Comscore Tracker

5 Tips Memasak Cumi agar Empuk dan Gak Amis, Susah Berhenti Ngunyah

Gak sulit kok!

Cumi-cumi merupakan salah satu seafood yang memiliki rasa lezat dan banyak digemari. Sayangnya, tak jarang proses pengolahan cumi yang tidak tepat justru membuat cumi menjadi alot dan amis sehingga mengurangi selera makan bagi sebagian orang.

Namun tenang, untuk membuat olahan cumi yang empuk dan tidak amis sebenarnya tidak sulit kok. Berikut ini tips mengolah cumi agar lebih empuk dan tidak amis.

1. Cuci cumi dengan benar 

5 Tips Memasak Cumi agar Empuk dan Gak Amis, Susah Berhenti Ngunyahunsplash.com/sam lee

Pencucian cumi merupakan salah satu tahap yang sangat penting untuk diperhatikan. Sebab, jika kamu tidak membersihkan cumi dengan benar, hal ini justru akan membuat cumi menjadi amis.

Untuk membersihkan cumi, mula-mula ambil kantung tinta yang ada pada bagian dalam cumi, kemudian bersihkan seluruh tinta dengan hati-hati. Selanjutnya, ambil tulang di bagian dalam cumi. Lalu, kupas kulit ari. Jika mau, kupas juga kulit cumi dengan pisau agar mendapatkan tampilan cumi berwarna putih. Setelah itu, bersihkan cumi dengan air mengalir.

2. Rendam dengan jahe dan perasan jeruk nipis atau asam jawa  

5 Tips Memasak Cumi agar Empuk dan Gak Amis, Susah Berhenti Ngunyahunsplash.com/Louis Hansel

Walaupun cumi memiliki rasa yang lezat, kadang-kadang bau amis pada cumi membuat sebagian orang kurang berselera makan. Namun tenang, bau amis ini sebenarnya dapat dihilangkan dengan bantuan rempah-rempah yang ada di dapur.

Cukup siapkan jahe dan asam jawa atau perasaan jeruk nipis, kemudian gunakan untuk melumuri cumi dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu, cuci bersih cumi dengan air mengalir.

Baca Juga: Cukup Sekali Masak, 5 Olahan Daging Kurban untuk Santapan Berhari-hari

3. Rendam dalam susu tawar dan perasan jeruk nipis 

5 Tips Memasak Cumi agar Empuk dan Gak Amis, Susah Berhenti Ngunyahunsplash.com/Nikolai Chernichenko

Bahan lain yang dapat digunakan untuk menghilangkan bau amis pada cumi adalah susu tawar dan perasan jeruk nipis. Gunakan kedua bahan tersebut untuk merendam cumi selama 30 menit. Setelah itu, cuci dengan air mengalir hingga bersih.

Selain menghilangkan bau amis, bahan ini juga berguna untuk membuat cumi tidak alot setelah dimasak. Namun, pastikan kamu tidak merendam cumi terlalu lama sebab perendaman yang berlebihan bisa membuat aroma alami cumi benar-benar hilang sehingga kurang lezat.

4. Pilih bentuk potongan yang benar  

5 Tips Memasak Cumi agar Empuk dan Gak Amis, Susah Berhenti Ngunyahunsplash.com/Melissa Walker Horn

Cara memotong cumi juga memengaruhi hasil akhirnya setelah dimasak nanti. Irisan cumi yang tepat dapat menghasilkan masakan cumi yang nikmat untuk disantap.

Irisan cumi berbentuk cincin dihasilkan cukup dengan mengiris bagian luar cumi. Irisan ini cocok untuk cumi yang ingin dimasak sebagai sup atau cumi goreng tepung.

Kemudian, cumi utuh dikerat dilakukan dengan cara mengerat bagian luar cumi. Irisan ini sangat cocok agar bumbu dapat meresap dan cumi bisa matang sempurna.

Irisan bentuk kotak-kotak kerat dihasilkan dengan cara mengiris lembaran cumi menjadi kotak-kotak, kemudian mengeratnya menggunakan pisau. Cara ini juga mampu membuat bumbu meresap sempurna ke dalam daging cumi.

5. Perhatikan cara memasak 

5 Tips Memasak Cumi agar Empuk dan Gak Amis, Susah Berhenti Ngunyahunsplash.com/Clem Onojeghuo

Jangka waktu saat memasak cumi juga memengaruhi tekstur cumi. Sebab, daging cumi mengandung banyak protein. Jika terlalu lama dimasak, akan menyebabkan daging cumi menjadi alot.

Waktu ideal dalam memasak cumi adalah 3 menit dengan api besar. Dengan begitu, daging cumi tidak akan terasa alot. Jika cumi dimasak terlalu lama atau terus-menerus dipanaskan, dagingnya akan menjadi lebih alot.

Itulah beberapa tips agar daging cumi empuk dan tidak amis. Mengolah cumi memang susah-susah gampang. Namun, dengan ketelatenan, kamu bisa kok memasak cumi yang lezat, empuk, dan tidak amis.

Baca Juga: 10 Tips Memasak Ikan biar Gak Amis, Baunya Jadi Lebih Sedap

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya