Comscore Tracker

Selalu Ramai, 6 Kuliner Ini Wajib Kamu Coba Saat ke Yogyakarta

Harus rela antre, ya! #LokalIDN

Berwisata tak lengkap rasanya tanpa berburu wisata kuliner khas daerah yang kita kunjungi. Termasuk ketika berkunjung ke Yogyakarta, wajib hukumnya untuk mencicipi berbagai macam kuliner khas Jogja. Kuliner apa sih yang harus diburu saat ke Jogja? Mungkin yang paling banyak orang tahu adalah gudeg. 

Tak hanya gudeg, Jogja memiliki berbagai macam kuliner yang populer bahkan selalu ramai. Orang-orang rela mengantre berjam-jam untuk makan di tersebut. Jadi, kalau kamu mau ke sana harus bersabar, ya! Berikut beberapa destinasi wisata kuliner yang selalu ramai di Yogyakarta.

1. Mie Ayam Bu Tumini

Selalu Ramai, 6 Kuliner Ini Wajib Kamu Coba Saat ke Yogyakartainstagram.com/jogjakakilima

Mi ayam merupakan makanan yang sudah sangat umum dijumpai di Indonesia. Sajian mie dengan potongan ayam ini bisa kita dapatkan di berbagai daerah di Indonesia. Tapi, di Jogja ada mi ayam yang tidak boleh kamu lewatkan yaitu Mie Ayam Bu Tumini.

Terletak di sebelah terminal Giwangan, Mie Ayam Bu Tumini selalu ramai pengunjung, terlebih di jam makan siang. Kamu harus rela menunggu untuk mendapatkan kursi yang seringkali sudah penuh. Mi ayam ini memiliki kuah kental dengan cita rasa khasnya serta potongan ayam yang besar-besar, pastinya tidak boleh kamu lewatkan saat ke Jogja!

2. Gudeg Pawon

Selalu Ramai, 6 Kuliner Ini Wajib Kamu Coba Saat ke Yogyakartainstagram.com/gudegpawonjogja

Sebagai salah satu ikon kuliner di Jogja, tentu makanan yang satu ini dapat dijumpai di berbagai tempat. Tetapi, ada tempat-tempat yang selalu ramai, salah satunya adalah Gudeg Pawon. Gudeg yang satu ini terletak di jalan kecil di daerah Umbulharjo namun tak pernah sepi pengunjung.

Seperti namanya, kamu harus masuk ke pawon alias dapur saat ingin memesan. Meskipun buka jam 10 malam, kamu harus datang lebih awal agar tidak perlu mengantre berjam-jam. Kecuali kamu suka mengantre maka tak apa datang lebih dari jam 10 malam. Tapi, jangan terlalu malam karena gudeg yang satu ini bisa habis dalam dua jam!

Baca Juga: 5 Kafe Berkonsep Unik di Jogja, Cocok untuk Nongkrong Bersama Teman!

3. Gudeg Mercon Ibu Tinah

Selalu Ramai, 6 Kuliner Ini Wajib Kamu Coba Saat ke Yogyakartainstagram.com/gudegmercon.ibutinah

Selain gudeg pawon ada pula gudeg lainnya yang rami pengunjung yaitu Gudeg Mercon Ibu Tinah. Tak seperti gudeg pada umumnya yang memiliki rasa manis, Gudeg Mercon Ibu Tinah memiliki cita rasa yang akan memanjakan lidah pecinta kuliner pedas. Gudeg yang satu ini bisa dijumpai di Jl. Asem Gede, Cokrodiningratan, Kecamatan Jetis, Yogyakarta.

Meskipun hanya berbentu tenda sederhana rasa yang ditawarkan tidaklah main-main. Berbagai pilihan lauk juga disediakan mulai dari telur, ayam, gorengan, sate, tahu hingga tempe. Mulai buka sekitar setengah sepuluh malam, kamu harus siap menjumpai antrean mengular saat sedang ramai.

4. Bakmie Jowo Mbah Gito

Selalu Ramai, 6 Kuliner Ini Wajib Kamu Coba Saat ke Yogyakartainstagram.com/bakmijowombahgito

Bakmi jowo menjadi salah satu pilihan saat kamu berkunjung ke Yogyakarta. Tempat rekomendasi untuk menyantap makanan yang satu ini adalah Bakmi Jowo Mbah Gito. Teletak di kawasan kotagede, Bakmi Mbah Gito memiliki desain interior yang sangat unik yang didominasi dengan kayu. Sejumlah public figure juga sempat berkunjung ke tempat ini, beberapa diantaranya adalah Bambang Pamungkas, Boediono, Indro Warkop hingga Dude Harlino.

5. Sate Klathak Pak Pong

Selalu Ramai, 6 Kuliner Ini Wajib Kamu Coba Saat ke Yogyakartainstagram.com/satepakpong

Sate klathak adalah sate kambing yang ditusuk dengan jeruji besi saat membakarnya sehingga memiliki kematangan yang merata. Salah satu sate klathak yang populer di Yogyakarta adalah Sate Klathak Pak Pong. Sate yang satu ini terletak di Jl. Sultan Agung No.18, Jejeran II, Wonokromo, Kec. Pleret, Bantul. Disajikan dengan bumbu sederhana, sate klathak memiliki cita rasa khas yang wajib kamu coba sendiri.

6. Kopi Joss

https://www.youtube.com/embed/viQNzvZHF9s

Selain makanan, ada pula minuman yang terkenal di Yogyakarta, salah satunya adalah kopi joss. Kopi joss merupakan kopi khas Jogja yang disajikan dengan arang panas dan dipercaya memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan. Salah satu tempat yang populer untuk menyantap kopi ini adalah Angkringan Lik Man. Angkringan yang satu ini terletak disekitar kawasan Stasiun Tugu Jogja.

7. Cilok Gajahan

Selalu Ramai, 6 Kuliner Ini Wajib Kamu Coba Saat ke Yogyakartainstagram.com/cilok_gajahan

Selain makanan dan minuman, ada pula cemilan yang selalu ramai di Yogakarta. Cemilan tesebut adalah Cilok Gajahan. Cilok yang satu ini selalu ramai pembeli bahkan sekarang sudah menggunakan nomor untuk antreannya. Untuk mencicipi cilok yang satu ini kamu bisa langsung ke alun-alun selatan Yogyakarta saat sore hari. Jangan sampai telat karena cilok gajahan cepat sekali habis.

Itulah beberapa kuliner yang selalu ramai pengunjung di Yogyakarta. Harus banget kamu coba kalau punya banyak waktu di Yogyakarta. Atau kamu sudah pernah coba semuanya?

Baca Juga: 10 Kuliner Bantul Ini Wajib Dicoba Kalau Kamu Liburan ke Jogja

Akid Musyafa Photo Writer Akid Musyafa

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya