Comscore Tracker

5 Makanan Lebaran Khas dari Berbagai Penjuru Dunia

#RamadanMasaKini Semuanya menggoyang lidah

Hari raya Idul Fitri sudah pasti dirayakan umat Muslim seluruh dunia dengan sukacita. Selain itu, selalu ada yang unik di hari pertama. Apalagi kalau bukan makanan yang dihidangkan saat menjamu para kerabat dan tamu. Tiap negara punya menu hidangan khasnya masing-masing lho. Kita intip yuk.

1. Kue kaak khas Timur Tengah

5 Makanan Lebaran Khas dari Berbagai Penjuru Duniahttps://www.tripadvisor.co.uk/Zahira

Penganan yang wajib ada di Timur Tengah saat lebaran adalah kue kaak atau ada juga yang menyebutnya kahk. Kue ini berbahan dasar sederhana, yakni tepung terigu, mentega, telur, gula dan susu kental manis. Yang sedikit membedakan, kue ini diberi bumbu jintan hitam, kapulaga serta bumbu spekuk khas Arab. Juga ada isian berupa potongan kacang kenari. Selain nikmat, kue ini juga sekaligus sebagai jamu untuk meningkatkan stamina tubuh lho.

2. Gulha, penganan gurih dari Maladewa

5 Makanan Lebaran Khas dari Berbagai Penjuru Duniahttps://alchetron.com

Sebagai wilayah yang dikelilingi lautan tentu bisa ditebak ya, hidangan khas lebarannya pasti nggak jauh-jauh dari olahan hasil laut. Yap, dua hidangan khas lebaran negeri yang berpenduduk seratus persen muslim ini disebut gulha dan kulhi boakiba.

Gulha mirip seperti kerupuk ikan berbentuk bulat, dengan campuran ikan tuna sebagai bahan utama. Yang bikin khas adalah bumbu daun kari yang dimasukkan ke dalam adonan. Sementara itu kulhi boakibaa adalah campuran nasi dan ikan tuna, yang dimasak dengan aneka rempah. Jangan heran ya. Maladewa memang salah satu pengekspor ikan tuna terbesar di dunia.

3. Si manis baklava dari Turki

5 Makanan Lebaran Khas dari Berbagai Penjuru DuniaPexels/Ahmet Sezgin

Makanan khas ketiga adalah baklava. Ini adalah kue dari lapisan phyllo pastry yang diisi dengan kacang-kacangan dan diberi sirup atau madu. Rasanya manis, legit dan renyah. Bagi yang suka manis, jangan ngiler yaaa.

Baca Juga: 7 Fakta Unik tentang Ketupat, Bukan Sekadar Makanan Khas Lebaran

4. Manti dari Asia Tengah

5 Makanan Lebaran Khas dari Berbagai Penjuru Duniahttps://petersfoodadventures.com

Penganan manti sekilas mirip dengan pangsit rebus. Bedanya pangsit ala Asia Tengah ini diisi oleh daging kambing cincang yang sudah dibumbui. Terakhir, di bagian atas diberi taburan rempah daun-daunan, membuat camilan gurih ini menyebarkan aroma wangi semerbak. Selain terkenal di Asia Tengah dan Rusia, camilan ini juga bisa ditemukan di Turki saat lebaran. 

5. You Xiang dari Cina

5 Makanan Lebaran Khas dari Berbagai Penjuru DuniaMahramco.com

Suku Hui yang bermukim di daerah Barat Laut Cina, miliki santapan Lebaran yang khas, yakni you xiang. Ini adalah makanan berbahan tepung, ragi, garam, dan minyak. Biasa dimakan bersama sup atau makanan lainnya. Yang menarik, camilan ini biasa diberikan kepada saudara dengan cara dikemas dalam jumlah genap. Cara makannya pun tidak boleh langsung dimakan utuh, melainkan dipotong kecil-kecil terlebih dulu.

Nah, enak-enak kan menunya. Jadi nggak sabar kan nunggu lebaran tiba.

Baca Juga: 5 Makanan Berbuka yang Nggak Bikin Tubuhmu Jadi ‘Lebaran’

Ella Devianti Photo Community Writer Ella Devianti

A born to be writer.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You