagai jenis penyakit. Sehingga konsumsi makanan bergizi mampu mempercepat pemulihan tubuh dari penyakit.

Berikut ini beberapa makanan yang harus kamu konsumsi saat sedang sakit untuk mempercepat pemulihan tubuh.

1. Nasi

Bantu Mempercepat Pemulihan, Konsumsi 6 Makanan lni Saat Sedang Sakitunsplash.com/Pille-Riin Priske

Nasi bisa membantu mengatasi pusing atau kesulitan tidur. Sebab, kandungan karbohidrat dalam nasi juga merangsang produksi triptofan dalam tubuh, yaitu asam amino yang menyebabkan kantuk.Kendati demikian, tidak semua jenis beras memiliki efek yang sama. Menurut penelitian dalam American Journal of Clinical Nutrition, beras melati lebih efektif daripada varietas padi lainnya dalam membantu mengatasi masalah tidur seseorang.

2. Sup ayam

Bantu Mempercepat Pemulihan, Konsumsi 6 Makanan lni Saat Sedang Sakitbacktothebooknutrition.com

Sejak dulu sup ayam dikenal mampu mengatasi flu dan penyakit lainnya yang disebabkan oleh virus. Sebab, menurut The Journal of Parenteral and Enteral Nutrition (JPEN) nutrisi yang terdapat dalam sup ayam, seperti kalori, vitamin, mineral, dan protein sangat dibutuhkan oleh tubuh ketika sedang sakit.

Tubuh juga membutuhkan lebih banyak cairan saat sedang demam, dan sup ayam merupakan sumber cairan dan elektrolit yang sangat diperlukan tubuh agar tetap terhidrasi. Selain itu, daging ayam mengandung asam amino sistein yang mampu memecah lendir dan memiliki efek anti-virus, anti-inflamasi dan antioksidan. Sehingga sup ayam efektif dalam mengatasi gejala flu dan hidung tersumbat.

3. Madu murni

Bantu Mempercepat Pemulihan, Konsumsi 6 Makanan lni Saat Sedang SakitUnsplash.com/Danika Perkinson

Madu bisa jadi pertolongan pertama untuk mengatasi batuk. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics, konsumsi dua sendok teh madu terbukti mampu mengatasi batuk pada individu yang mengalami infeksi saluran pernapasan atas.

Selain mengonsumsinya secara langsung, kamu juga bisa mengonsumsi madu bersama dengan roti atau teh hangat untuk mendapatkan manfaatnya dalam menenangkan tenggorokan dan mengurangi batuk.

Baca Juga: Sumber Protein, Ini 5 Makanan Selain Daging untuk Para Vegetarian 

4. Air kelapa

Bantu Mempercepat Pemulihan, Konsumsi 6 Makanan lni Saat Sedang SakitParenture.com

Saat kamu mengalami sakit perut, hal ini bisa jadi karena adanya peradangan pada lapisan perut. Air kelapa mengandung senyawa yang disebut tanin yang dapat membantu meringankan peradangan ini. Air kelapa juga kaya akan mineral, seperti natrium dan kalium, yang membantu mengembalikan hidrasi tubuh dengan cepat pasca diare atau muntah.

Menurut studi dalam Journal of the International Society of Sports Nutrition, disebutkan bahwa air kelapa dapat memberikan tingkat hidrasi yang sama dengan minuman olahraga. Terlebih jika air kelapa ini dikonsumsi tanpagula tambahan, maka efeknya akan lebih menyehatkan.

5. Jahe 

Bantu Mempercepat Pemulihan, Konsumsi 6 Makanan lni Saat Sedang Sakitmedicalnewstoday.com

Jahe merupakan herbal yang terbukti ampuh dalam mengatasi mual, termasuk pada ibu hamil. Tak hanya itu, jahe juga memiliki efek anti-inflamasi, antioksidan, antimikroba, dan anti-kanker.

Tak hanya itu, teh jahe juga mampu meredakan nyeri otot yang biasa dialami individu saat sedang flu dan pilek. Ini karena jahe mengandung gingerol, yaitu senyawa antiinflamasi kuat yang berfungsi meredakan rasa sakit di seluruh tubuh saat kamu sedang tidak fit.

6. Pisang

Bantu Mempercepat Pemulihan, Konsumsi 6 Makanan lni Saat Sedang SakitUnsplash.com/Eiliv-sonas aceron

Pisang adalah makanan yang baik dikonsumsi saat sedang sakit lantaran buah ini mudah dikunyah dan memiliki cita rasa yang menggugah selera, serta mengandung kalori dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Manfaat lain dari pisang kandungan serat larut dalam pisang mampu mengatasi masalah pencernaan, seperti diare.

Jadi, sudah tahu kan makanan apa yang perlu dikonsumsi saat tubuh sedang sakit?

Baca Juga: Gak Sehat, Hindari 10 Makanan Ini saat Work From Home

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya