Comscore Tracker

5 Tips Mempermudah Persiapan Sahur Jadi Praktis dan Efisien

#RamadanMasaKini Pas banget buat anak kos & ibu rumah tangga

Momen sahur memang kerap membuat sejumlah orang kerepotan lantaran terbatasnya waktu untuk membuat menu sahur. Belum lagi jika orang tersebut ternyata bangun kesiangan, tak jarang makanan instan kemudian menjadi menu yang paling sering dipilih. Padahal setiap orang memerlukan menu sahur yang bergizi untuk menunjang berbagai aktivitas.

Nah, buat kamu anak kos, ibu rumah tangga, atau siapapun yang tiap pagi kewalahan menyiapkan menu sahur. Kamu bisa ikuti tips berikut ini untuk mempermudah aktivitas sahurmu setiap hari.

1. Buat persediaan bumbu dasar

5 Tips Mempermudah Persiapan Sahur Jadi Praktis dan EfisienResepkoki.id

Sediakan beberapa macam bumbu dasar yang bisa dipakai untuk memasak segala jenis makanan di dapur seperti bumbu kuning, bumbu merah, dan bumbu putih. Dengan begitu, ketika harus memasak dengan cepat kamu tinggal menggunakan bumbu yang sudah kamu sediakan.

2. Buat hidangan dengan porsi besar

5 Tips Mempermudah Persiapan Sahur Jadi Praktis dan EfisienWellplated.com

Pada hari sebelumnya, buatlah masakan dengan porsi besar. Dengan begitu kamu tidak perlu terus-terusan memasak tiap kali harus makan. Saat sahur pun kamu tinggal menghangatkan makanan yang sudah kamu buat sebelumnya. Praktis kan?

Baca Juga: 5 Tips Biar Gak Bablas Tidur Setelah Sahur, Yuk Cobain!

3. Belanja untuk keperluan satu minggu

5 Tips Mempermudah Persiapan Sahur Jadi Praktis dan EfisienUnsplash.com/Tyler Nix

Buat kamu yang gak punya banyak waktu. Akan lebih baik kalau kamu berbelanja keperluan dapur untuk seminggu ke depan. Dengan begitu, tiap kali hendak memasak, kamu tinggal mengambil bahan-bahan yang telah kamu beli sebelumnya.

4. Sediakan beberapa frozen food

5 Tips Mempermudah Persiapan Sahur Jadi Praktis dan Efisienlangkahawal.com

Gak ada salahnya kamu menyetok beberapa frozen food di dalam lemari es. Karena selain praktis, terdapat berbagai macam pilihan frozen food yang bisa kamu buat stok seperti nugget, sosis, bakso, tempura, dan masih banyak lagi. Di samping itu, frozen food tersebut memiliki rasa yang gurih dan lezat. Kendati demikian, tetap tambahkan sayuran dan jangan mengonsumsi frozen food setiap hari.

5. Simpan beberapa lauk kering yang tahan lama

5 Tips Mempermudah Persiapan Sahur Jadi Praktis dan Efisienfimela.com

Kamu juga bisa menyediakan beberapa lauk kering seperti abon, kering tempe, dendeng, dan aneka makanan kering lainnya untuk stok di rumah. Sebab, makanan tersebut sifatnya tahan lama, sehingga praktis dan efisien karena kamu tidak perlu memasak ulang makanan-makanan tersebut.

Mudah kan? Selamat mencoba!

Baca Juga: 7 Menu Sahur Praktis yang Bisa Dimasak Tanpa Waktu Lama

Eka Amira Photo Community Writer Eka Amira

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You