Comscore Tracker

7 Warung Sate di Yogyakarta Pilihan Artis hingga Turis Mancanegara

Kamu udah pernah nyobain belum?

Tak dapat dipungkiri bahwa Yogyakarta merupakan salah satu surganya kuliner. Selain terkenal dengan gudegnya, banyak makanan lain yang sudah dikenal hingga mancanegara. Salah satu kuliner yang populer dan tidak boleh dilewatkan saat berada di Yogyakarta adalah satenya.

Banyak public figure di Indonesia dan turis dari berbagai negara memiliki warung sate favorit di Yogyakarta. Berikut beberapa warung sate yang menjadi pilihan para artis dan turis di Yogyakarta. 

1. Sate Klathak Pak Pong

7 Warung Sate di Yogyakarta Pilihan Artis hingga Turis Mancanegarainstagram.com/awkarin

Sate klathak merupakan sate kambing khas Yogyakarta yang memiliki ciri khas ditusuk menggunakan jeruji besi. Penggunaan jeruji besi bukannya tanpa alasan melainkan bertujuan agar sate matang luar dan dalam. Meski hanya dibumbui garam, sate yang satu ini banyak digemari termasuk oleh beberapa artis papan atas Indonesia.

Rekomendasi pertama ketika ingin mencari sate klathak adalah Sata Klathak Pak Pong yang berada di daerah Pleret, Bantul. Kalau mau kesini, kamu harus pintar-pintar memilih waktu. Jangan sampai salah pilih waktu dan menyebabkan kamu harus antri panjang demi makan sate yang satu ini.

2. Sate Klathak Pak Bari

7 Warung Sate di Yogyakarta Pilihan Artis hingga Turis Mancanegarainstagram.com/kulinerjogja_omden

Siapa yang tidak tahu Pandji Pragiwaksono? Ia adalah stand up comedian yang sangat terkenal di Indonesia. Nah, Sate Klathak Pak Bari ini adalah satu-satunya pilihan sate klathak yang disukai oleh Pandji, tidak mau yang lain. Ia mengaku selalu berusaha menyempatkan ke tempat ini saat berada di Jogja. 

Selain menjadi favorit Pandji Pragiwaksono, Sate Klathak Pak Bari juga pernah menjadi lokasi syuting film AADC 2. Sate yang terletak di Pasar Wonokromo ini menjadi saksi perjalanan Rangga dan Cinta. Buka mulai pukul 18:30 hingga jam satu dini hari, Sate Klathak Pak Bari cocok jadi santap malam kamu.

3. Sate Sapi Karang Pak Prapto

7 Warung Sate di Yogyakarta Pilihan Artis hingga Turis Mancanegarainstagram.com/javafoodie

Selain sate klathak, ada warung sate lain yang sudah melegenda di Yogyakarta. Bukan berbahan daging kambing atau ayam melainkan daging sapi. Sate Karang Pak Prapto namanya, dinamai sesuai lokasinya yaitu di lapangan Karang, Kotagede.

Sate yang satu ini sudah turun temurun sejak tahun 1940-an hingga kerap disebut juga sebagai Sate Karang Mbah Karyo, sesuai nama perintisnya. Sate karang, memiliki cita rasa yang berbeda dengan bumbu kacang yang lebih kering dan disajikan dengan lontong serta lodeh tempe pedas dengan kuah santan layaknya ketupat sayur. 

Baca Juga: 5 Kuliner Enak Yogya Ala Food Vlogger Luke Martin, Wajib Banget Cobain

4. Sate Kambing Mbah So

7 Warung Sate di Yogyakarta Pilihan Artis hingga Turis Mancanegarainstagram.com/warungsatembahso

Sebagai bekas ibu kota kerajaan Mataram, Kotagede memiliki sate lainnya yang melegenda. Diberi nama sesuai perintisnya, Sate Kambing Mbah So sudah berdiri sejak tahun 1999 dan kini sudah berada di generasi kedua. Namun, kini sate yang satu ini sudah tidak lagi berada di Kotagede melainkan berada di Jl. Gedongkuning, Banguntapan.

Sate Kambing Mbah So memiliki cita rasa empuk yang disajikan dengan bumbu kecap, irisan bawang merah, tomat, irisan cabai, dan timun serta nasi putih yang nasi putih yang melengkapi kelezatan sate ini. Selain sate kambing, ada pula menu lain yang tidak kalah populer diantaranya tongseng, gulai, tengkleng, hingga nasi goreng kambing.

5. Sate Kambing Sor Talok

7 Warung Sate di Yogyakarta Pilihan Artis hingga Turis Mancanegarainstagram.com/jogjabikinlaper

Sate Sor Talok adalah warung sate yang berada di Jl. Pramuka, Area Sawah, Trirenggo, Kec. Bantul, D.I. Yogyakarta. Sate ini dianggap sebagai sate yang paling enak di Asia Tenggara oleh pakar kuliner Indonesia, William Wongso. Warung sate yang satu ini memiliki menu andalan sate klathak yang berbeda.

Sate klathak yang biasanya hanya dibumbui garam, Di Sate Sor Talok pelanggan bisa memilih menggunakan bumbu kecap atau kuah gulai. Potongan daging kambingnya juga besar-besar sehingga satu porsi sate hanya berisi dua tusuk. 

6. Sate Petir Pak Nano

7 Warung Sate di Yogyakarta Pilihan Artis hingga Turis Mancanegarainstagram.com/javafoodie

Rekomendasi yang satu ini cocok banget buat kamu para pecinta kuliner pedas, nih! Sate Petir Pak Nano yang berada di Jalan Ringroad Selatan ini terkenal dengan sajiaanya yang super pedas. Beberapa public figure juga pernah data ke sini, salah satunya adalah Deddy Corbuzier.

Sate Petir Pak Nano menyajikan sate kambing yang disajikan dengan bumbu kecap dan irisan cabai rawit yang bisa disesuaikan dengan permintaan pelanggan. Jadi, kalau kamu tidak bisa makan pedas masih bisa makan di sini. 

7. Sate Ratu Jogja

7 Warung Sate di Yogyakarta Pilihan Artis hingga Turis Mancanegarainstagram.com/travelokaeats

Sate yang satu ini tidak hanya terkenal di Indonesia, tapi bahkan sudah sampai mendunia.  Sate Ratu namanya, telah melayani turis yang dari  berabgai negara seperti Jepang, China, Korea, Singapura, Aruba, Saudi Arabia, Maroko, hingga Tanzania. Tak heran, jika sate ini mendapat banyak penghargaan 'Certificate of Excellence' dari Trip Advisor pada 2017 dan 2018.

Kamu bisa menemukan Sate Ratu di Jl. Magelang, tepatnya di Jogja Paradise Food Court. Buka mulai jam 11:00 hingga 21:00, kamu tidak boleh melewatkan menu andalannya yaitu sate ayam merah. 

 

Nah, itulah beberapa warung sate terkenal dan melegenda yang berada di Yogyakarta. Banyak artis kenamaan ibu kota hingga turis dari luar negeri udah pernah nyoba, nih! Masa kamu belum?

Baca Juga: Liburan ke Yogyakarta? Jangan Lupa Coba 8 Rekomendasi Kuliner Ini

Akid Musyafa Photo Writer Akid Musyafa

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya