Comscore Tracker

5 Fakta Kenikmatan Nasi Padang, dari Porsi hingga Jadi Judul Lagu

Kenikmatan makanan ini sudah mendunia

Nasi padang adalah salah satu menu kuliner populer di Indonesia. Perpaduan nasi, lauk dan sayur serta bumbu khasnya membuat nasi padang digemari berbagai kalangan. Bahkan, kenikmatan nasi padanhg juga diakui dunia.

Selain nikmat, nasi padang juga memiliki berbagai fakta yang menarik. Apa saja sih fakta-faktanya? Yuk simak di bawah ini penjelasannya.

1. Porsi lebih banyak dibungkus

5 Fakta Kenikmatan Nasi Padang, dari Porsi hingga Jadi Judul Laguinstagram.com/katanyanaufal

Sering kali kamu mendapati porsi nasi padang yang dibungkus lebih banyak daripada dimakan di tempat. Hal ini ternyata sudah dimulai dari zaman penjajahan. Pada zaman penjajahan, hanya bangsawan dan elite yang makan di rumah makan padang. Sedangkan kaum pekerja dan buruh membungkusnya untuk dibawa pulang. Sebagai bentuk solidaritas, pemilik rumah makan padang sengaja menambah porsi nasi padang yang dibungkus agar bisa dinikmati beramai-ramai.

2. Rendang menjadi salah satu makanan terlezat

5 Fakta Kenikmatan Nasi Padang, dari Porsi hingga Jadi Judul Laguromadecade.org

Rendang adalah salah satu menu makanan padang yang populer. Berdasarkan poling yang dilakukan oleh CNN, para traveler dari penjuru dunia memilih rendang sebagai menu terlezat di dunia. Teksturnya yang gurih dan empuk membuat setiap orang tergoda untuk mencicipinya.

Baca Juga: 5 Lauk Favorit dalam Nasi Padang, Paling Sering Diburu! 

3. Foto seorang kakek

5 Fakta Kenikmatan Nasi Padang, dari Porsi hingga Jadi Judul Lagupicdeer.com/tandriekaputra

Foto kakek yang satu ini kerap kali menghiasi dinding rumah makan padang. Beliau adalah Syech Kiramatulla Ungku Saliah, seorang ulama yang dihormati masyarakat Pariaman, Sumatera Barat. Orang Minang percaya dengan memasang foto leluhur, Ungku Saliah akan mendatangkan rezeki.

4. Nama asli nasi padang

5 Fakta Kenikmatan Nasi Padang, dari Porsi hingga Jadi Judul Laguinstagram.com/jajakmalala

Nasi padang tak dikenal di daerah asalnya, Sumatera. Di daerah asalnya, makanan ini dikenal dengan nama nasi kapau dan nasi pauh. Perbedaan terletak pada lauk pauknya. Nasi kapau menyajikan lauk olahan daging sapi atau kerbau sedangkan nasi pauh menyajikan lauk olahan ikan. 

5. Lagu nasi padang

5 Fakta Kenikmatan Nasi Padang, dari Porsi hingga Jadi Judul Lagukvitland.com

Kelezatan dari Nasi Padang tak hanya memikat warga Indonesia, namun juga warga dunia. Audun Kvitland, seorang Youtuber asal Norwegia, menciptakan lagu berjudul Nasi Padang. Hal ini dilakukannya untuk menunjukkan kecintaannya pada makanan yang satu ini. Bahkan saking cintanya, Audun mengatakan jika dia akan menikahi nasi padang jika makanan ini adalah wanita. 

Nah itu dia 5 fakta unik tentang nasi padang. Apakah kamu sudah makan nasi padang hari ini?

Baca Juga: 5 Makanan yang Baik untuk Perkembangan Otak Anak, Jadi Lebih Optimal!

Evan Yulian Philaret Photo Community Writer Evan Yulian Philaret

A language enthusiast and caffeine addict

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You