Comscore Tracker

5 Cara Mudah Memilih dan Menyimpan Cabai yang Baik dan Benar

Mudah kan?

Sebagian besar orang merasa tidak lengkap bila makan tanpa ditemani oleh sambal atau cabai. Cabai memberikan rasa menantang saat dimakan karna rasanya yang pedas dimulut saat makan.

Ada berbagai macam cabai mulai dari cabai rawit, cabai besar, hingga cabai keriting. Nah, berikut inu 5 cara mudah memilih dan menyimoan cabai yang baik dan benar. Check its out!

1. Perhatikan warna cabai

5 Cara Mudah Memilih dan Menyimpan Cabai yang Baik dan Benarunsplash.com/Thomas Evans

Cara memilih cabai yang pertama adalah dengan memperhatikan warna dari cabai tersebut. Pilih cabai dengan warna yang terang dan menyala. Hal tersebut menandakan jika cabai yang kamu beli masih segar. Hindari membeli cabai dengan warna yang kusam, karena bisa jadi cabai masih muda sehingga kurang pedas saat dimakan atau dikonsumsi.

2. Perhatikan bentuknya

5 Cara Mudah Memilih dan Menyimpan Cabai yang Baik dan Benarunsplash.com/Elle Hughes

Langkah kedua adalah dengan cara memperhatikan bentuk dari cabai. Tak sulit membedakan cabai yang berkualitas baik. Usahakan untuk kamu memilih cabai yang berukuran besar dengan bentuk lurus dan tidak melengkung. Karena biasanya cabai dengan bentuk yang melengkung memiliki rasa yang kurang pedas saat dikonsumsi dan cabai yang memiliki bentuk yang lurus akan terasa pedas saat dimakan.

3. Jauhi cabai yang telah bercampur

5 Cara Mudah Memilih dan Menyimpan Cabai yang Baik dan Benarunsplash.com/Tanushree Rao

Banyak sekali pasar-pasar tradisional yang penjualnya menjual cabai yang masih dalam keadaan segar dan sebagian sudah membusuk agar mendapatkan harga jual baik. Sebaiknya kamu menghindari cabai yang dicampur seperti itu. Kamu harua memiilih cabai yang benar-benar segar seluruhnya agar nantinya cabai yang kamu beli dapat bertahan lebih lama.

Baca Juga: Ini 5 Manfaat Makan Cabai Rawit, Kaya akan Vitamin!

4. Simpan cabai ditempat yang kering

5 Cara Mudah Memilih dan Menyimpan Cabai yang Baik dan Benarunsplash.com/Adi Chrisworo

Cara selanjutnya untuk cara menyimpan cabai adalah dengan menyimpan cabai ditempat kering. Agar cabai tersebut lebih bertahan lama dibandingkan tempat yang lembab atau basa akan meenyebabkan cabai membusuk lebih cepat. Kamu bisa langsung memindahkan cabai ke dalam wadah yang kering dan kedap udara. Setelah itu, simpan cabai tersebut di kulkas atau pada suhu ruangan.

5. Mengangin-anginkan cabai

5 Cara Mudah Memilih dan Menyimpan Cabai yang Baik dan Benarunsplash.com/Peter Hershey

Langkah terakhir yang dilakukan adalah mengangin-angunkan cabai. Biasanya sebabian pedagang membungkus cabai dalam plastik bening. Nah, usahakan untuk segera mengeluarkan cabai dari plastik tersebut agar tidak lembap. Lalu angin-anginkan sampai cabai kering. Kamu juga bisa menjemur cabai sebentar di bawah sinar matahari demi memastikan jika cabai sudah benar-benar kering. Hal tersebut juga akan membuat cabai lebih bertahan lebih lama.

Nah, itulah 5 cara mudah memilih dan menyimpan cabai yang baik dan benar. Kamu harus tetap memastikan dan memperhatikan kualitas cabai yang dipakai ya, agar memberikan citarasa maksimal dan aman dikonsumsi.

Baca Juga: 5 Fakta Luar Biasa Cabai Rawit, Gak Cuma Pedas Saja

Ekaristik Bana Photo Community Writer Ekaristik Bana

FLC 2K17 Chemistry FST Undana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You