Comscore Tracker

6 Olahan Daging yang Cocok Disajikan Bersama Ketupat saat Lebaran

Biar gak melulu bikin opor ayam

Perayaan Lebaran di Indonesia identik dengan aktivitas silaturahmi ke rumah saudara dan tetangga diiringi acara makan-makan. Salah satu hidangan yang paling umum disajikan di setiap rumah saat Lebaran adalah opor ayam. Tapi, jika setiap kali berkumpul di acara makan-makan menu yang disajikan adalah opor, pasti lama kelamaan kamu juga akan merasa bosan.

Nah, supaya tidak bosan, kamu bisa mengolah daging dalam bentuk selain opor. Karena ketupat memiliki rasa yang cenderung hambar dan bertekstur padat, maka lauk yang paling cocok disajikan bersama ketupat idealnya memiliki rasa kuat.

Berikut ini beberapa olahan daging yang cocok disajikan bersama dengan ketupat.

1. Semur

6 Olahan Daging yang Cocok Disajikan Bersama Ketupat saat Lebarantaste.com.au

Untuk membuat semur, daging direbus dengan menggunakan kecap manis dan rempah-rempah, seperti bawang, cengkih, pala, cabai, dan merica. Perpaduan cita rasa manis, gurih, dan rempah-rempah yang tajam membuat semur menjadi hidangan yang cocok disajikan bersama ketupat.

Maka, tak mengherankan jika di beberapa daerah, ada yang memilih untuk menyajikan semur daripada opor di hari raya. Ditambah, hampir semua jenis daging, seperti ayam, kambing, sapi, hingga bebek cocok diolah menjadi semur.

2. Sate

6 Olahan Daging yang Cocok Disajikan Bersama Ketupat saat Lebaraninstagram.com/dad_dish

Sate merupakan salah satu olahan daging yang diminati sebagian besar masyarakat Indonesia. Jika di hari-hari biasa sate disajikan bersama dengan lontong. Di hari raya ini kamu bisa menyajikan sate bersama dengan ketupat.

Selain sate madura, beberapa jenis sate yang juga cocok disajikan bersama ketupat adalah sate padang, sate klathak, sate makassar, sate buntel, sate lilit, sate ambal, sate loso, hingga sate kere.

3. Bakso

6 Olahan Daging yang Cocok Disajikan Bersama Ketupat saat Lebaraninstagram.com/baksoboedjangan

Buat kamu penggemar makanan berkuah, kamu juga bisa menjadikan bakso sebagai sajian hari raya bersama ketupat. Kenyalnya daging bakso dipadukan dengan gurih dan segarnya kuah dijamin membuat momen Lebaran terasa makin istimewa.

Supaya lebih nikmat, jangan lupa tambahkan sambal, bawang goreng, dan pangsit pada hidangan bakso ketupat.

Baca Juga: 7 Kuliner Unsur Lontong & Ketupat Ini Cocok Dijadikan Hidangan Lebaran

4. Daging balado

6 Olahan Daging yang Cocok Disajikan Bersama Ketupat saat Lebaraninstagram.com/sessykitchen

Saat Lebaran, biasanya opor disajikan bersama dengan sambal, seperti sambal kentang maupun sambal krecek. Nah, untuk kamu pecinta makanan pedas, kamu bisa mengolah daging dengan bumbu balado.

Perpaduan cabai dan rempah-rempah yang kuat membuat rasa daging balado jadi lebih nikmat. Ditambah, pedas dan gurihnya bumbu balado sangat cocok dijadikan olesan pada ketupat.

5. Rendang dan kalio

6 Olahan Daging yang Cocok Disajikan Bersama Ketupat saat Lebaranunileverfoodsolutions.com.sg

Kalau kamu ingin memasak daging sapi untuk sajian Lebaran tahun ini, rendang bisa jadi pilihan yang tepat untuk kamu. Perpaduan antara santan kelapa, berbagai macam rempah-rempah, dan proses pengolahan yang lama, membuat tekstur daging sapi menjadi lembut dan bumbunya meresap sempurna. Tak hanya itu, olahan daging rendang biasanya juga tahan lama.

Selain itu, kamu bisa mengolah rendang dengan proses memasak yang sebentar, sehingga masih menyisakan kuah santan atau disebut dengan kalio. Nah, kalio ini juga sangat cocok disajikan bersama ketupat sebagai pengganti opor.

6. Empal gentong

6 Olahan Daging yang Cocok Disajikan Bersama Ketupat saat Lebaraninstagram.com/the.lucky.belly

Jika kamu ingin sajian berbahan dasar jeroan atau daging sapi yang empuk lengkap dengan kuah santan yang gurih, kamu bisa mencoba sajian empal gentong untuk Lebaran nanti.

Proses memasak yang lama ditambah kuah santan dan berbagai macam rempah membuat daging pada empal gentong menjadi sangat empuk dengan kuah yang gurih dan lezat. Biasanya, empal gentong disajikan bersama dengan lontong atau nasi. Tapi untuk momen Lebaran kali ini, kamu bisa menyajikannya bersama dengan potongan ketupat.

Semuanya bikin ngiler kan? Jadi, sudah memutuskan ingin memasak apa untuk Lebaran nanti?

Baca Juga: 5 Kreasi Resep Masakan Lebaran Tanpa Santan, Gak Kalah Nikmatnya

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya