Comscore Tracker

7 Buah-buahan Terbaik yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

Gak semua buah baik lho untuk penderita diabetes

Penyakit diabetes merupakan penyakit kronis dimana kemampuan tubuh untuk memproses glukosa darah (gula darah) mengalami gangguan. Diabetes terbagi menjadi tiga jenis, yaitu diabetes tipe 1, diabetes tipe 2, dan diabetes gestasional. Pada diabetes tipe 1, penderitanya tidak dapat memproduksi insulin, sehingga membutuhkan suntikan insulin setiap harinya untuk dapat bertahan hidup. Sedangkan pada diabetes tipe 2, penderitanya masih dapat memproduksi insulin, namun sel-sel dalam tubuhnya tidak dapat merespon seperti dulu lagi. Selanjutnya adalah diabetes gestasional, yang biasa terjadi pada ibu hamil yang tubuhnya mengalami penurunan sensivitas insulin.

Nah, agar dapat mencegah terjadinya lonjakan gula darah, sebaiknya para penderita diabetes menerapkan gaya hidup sehat, seperti dengan rajin berolahraga dan mengonsumsi makanan yang sehat. Makanan yang sehat terdiri dari biji-bijian, sayur-sayuran dan buah-buahan. Untuk buah-buahan, sebaiknya penderita diabetes memilih buah yang rendah kalori dan tidak terlalu banyak mengandung gula, agar dapat mencegah terjadinya lonjakan gula darah. Nah, berikut ini ulasan tentang 7 buah-buahan terbaik untuk penderita diabetes.

1. Apel

7 Buah-buahan Terbaik yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetesgoodfruit.com

Apel mengandung serat larut, yang bersifat anti inflamasi, sehingga dapat membantu pemulihan penderita diabetes yang terkena infeksi. Selain itu, kandungan serat larut pada apel dapat membuat perut kamu merasa kenyang lebih lama, sehingga menurunkan keinginan untuk makan kembali dan berat badan pun dapat terkontrol, sehingga resiko obesitas yang merupakan salah satu penyebab diabetes pun dapat terhindari. Tak hanya itu saja, serat larut tersebut juga dapat memperlambat penyerapan nutrisi (salah satunya gula) ke dalam aliran darah, dan mengurangi kolestrol jahat (LDL).

2. Jeruk

7 Buah-buahan Terbaik yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetesunsplash.com/emiliano vittoriosi

Kandungan serat yang tinggi pada buah jeruk dapat membantu memodulasi darah, dengan cara memperlambat penyerapan glukosa ke dalam aliran darah, sehingga dapat mengurangi resiko terjadinya lonjakan gula darah.

3. Belimbing

7 Buah-buahan Terbaik yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetesparenting.firstcry.com

Kandungan kalori dan karbohidrat pada buah belimbing rendah, sehingga baik untuk dikonsumsi penderita diabetes. Selain itu, buah belimbing juga mengandung serat yang tidak larut, sehingga efektif dapat menyerap glukosa, menunda difusi glukosa dan juga menunda pelepasan glukosa dari pati. Hal tersebut menyebabkan konsentrasi gula darah postprandial (gula darah setelah makan) menjadi menurun, sehingga dapat membantu penderita diabetes mengontrol kadar gula darahnya.

Baca Juga: Catat! Ini 5 Buah di Pasaran yang Aman untuk Penderita Asam Lambung

4. Alpukat

7 Buah-buahan Terbaik yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetesunsplash.com/kembar fischer

Sama seperti buah belimbing, alpukat juga rendah kandungan karbohidratnya, sehingga baik untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes. Selain itu, alpukat juga mengandung lemak sehat yang tinggi, sehingga dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama, dan juga dapat membantu tubuh kamu menggunakan insulin dengan lebih efektif.

5. Pir

7 Buah-buahan Terbaik yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetesunsplash.com/joanna stolowicz

Buah pir termasuk buah yang kaya akan vitamin dan juga serat, serta rendah akan karbohidrat dan juga kalori, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes. Kandungan serat yang tinggi pada buah pir, dapat membantu mengurangi kadar kolestrol jahat (LDL), dan mengontrol kadar glukosa darah.

Selain itu, serat tersebut juga dapat memperlambat penyerapan karbohidrat ke dalam tubuh, sehingga kenaikan glukosa darah akan menjadi lebih lambat dan mengurangi resiko terjadinya lonjakan gula darah.

6. Stroberi

7 Buah-buahan Terbaik yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetesunsplash.com/veeterzy

Buah stroberi merupakan buah yang rendah kandungan karbohidratnya, dibandingkan dengan buah lainnya, sehingga baik untuk dikonsumsi penderita diabetes. Selain itu, buah stroberi juga kaya akan antioksidan, sehingga dapat melindungi tubuh dari penyakit kronis lainnya. Dengan rutin mengonsumsi buah stroberi, dapat mengurangi resiko penderita diabetes terkena komplikasi penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan gagal ginjal.

7. Persik

7 Buah-buahan Terbaik yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetesunsplash.com/ian baldwin

Buah persik ini merupakan buah tropis yang memiliki indeks glikemik rendah, sehingga aman untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Indeks glikemik merupakan nilai yang ditetapkan pada suatu makanan berdasarkan seberapa cepat dan lambatnya makanan tersebut dapat meningkatkan kadar glukosa darah.

Nah, itulah ulasan tentang 7 buah-buahan terbaik untuk penderita diabetes. Semua buah baik itu baik kok untuk kesehatan, namun gak semua buah memiliki efek yang baik untuk penderita diabetes, karena terdapat beberapa buah yang kadar glukosanya sangat tinggi, sehingga akan berbahaya jika dikonsumsi oleh penderita diabetes. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 10 Buah yang Cocok Dijadikan Camilan Diet, Enak dan Berkalori Rendah!

Eliza ustman Photo Verified Writer Eliza ustman

'Menulislah dengan hati, maka kamu akan mendapatkan apresiasi yang lebih berarti'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya