Comscore Tracker

5 Fakta Unik Tiwul, Makanan Jadul yang Tak Lekang oleh Waktu

Tiwul sama nasi itu saudara lho!

Indonesia memiliki berbagai pesona varian makanan yang beragam. Salah satunya adalah makanan asal Gunung Kidul, Yogyakarta yang disebut tiwul. Makanan yang terbuat dari singkong ini cukup populer di masyarakat. Ternyata di balik kepopulerannya, ada fakta-fakta menarik tentang makanan tiwul ini. Apa saja fakta uniknya? Mari simak di bawah ini!

1. Makanan era penjajahan

5 Fakta Unik Tiwul, Makanan Jadul yang Tak Lekang oleh Waktuforeignaffairs.com

Pada masa penjajahan tahun 1960-an, Tiwul adalah makanan pokok yang populer di masyarakat sebagai pengganti nasi. Pada kala itu, masyarakat tak sanggup membeli beras karena harganya sangat mahal dan sawah sering kekeringan. Maka, hadirlah tiwul sebagai pengganti nasi.

2. Cocok untuk makanan diet

5 Fakta Unik Tiwul, Makanan Jadul yang Tak Lekang oleh Waktupixabay.com/PublicDomainPictures

Tiwul adalah salah satu pilihan makanan yang cocok jika kamu sedang diet. Hal ini dikarenakan tiwul mengandung kalori yang lebih rendah daripada nasi. Selain itu, tiwul juga mengandung kalsium, fosfor, vitamin B1, dan vitamin C yang baik untuk kesehatan. Maka dari itu tiwul baik dan cocok untuk kamu yang lagi diet ketat.

3. Ampuh untuk mengobati diabetes

5 Fakta Unik Tiwul, Makanan Jadul yang Tak Lekang oleh Waktumedicalnewstoday.com

Bagi penderita diabetes, nasi adalah salah satu makanan yang harus dihindari. Hal ini dikarenakan kandungan kalorinya yang tinggi sehingga tak baik bagi penderita diabetes. Masalah ini bisa diatasi dengan mengganti nasi dengan tiwul. Tiwul memiliki kandungan kalori yang lebih rendah dari nasi sehingga baik untuk pengobatan penderita diabetes.

Baca Juga: Tiwul, Oleh-Oleh Khas Gunungkidul yang Jadi Buruan Para Pemudik

4. Tiwul masa kini

5 Fakta Unik Tiwul, Makanan Jadul yang Tak Lekang oleh Waktuunsurtani.com

Pada masa kini, memang tiwul tak lagi menjadi makanan pokok bagi masyarakat. Namun, berbagai varian inovasi tiwul mulai bermunculan seperti tiwul instan. Tiwul instan ini memiliki dua varian, yaitu tiwul manis dan tawar. Makanan instan ini bisa ditemui di kota Malang, Blitar, Yogyakarta, dan Lampung.

5. Identik dengan kemiskinan dan "ndeso"

5 Fakta Unik Tiwul, Makanan Jadul yang Tak Lekang oleh Waktuthepsychologist.bps.org.uk

Jika kita menarik sejarah, tiwul adalah makanan pengganti nasi di zaman penjajahan karena harga beras yang mahal atau gagal panen. Ditambah lagi, sebagian besar masyarakat yang memakan nasi tiwul adalah masyarakat pedesaan. Maka dari itu, paradigma nasi tiwul sebagai makanan masa kemiskinan dan ndeso melekat dengan erat hingga masa kini.

Nah itu dia fakta-fakta unik tentang tiwul. Apakah kamu tertarik untuk coba nasi tiwul?

Baca Juga: Selepas Main di Pantainya, Cicipi 7 Makanan Khas Gunungkidul Ini!

Evan Yulian Philaret Photo Community Writer Evan Yulian Philaret

A language enthusiast and caffeine addict

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You