Comscore Tracker

5 Rekomendasi Kuliner Legendaris di Gresik, Rasanya Endul!

Hati-hati dibuat ketagihan dengan rasanya #LokalIDN

Terkenal dengan sebutan Bumi Para Wali, Kota Gresik terletak di wilayah Barat Laut dari Kota Surabaya. Selain terkenal dengan berbagai macam wisata religi dan alamnya, Gresik juga merupakan rumah bagi wisata kuliner unik legendaris, khususnya di Provinsi Jawa Timur.

Makanan legendaris khas Gresik terdiri dari berbagai macam jenisnya, mulai dari makanan kelas ringan hingga kelas berat. Kuliner unik dari Gresik ini tentunya tidak akan dengan mudah ditemukan di tempat lain, sehingga apabila kamu bertandang ke Gresik jangan sampai melewatkan beberapa kulinernya yang sedap dan tentunya endul banget.

Berikut ini terdapat beberapa rekomendasi kuliner legendaris khas Kota Gresik yang wajib kamu coba. Jangan lupa dicatat ya!

1. Rawon Tulang Pak Nawi

5 Rekomendasi Kuliner Legendaris di Gresik, Rasanya Endul!Rawon Tulang Pak Nawi, Gresik (dok.pribadi/FeLLis Akbar)

Kuliner Gresik yang pertama adalah makanan dengan kuah cokelatnya yang menggoda, rawon. Siapa sih yang tidak mengenal rawon sebagai salah satu kuliner legendaris khas Indonesia? Namun, rawon khas dari Gresik ini memiliki cita rasa yang unik dan sedikit berbeda dari rawon pada umumnya.

Rawon khas Gresik yang dapat kamu temukan dan cicipi, salah satunya ada di warung Rawon Tulang Pak Nawi ini. Kuah rawonnya yang cokelat serta tidak terlalu pekat dan sedikit berminyak, disertai dengan cita rasanya yang gurih, segar, dan sedikit asam dijamin akan memanjakan lidah siapapun yang mencicipinya.

Pada umumnya penyajian nasi rawon ialah dengan ditemani taoge. Tetapi berbeda halnya dengan Rawon Tulang Pak Nawi yang satu ini. Di sini menu nasi rawon yang disajikan adalah dengan tulang dan daging sapi.

Selain cita rasa rawonnya yang khas dan penyajiannya yang unik, tekstur daging yang sangat empuk juga menjadi primadona pelanggan di sini, lho.

Satu porsi nasi rawon tulang terdiri dari nasi, rawon, dan sambal mentah. Cita rasa dari sambalnya memanglah sedikit pedas dan asam, tetapi jangan khawatir apabila dipadukan dengan kuah rawonnya yang lembut dan segar maka akan terasa lebih nikmat lagi.

Selain tersedia nasi rawon, terdapat beberapa menu lainnya seperti nasi krawu, krengsengan, dan kari ayam. 

Lokasi:
Jalan Gubernur Suryo, Gomas, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Hari dan jam buka: setiap hari, 24 jam.

Harga: 

  • Rawon tulang Rp 25.000
  • Nasi krawu Rp 15.000
  • Krensengan Rp 15.000
  • Kari ayam Rp 15.000.

 

2. Sego Krawu dan Sego Menir Buk Marjani

5 Rekomendasi Kuliner Legendaris di Gresik, Rasanya Endul!Nasi Krawu dan Nasi Mener Buk Marjani, Gresik (dok.pribadi/Bagus St)

Kota Gresik tentunya identik dengan kuliner yang satu ini, nasi krawu. Banyak warung dan kedai yang menyajikan nasi krawu khas Gresik, tetapi Nasi Krawu Bu Marjani ini berbeda dari yang lainnya. Sebab nasi krawu di sini menggunakan lauk berupa jeroan, di mana umumnya menggunakan daging. 

Satu porsi Nasi Krawu Bu Marjani terdiri dari nasi, semur usus, serundeng, dan sambal. Di sini pembeli dapat memesan secara terpisah penyajian antara semur usus dengan nasi krawunya. Cita rasa dari semur usus cukup gurih dan sedikit manis walaupun tidak menggunakan campuran santan dalam proses pengolahannya.

Cita rasa semurnya yang unik dan manis. Pada saat pertama kali di makan akan cukup menonjol terasa di lidah, terlebih lagi apabila dibubuhi dengan sambal terasi yang manis dan pedas.

Bagi kamu yang menginginkan jeroan lain selain usus, tenang jangan khawatir. Sebab di sini tersedia dua jenis jeroan yaitu paru dan usus. Daging jeroan ini memiliki tekstur yang sangat empuk dan berserat.

Pada dasarnya nasi krawu terdiri dari dua tipe yakni kering dan basah. Arti dari nasi krawu itu sendiri adalah daging atau jeroan yang tentunya telah dimasak hingga beberapa jam.

Selain nasi krawu, di Warung Buk Marjani juga terdapat menu andalan lainnya seperti nasi menir. Nasi menir merupakan perpaduan olahan sayur kangkung yang dimasak dengan bumbu bening, lalu dimakan bersama dengan belut bumbu bali.

Lokasi: Jalan Nyai Ageng Pinat, Pekelingan, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Hari dan jam buka: setiap hari, pukul 11.00-20.00 WIB.

Harga: 

  • Nasi krawu, nasi menir bali welut, nasi bali belut, dan nasi semur usus Rp22.500
  • Daging krawu per porsi Rp25.000
  • Semur usus Rp 19.000
  • Sayur menir Rp 6.000
  • Bali welut Rp 4.000
  • Telor bader Rp 6.000.

Baca Juga: 5 Batik Khas Gresik, Ada Motif Mahkota hingga Rusa Bawean

3. Sego Roomo Mbak Dewi

5 Rekomendasi Kuliner Legendaris di Gresik, Rasanya Endul!Sego Roomo Mbak Dewi (dok.pribadi/fudtaqi pradnya)

Kuliner selanjutnya dan tentunya tidak kalah enaknya dari nasi krawu adalah Sego Roomo Mbak Dewi. Istilah Romoo sendiri berasal dari nama sebuah desa di Gresik yaitu Desa Roomo yang merupakan desa tertua di Kabupaten Gresik.

Sego roomo pada dasarnya memiliki tekstur yang hampir mirip dengan pasta dan bubur sumsum. Namun, yang membuatnya berbeda dan unik adalah bahan dasar pembuatannya yang berasal dari olahan tepung beras. Di mana nantinya setelah matang, bumbu roomo akan dapat disajikan bersama dengan bahan makanan lainnya, seperti lontong dan koya.

Satu porsi Sego Roomo Mbak Dewi terdiri dari lontong, sayur (daun bakau dan daun alur yang telah direbus), kerupuk, sambal, koya kelapa, dan pastinya bumbu romoo. Selain sego roomo, di sini juga terdapat beberapa jajanan pasar lainnya seperti sate singkong, bakwan kacang (ote-ote), makgeli, lento, dan masih banyak lagi. 

Sudah berjualan kurang lebih selama 15 tahun dan sekarang diteruskan oleh generasi kedua, kelegendarisan Sego Roomo Mbak Dewi sangatlah terkenal di kalangan masyarakat Gresik sebab rasanya yang unik dan berbeda dari sego roomo yang lainnya. Rasanya yang  penuh rempah dengan sedikit manis, gurih, dan asin sudah menjadi satu kesatuan yang komplit.

Terlebih lagi apabila sego roomo dimakan bersama dengan lento yang dijamin tambah maknyus sehingga cocok banget untuk kamu jadikan menu sarapan sebelum menjelajahi rekreasi religi.

Letaknya yang berada di tengah kota dan tidak jauh dari Alun-Alun Kota Gresik membuat siapapun dapat dengan mudah mengunjunginya.

Lokasi: Karangpoh, Kemuteran, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Hari dan jam buka: setiap hari, pukul 06.00-12.00 WIB.

Harga: Rp 10.000 per porsi.

4. Bebek Cak Selem

5 Rekomendasi Kuliner Legendaris di Gresik, Rasanya Endul!Bebek Cak Selem (instagram.com/kulinergresik)

Beralih menuju kuliner legendaris dengan tekstur yang sedikit lembut dan gembul khas Gresik yakni Bebek Cak Selem. Sejak tahun 1987-an Bebek Cak Selem sudah menyediakan bebek goreng dengan cita rasa yang unik dan sedap menggunakan bumbu khas Gresik. Sehingga, tidak mengherankan apabila Bebek Cak Selem ini menjadi kuliner favorit warga Gresik dan sekitarnya.

Tekstur daging bebek gorengnya yang empuk dan tidak berbau prengus serta bumbu kuningnya yang khas, membuat siapapun yang mencicipinya jadi pengin lagi dan lagi. Sambal pedas khas Cak Selem menjadi penambah cita rasa yang pas dengan perpaduan daging bebek untuk menjadi menu andalan di sini.

Di sini para pembeli dapat memilih lima menu bebek goreng yaitu bebek lepas tulang, bebek kerangka dari bagian dada atau paha, jeroan terdiri dari ati dan ampela, bebek tulangan (bagian leher, brutu, sayap, kepala paha), dan bebek bakar. Namun, menu favorit dan paling laris di Warung Cak Selem adalah bebek lepas tulang.

Daging bebek di sini dimasak dengan bumbu rempah-rempah yang spesial. Bahkan sebelum digoreng pun masih terdapat bumbu racikan sendiri khusus supaya daging bebek Cak Selem memiliki cita rasa yang sedap sebab bumbu yang telah merasuk hingga ke dalam daging. 

Cara menikmati Bebek Cak Selem ini harus dicampur dengan paket pelengkapnya yaitu sambal matah supaya pada saat masuk ke dalam mulut memiliki tatanan rasa yang pas. Sehingga, seimbang serta pas di lidah dan tidak ada rasa yang mendominasi.

Selain rasa dan daging bebek yang sedap, bagi kamu pencinta kulit akan benar-benar dimanjakan sebab kamu bisa memesan ekstra kulit juga lho di sini. 

Lokasi: Jalan Gubernur Suryo Nomor 60, Kroman, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik, Jawa Timur (sebelah barat Mall Gresik atau bekas Ramayana).

Hari dan jam buka: setiap hari, pukul 09.00-21.30 WIB.

Harga: Rp 25.000 per porsi.

5. Nasi Ayam Adun Bu Mani

5 Rekomendasi Kuliner Legendaris di Gresik, Rasanya Endul!Nasi Ayam Adun Bu Mani, Gresik (dok.pribadi/Renggo Stroom)

Pada urutan terakhir, berada di dekat pintu masuk pelabuhan terdapat kuliner endul khas Gresik lainnya yaitu Nasi Ayam Adun Bu Mani yang sudah ada sejak tahun 1970-an dan kini sudah dilanjutkan oleh generasi ketiga, lho. Di sini menu andalan yang disajikan tentu saja berupa ayam dan nasi khas Gresik, seperti yang sudah terlihat jelas dari namanya.

Satu porsi dari Nasi Ayam Adun Bu Mani adalah nasi, ayam, serundeng, dan ekstra kulit ayam. Bagi kamu yang ingin mencicipi ayam dan nasinya secara terpisah jangan khawatir, di sini pelanggan dapat memesan secara terpisah maupun campur untuk penyajian antara nasi dan ayamnya.

Hal yang membedakan olahan ayam Warung Bu Mani dengan yang lainnya adalah cita rasanya yang unik dan tekstur daging ayam yang empuk serta berserat, di mana hampir mirip dengan masakan ayam opor.

Kuah ayamnya cukup kental dan oily, tetapi rasanya lebih condong ke asin dan gurih. Selain cita rasa dari ayamnya sendiri, serundeng sebagai topping tambahan juga memiliki rasa yang unik dengan sedikit manis serta gurih dari olahan parutan kelapa.

Parutan serundeng yang dipadukan dengan rasa manis dan pedas dari sambal matah, dijamin membuat kamu sayang untuk melewatkan kuliner yang satu ini!

Lokasi: Pulopancikan, Kebungson, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. 

Hari dan jam buka:

  • Selasa-Minggu, pukul 05.15-12.00 WIB
  • Selasa-Minggu, pukul 14.00 WIB-habis (khusus bulan Ramadhan).

Harga: Rp 22.000 per porsi (semua menu).

Itulah beberapa rekomendasi kuliner legendaris yang wajib banget untuk kamu kunjungi dan cicipi pada saat kamu berada di Kota Gresik.

Lalu, adakah kuliner yang paling ingin kamu cicipi dan kunjungi?

Baca Juga: Rekomendasi 9 Wisata di Gresik yang Pas Banget untuk Tempat Healing

Elvina Ekaningtyas Photo Verified Writer Elvina Ekaningtyas

"Don't just study hard but also study smart"

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya