Comscore Tracker

Dikenal Lebih Menyehatkan, Ini 5 Kelebihan Makanan Organik 

Lebih enak dan segar daripada makanan konvensional

Makanan organik merupakan makanan yang diproduksi dengan menggunakan metode standar pertanian organik. Pertanian organik menampilkan praktik yang mempromosikan keseimbangan okologi dan keanekaragaman hayati. Makanan organik terdiri dari berbagai macam jenis lho, yaitu buah-buahan, sayuran, daging, produk susu, dan makanan bayi.

Banyak orang beranggapan bahwa, makanan organik lebih menyehatkan daripada makanan konvensional (non organik) lho, mengapa? Karena proses produksi makanan organik tidak menggunakan tambahan bahan kimia, seperti produksi makanan konvensional, yang menggunakan bahan kimia selama proses produksi dan pengolahan hasil pertanian.

Selain itu, kualitas rasa dan makanan juga lebih baik daripada makanan konvensional lho, karena tidak menggunakan pengawet, lebih segar, dan tidak dibekukan seperti halnya makanan konvensional. Nah, agar kamu tidak ragu-ragu lagi mengonsumsi makanan organik, kamu bisa simak lima ulasan berikut tentang kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh makanan organik. Baca sampai habis ya!

1. Memiliki dampak antioksidan yang lebih besar daripada makanan konvensional (non organik)

Dikenal Lebih Menyehatkan, Ini 5 Kelebihan Makanan Organik geneticliteracyproject.org

Kelebihan pertama dari makanan organik adalah memiliki dampak antioksidan yang lebih besar pada tubuh, daripada makanan konvensional. Beberapa peneliti yang melakukan penelitian mengenai efek antioksidan pada makanan organik terhadap kondisi kesehatan, menemukan fakta bahwa, antioksidan memiliki dampak yang sangat besar pada makanan organik, dibandingkan dengan makanan konvensional. Hal tersebut terjadi karena bahan kimia asing tidak memiliki dampak yang negatif pada berbagai macam vitamin, mineral, dan senyawa pada makanan organik.

Selain itu, penelitian terbaru menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan organik, dapat meningkatkan asupan antioksidan seperti yang diinginkan, serta juga dapat mengurangi paparan dari logam berat yang beracun.

2. Mencegah resistensi antibiotik

Dikenal Lebih Menyehatkan, Ini 5 Kelebihan Makanan Organik prideofmaui.com

Kelebihan kedua dari makanan organik adalah mencegah resistensi antibiotik. Resistensi antibiotik terjadi saat bakteri berubah dalam menanggapi obat-obatan, yang disebabkan oleh penyalahgunaan dan penggunaan antibiotik secara berlebihan. Seseorang biasanya mengonsumsi obat antibiotik jika sedang sakit, yang biasanya juga mengonsumsi makanan konvensional, karena mudah didapat.

Padahal, sumber makanan konvensional, terutama hewan ternak, juga menggunakan antibiotik lho pada makanannya. Nah, dosis ekstra antibiotik ini lah yang akan memicu terjadinya resistensi antibiotik, yang nantinya bisa menyebabkan menurunnya sistem kekebalan tubuh, sehingga akan memperlambat penyembuhan. Berbeda dengan makanan organik, yang petani sapinya tidak menggunakan antibiotik pada makanan hewan ternaknya, sehingga dapat mengurangi resiko resistensi antibiotik.

3. Kadar residu pestisida yang lebih rendah

Dikenal Lebih Menyehatkan, Ini 5 Kelebihan Makanan Organik foodrevolution.org

Nah, ini dia salah satu kelebihan terbesar dari makanan organik, yaitu kadar residu pestisidanya lebih rendah daripada makanan konvensional. Makanan organik memiliki residu, karena pestisida digunakan untuk tanaman organik, agar tanaman tidak diserang serangga. Namun jangan khawatir, karena kadar residu pestisidanya lebih rendah dibandingkan dengan makanan konvensional.

4. Mengandung lebih banyak nutrisi

Dikenal Lebih Menyehatkan, Ini 5 Kelebihan Makanan Organik sunshinefoodandvitamin.com

Selain memiliki dampak besar terhadap antioksidan, makanan organik juga kaya akan nutrisi lho. Penitian menunjukkan fakta bahwa, makanan organik mengandung vitamin C, kalsium, magnesium, dan zat besi yang sangat penting untuk kesehatan tubuh kita.

5. Mengandung asam lemak omega-3 yang lebih tinggi

Dikenal Lebih Menyehatkan, Ini 5 Kelebihan Makanan Organik foodbev.com

Salah satu syarat utama agar bisa menjadi makanan organik, adalah dengan cara menggunakan rumput dan alfalfa pada makanan hewan ternaknya. Ternyata, penggunaan alfalfa dan rumput untuk bahan makanan hewan ternak, dapat menghasilkan asam lemak omega-3 yang cukup tinggi.

Asam lemak omega-3 ini, merupakan salah satu asam lemak yang dapat menyehatkan jantung, dibandingkan dengan asam lemak lainnya. Asam lemak omega-3 ini banyak terkandung dalam produk susu, daging, dan telur organik.

Nah, itulah ulasan dari lima kelebihan yang dimiliki oleh makanan organik, yang ternyata sangat menyehatkan, dibandingkan dengan makanan konvensional. Meski harga makanan organik lebih mahal dari makanan konvensional, namun kamu akan merasakan banyak manfaat kesehatan lho, jika rutin mengonsumsinya. Ingat, kesehatan lebih berharga dari apapun di dunia ini!

Baca Juga: 5 Makanan yang Gak Boleh Disimpan Di Kulkas, Catat Ya!

eliza Photo Community Writer eliza

'Menulislah dengan hati, maka kamu akan mendapatkan apresiasi yang lebih berarti'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You