Comscore Tracker

7 Olahan Cumi dengan Bumbu Rempah, Cita Rasa Khas Nusantara

Olahan mana yang paling kamu suka?

Cumi adalah salah satu seafood yang paling banyak penggemarnya. Hal ini lantaran cita rasanya yang lezat saat diolah menjadi berbagai hidangan. Perpaduan dari bumbu rempah khas Nusantara akan menyatu dengan daging cumi dan menghasilkan cita rasa yang sangat nikmat.

Untuk mengolah cumi tidaklah membutuhkan teknik yang sangat rumit karena dari cara membersihkannya pun cukup mudah. Hal yang perlu kamu siapkan adalah bumbu-bumbu rempah yang ingin digunakan.

Yuk, simak sederet kreasi cumi yang dapat kamu jadikan referensi untuk hidangan nikmat nan maknyus bersama keluarga di rumah!

1. Cumi saus padang

7 Olahan Cumi dengan Bumbu Rempah, Cita Rasa Khas Nusantarailustrasi cumi saus padang (instagram.com/amelia_anggraaini)

Seperti namanya, cumi saus padang dibuat dengan menggunakan bumbu khas padang yang kaya akan rempah dan memiliki cita rasa pedas. Selain pedas, rasa yang dihasilkan dari olahan satu ini adalah manis.

Untuk membuat cumi asam manis, pertama cuci bersih cumi dan bersihkan tintanya agar tidak berwarna hitam. Selanjutnya siapkan bahan seperti bawang putih, bawang bombai, cabe merah besar, saus cabai, saus tomat, jeruk nipis, gula pasir, merica bubuk, garam, dan tepung kanji. Haluskan semua bahan kecuali saus dan tumis sampai keharuman.

Selanjutnya, tambahkan saus tomat dan saus cabai kemudian beri sedikit air. Tambahkan bumbu-bumbu penyedap agar semakin nikmat. Masukkan cumi yang telah disiapkan dan masak hingga matang. Setelah matang, cumi asam manis pun siap dihidangkan.

2. Cumi balado

7 Olahan Cumi dengan Bumbu Rempah, Cita Rasa Khas Nusantarailustrasi cumi balado (instagram.com/dekitchen8)

Bumbu balado memang cocok untuk dikreasikan dengan beragam makanan karena rasanya yang selalu klop. Seperti halnya cumi balado ini, dijamin memiliki cita rasa yang menggugah selera, deh.

Untuk mengolah cumi balado, langkah pertama adalah membersihkan cumi dari tulang bening dan buang juga tintanya. Kemudian bilaslah cumi dan potong potong dengan ukuran sedang. Untuk membuat bumbu khas balado siapkan bahan seperti bawang merah, bawang putih, cabe rawit, cabai keriting.

Jika sudah siap, haluskan semua bahan dan tiriskan. Setelah semuanya siap, panaskan sedikit minyak dan tumis bumbu sampai harum. Setelah harum, masukkan potongan cumi dan beri bumbu plengkap rasa seperti gula, garam dan penyedap. Tunggu sampai matang dan cumi balado siap dihidangkan.

3. Cumi hitam

7 Olahan Cumi dengan Bumbu Rempah, Cita Rasa Khas Nusantarailustrasi cumi hitam (instagram.com/wrgpth)

Cumi hitam memang selalu menjadi favorit olahan cumi rumahan. Rasa dari perpaduan bumbu dan tinta hitamnya memang menjadi daya tarik tersendiri untuk kreasi satu ini.
Cara membuat cumi tinta juga tidak sulit, lho.

Langkah pertama, cuci bersih cumi dan buang tulang bening di dalamnya dan biarkan tinta hitamnya. Kamu bisa memotong cumi atau dibiarkan utuh, sesuaikan dengan selera. Untuk bahan yang perlu disiapkan adalah bawang merah, bawang putih dan cabai. Iris tipis semua bahan dan sisihkan.

Untuk menambahkan aroma serta menambah cita rasa, tambahkan daun salam dan lengkuas yang telah digeprek. Tumis semua bumbu sampai harum dan masukkan cumi yang telah disiapkan. Tunggu hingga matang dan empuk, jangan lupa beri bumbu penyedap.

Baca Juga: 6 Olahan Cumi-cumi Khas Jepang, Inspirasi Menu Makan di Rumah 

4. Tumis cumi asin

7 Olahan Cumi dengan Bumbu Rempah, Cita Rasa Khas Nusantarailustrasi tumis cumi asin (instagram.com/dapoer_ibu1234)

Cumi asin saat ini tengah digandrungi para penikmat kuliner, lho. Jika biasanya cumi asin diolah dengan berbagai sambal, namun berbeda dengan olahan tumisan cumi asin satu ini. Selain rasanya yang segar dan lezat, cara membuatnya pun terbilang mudah, lho.

Pertama, rendam cumi selama 10 menit kemudian cuci dan goreng sebentar. Untuk bumbu siapkan cabai merah, bawang merah dan bawang putih. Haluskan bahan tersebut kemudian tumis dan tambahkan daun jeruk agar semakin segar dan wangi.

Agar semakin pedas dan berwarna tambahkan irisan cabai dan tumis bersama bumbu. Setelah harum masukkan cumi yang sudah digoreng. Tumis dan aduk hingga matang merata dan bumbu meresap, ya.

5. Cumi bakar

7 Olahan Cumi dengan Bumbu Rempah, Cita Rasa Khas Nusantarailustrasi cumi bakar madu (instagram.com/eka_fitria_abdrohim)

Cumi bakar adalah salah satu olahan seafood paling populer di warung kaki lima sampai resto seafood, lho. Perpaduan rasa yang gurih dan manis menyatu dengan sempurna, tak heran jika cumi bakar banyak penggemarnya. Untuk menghemat pengeluaran, kamu bisa dengan mudah membuatnya sendiri, lho.

Pertama, siapkan cumi segar kemudian bersihkan dan bilas dengan air mengalir. Sayat bagian luar cumi dan berj perasan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis. Untuk bumbu, siapkan bawang putih, bawang merah, kemiri, jahe, lengkuas, cabe merah keriting. Haluskan semua bahan dan tumis hingga harum.

Agar semakin sedap, tambahkan daun jeruk dan serai pada tumisan bumbu. Tambahkan sedikit air dan aduklah hingga merata. Masukkan cumi ke dalam bumbu dan aduk selama tiga menit. Tiriskan cumi dan tunggu hingga dingin. Setelah itu, bakar cumi di atas panggangan atau teflon hingga berubah warna dan matang. Angkat dan sajikan bersama sambal agar makin lezat.

6. Gulai cumi isi tahu

7 Olahan Cumi dengan Bumbu Rempah, Cita Rasa Khas Nusantarailustrasi gulai cumi isi tahu (instagram.com/sa17ti.an)

Tak hanya daging yang lezat untuk diolah menjadi gulai, lho. Kamu bisa mencoba bahan lainnya untuk dikreasikan menjadi santapan nikmat. Seafood seperti cumi pun tak kalah menggugah selera saat dimasak menjadi olahan gulai.

Pertama-tama, bersihkan cumi seperti biasa kemudian sayat bagian luar dan tiriskan. Siapkan bumbu halus seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, tomat, kunyit, ketumbar dan garam. Haluskan bumbu tersebut dan tumis hingga harum. Setelah harum, tuangkan santan dan berbagai penyedap. Terakhir, masukkan cumi dan masak hingga matang.

7. Cumi crispy

7 Olahan Cumi dengan Bumbu Rempah, Cita Rasa Khas Nusantarailustrasi cumi crispy (instagram.com/dapurdakuma)

Cumi crispy sangat cocok untuk kamu yang kurang minat pada masakan berkuah atau basah. Rasanya yang gurih kriuk cocok disantap dengan nasi hangat. Tenang, cara membuatnya gampang, kok.

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan, bersihkan cumi dari tulang bening dan tintanya kemudian potong melingkar. Untuk adonan tepung basahnya, siapkan tepung maizena, telur, saus tiram, garam, dan lada. Campur semua bahan menjadi satu dan tambahkan air.

Masukkan cumi ke dalam adonan tersebut dan simpan ke dalam kulkas selama 25 menit. Setelah 25 menit, balurkan cumi ke adonan tepung kering. Nah, di sini kamu dapat menggunakan tepung bumbu. Setelah itu, goreng cumi hingga berubah warna menjadi kuning keemasan. Gampang, 'kan?

Cumi-cumi memang salah satu seafood yang cocok dimasak dengan berbagai bumbu. Semua kreasi cumi di atas memiliki cita rasa khas Nusantara yang menggugah selera. Olahan mana yang paling kamu suka?

Baca Juga: 7 Olahan Seafood Lezat dari Berbagai Negara, Enak dan Mudah Dibuat!

Erina Syahda Evelyna Photo Verified Writer Erina Syahda Evelyna

Be yourself

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya