Comscore Tracker

Terungkap, Inilah 7 Manfaat Ajaib Paprika untuk Tubuh Kita 

Abaikan rasa pedasnya, dan rasakan manfaatnya!

Paprika merupakan rempah-rempah bubuk pedas dari spesies keluarga cabai Capsicum anuum, yang terbuat dari buah kering capsicum atau lada. Paprika biasanya digunakan untuk menambah rasa dan warna pada masakan, seperti sup, semur, dan masakan lainnya.

Selain digunakan untuk masakan, paprika juga kaya akan vitamin, nutrisi, dan antioksidan yang ternyata menawarkan banyak manfaat untuk tubuh kita. Wah, kira-kira apa saja ya manfaat paprika untuk tubuh kita? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Meningkatkan kualitas tidur

Terungkap, Inilah 7 Manfaat Ajaib Paprika untuk Tubuh Kita medibank.com.au

Manfaat pertama dari paprika untuk tubuh adalah dapat meningkatkan kualitas tidur lho, mengapa? Karena kandungan vitamin B6 yang ada pada paprika, mampu untuk meningkatkan hormon serotonin dan norepinefrin, sehingga tubuh terhindar dari stres dan menjadi lebih rileks, sehingga akan memudahkanmu untuk tidur nyenyak.

Selain itu, vitamin B6 pada paprika juga memiliki efek neurologis dan psikologis yang cukup kuat, sehingga dapat memproduksi hormon melatonin, yang nantinya dapat menjaga kualitas tidur agar tetap normal.

2. Membantu proses penyembuhan luka

Terungkap, Inilah 7 Manfaat Ajaib Paprika untuk Tubuh Kita advancedtissue.com

Paprika merupakan sumber vitamin E yang baik lho,yang nantinya dapat memproduksi sel darah merah. Hal tersebut sangat bermanfaat untuk proses penyembuhan luka lho, mengapa bisa? Karena dengan kemampuan vitamin E untuk memproduksi sel darah merah, maka ia dapat membantu membentuk gumpalan saat terjadi luka, sehingga luka akan lebih cepat sembuh.

3. Mencegah kanker

Terungkap, Inilah 7 Manfaat Ajaib Paprika untuk Tubuh Kita nypost.com

Ternyata paprika tak hanya bisa membantu proses penyembuhan luka saja, namun juga bisa mencegah kanker. Kandungan beta-karoten yang ada pada paprika, mampu menurunkan resiko kanker. Selain itu, kandungan capsaicin yang ada pada paprika berpotensi besar untuk menyembuhkan atau mencegah kanker dengan cara menekan gen yang memberi sinyal pada tumor untuk memperbesar ukurannya.

Baca Juga: Lawan Radikal Bebas, Ini 5 Makanan Sehat untuk Detoksifikasi Tubuhmu!

4. Mencegah penuaan dini

Terungkap, Inilah 7 Manfaat Ajaib Paprika untuk Tubuh Kita theactivetimes.com

Kandungan beta-karoten pada paprika tak hanya dapat mencegah kanker saja, namun juga bisa mencegah penuaan dini, mengapa? Karena kandungan beta-karoten pada paprika, merupakan prekursor vitamin A. Vitamin A pada tubuh berperan penting dalam pemeliharaan kesehatan kulit, sehingga dapat mencegah munculnya kerutan di area kulit, yang merupakan salah satu tanda-tanda penuaan. Selain itu, paprika juga mampu membuat kulit tampak lebih cerah.

5. Merangsang pertumbuhan rambut

Terungkap, Inilah 7 Manfaat Ajaib Paprika untuk Tubuh Kita eatthis.com

Ternyata, selain dapat mencegah penuaan dini, mengonsumsi paprika juga dapat merangsang pertumbuhan rambut lho, mengapa? Karena zat besi yang ada pada paprika dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut dan meningkatkan sirkulasi pada kulit kepala.

6. Mengatasi radang sendi

Terungkap, Inilah 7 Manfaat Ajaib Paprika untuk Tubuh Kita medicalnewstoday.com

Paprika mengandung karotenoid, yang umumnya terdiri dari beta-cryptoxantin, beta-karoten, dan lutein. Beta-cryptoxantin terkenal dengan kemampuannya untuk mengurangi peradangan pada radang sendi.

7. Menjaga kesehatan mata

Terungkap, Inilah 7 Manfaat Ajaib Paprika untuk Tubuh Kita pharmaca.com

Paprika mengandung vitamin A yang tinggi dan menempati sekitar 71% dari kebutuhan yang dibutuhkan oleh tubuh lho, sehingga dapat meningkatkan penglihatan di malam hari, dan juga mencegah degenerasi makula yang sering terjadi pada para lansia.

Selain itu, kandungan lutein dan zeaxanthin yang ada pada paprika juga mampu untuk mencegah masuknya sinar cahaya yang berbahaya bagi mata, sehingga kesehatan mata dapat terjaga.

Nah, itulah 7 manfaat ajaib paprika untuk tubuh kita, yang ternyata gak hanya baik untuk kesehatan, namun juga bermanfaat untuk kecantikan. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 7 Fakta Unik tentang Seitan, Makanan Sehat yang Mirip Daging

eliza ustman Photo Community Writer eliza ustman

'Hope is dream that doesn't sleep'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You