Comscore Tracker

Ngeri, Ini Lho 5 Bahaya Jika Sering Mengonsumsi Makanan Asin!

Bisa menyebabkan kanker juga lho

Makanan asin menjadi favorit bagi sebagian orang, karena rasanya yang gurih dan juga nikmat bisa membuat orang ketagihan untuk terus memakannya. Meski begitu, terlalu banyak mengonsumsi makanan asin juga tidak baik lho karena dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

Salah satu dampak negatif dari terlalu banyak mengonsumsi makanan asin yaitu dapat membuat tekanan darah kamu menjadi naik, yang nantinya akan membuat kamu beresiko terkena hipertensi.

Oleh karena itu, lebih baik kamu mengonsumsi dengan sewajarnya saja dan tidak terlalu sering. Sebab, jika kamu terlalu sering mengonsumsinya maka akan berakibat fatal bagi kondisi kesehatanmu. Berikut ini ulasan lima bahaya yang akan mengintai kesehatanmu jika terlalu sering mengonsumsi makanan asin.

1. Hipertensi

Ngeri, Ini Lho 5 Bahaya Jika Sering Mengonsumsi Makanan Asin!unsplash.com/rawpixel

Terlalu banyak mengonsumsi makanan asin dapat memicu seseorang terkena hipertensi, mengapa? Kadar yodium yang tinggi dalam darah dapat meningkatkan tekanan darah secara signifikan, hal ini akan memicu tekanan darah menjadi tinggi dan merusak pembuluh darah.

2. Stroke

Ngeri, Ini Lho 5 Bahaya Jika Sering Mengonsumsi Makanan Asin!express.co.uk

Seseorang yang terkena hipertensi juga beresiko tinggi terkena stroke. Tekanan darah yang terus meningkat dan tak terkendali akibat seringnya mengonsumsi makanan asin akan merusak pembuluh darah. Pembuluh darah yang rusak ini dapat menyebabkan stroke.

Baca Juga: Favorit Kita Semua, Tapi 5 Makanan Ini Bikin Cepat Pikun Lho!

3. Kanker perut

Ngeri, Ini Lho 5 Bahaya Jika Sering Mengonsumsi Makanan Asin!kxly.com

Seseorang yang sering mengonsumsi makanan asin beresiko tinggi terkena kanker perut lho, mengapa bisa? Karena penumpukan garam di dalam usus dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri H.pylory semakin tinggi. Bakteri ini merupakan jenis bakteri yang bisa menyebabkan peradangan pada lambung dan kanker perut.

4. Gagal ginjal

Ngeri, Ini Lho 5 Bahaya Jika Sering Mengonsumsi Makanan Asin!mypain.ca

Gagal ginjal merupakan salah satu penyakit kronis yang ditakuti oleh banyak orang karena pengobatannya yang mahal serta susahnya untuk mendapatkan donor ginjal. Namun, jika kamu terlalu sering mengonsumsi makanan asin, akan membuat kamu beresiko terkena gagal ginjal lho.

Garam yang dihasilkan oleh makanan asin yang dikonsumsi terlalu banyak dan terlalu sering akan membuat ginjal bekerja lebih banyak dari biasanya. Ginjal yang terlalu banyak bekerja akan membuat ginjal kamu beresiko mengalami kerusakan sehingga kamu akan terkena gagal ginjal. Mengerikan bukan?

5. Osteoporosis

Ngeri, Ini Lho 5 Bahaya Jika Sering Mengonsumsi Makanan Asin!unsplash.com/rawpixel

Mengonsumsi makanan asin terlalu sering bisa meningkatkan resiko seseorang terkena osteoporosis, mengapa? Karena garam mengandung ion natrium. Natrium ini dikeluarkan dari tubuh manusia dengan membawa sebagian kalsium.

Jika kamu mengonsumsi makanan asin terlalu sering dan dengan jumlah yang banyak, akan membuat kalsium yang dibawa semakin banyak dan akhirnya kalsium tersebut lama kelamaan akan hilang dari tubuh kamu. Tubuh yang tidak lagi memiliki kalsium akan menyebabkan kerapuhan pada tulang atau yang lebih dikenal dengan nama osteoporosis.

Lebih baik makan yang normal-normal saja, jangan terlalu asin jangan terlalu manis. Toh lebih enak kalau aneka rasa unik makanan itu bisa kamu rasakan bukan?

Baca Juga: 7 Makanan Ringan Ini Membantumu Meningkatkan Kesehatan Jantung

Eliza Ustman Photo Verified Writer Eliza Ustman

'Menulislah dengan hati, maka kamu akan mendapatkan apresiasi yang lebih berarti'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya